Friday, September 26, 2008

The sick team


Hiks... please being 'teliti'. Bukan the six team, tapi the sick team. Yach... teamku ambruk di pekan ke-3 Ramadhan....

Ramadhan ini sebenarnya udah nambah 1 orang lagi dari ramadhan tahun kemaren. Jadi total karyawan sementaranya ada 2 orang. Plus karyawan tetap, jadi yang jaga toko total ada 4 orang. Untuk ukuran toko kami yang 2,5 x 2m, 4 orang rasanya lebih dari cukup. Sudah berjubel, bahkan sebelum ada pembeli, hehehe... Bahkan karyawan tetapku juga sampai komentar : apa gak kebanyakan mi, lha wong sekarang aja dengan 3 orang sudah berasa penuh. Tapi trus kuyakinkan, kita coba dululah. Buat bantuin Dede sama Mul, biar gak terlalu capek.


Trus Alhamdulillah, yang dulu penjualan di sabtu minggu ada angka mentok di sekian juta, ternyata sudah dapat terlewati di akhir pekan pertama Ramadhan. Pekan kedua, tembus lagi melebihi omset pekan pertama, bahkan dua kali dari angka mentok tahun sebelumnya. Dan hari berikutnya, Septi, karyawan temporer sejak Syaban, terkena cacar air. Selang 2 hari, Rahma, karyawan temporer yang kedua, terkapar juga, flu parah. Pontang panting cari ganti. Alhamdulillah, jumat sudah masuk karyawan temporer yang dikontrak selama seminggu. Sabtu minggu Iis, karyawan toko di GTA, dikaryakan juga ke ITC. Sementara GTA biarin tutup dulu lah.

Trus selasa, Septi dan Rahma sudah masuk. Dan Dede pamit, ambruk juga. Rabunya, Rahma ijin lagi, cause belum sembuh bener. Dan kamis ini, Rahma belum masuk, dan Mulyono kita suruh pulang, istirahat, mengingat flu nya juga udah lumayan. Untunya Dede udah bisa masuk.

Jadi di pekan ke-3 ini, semua team kita padha ambruk. Sakit. Hiks... jadi sedih... Jadi berasa seperti mem-forsir mereka gitu lho. Padahal berharapnya enggak. Cause tahun2 sebelumnya gak pernah sampai padha ambruk gini. Tapi memang omset tahun2 sebelumnya gak pernah setinggi ini juga sih...

Jadi kudu ada strategi baru untuk manage SDM pas ramadhan. Insya Allah udah ketemu sih, cuman ya baru tahun depan lah, bisa diaplikasikan.

Monday, September 22, 2008

Kemajon

Kemajon memang bahasa Jawa. Artinya apa ya... Terlalu berani kali' ya... Atau... gak tahu lah. Pokoke kata yang pas yang langsung nempel di kepalaku adalah kemajon. Dan segala sesuatu yang pake awalan 'terlalu' itu gak baik.

Ceritanya gini. Semalem, jam 9 lewat, aku udah siap buat nina bobokin 2 balitaku. Uthi, 4 tahun, udah terkantuk kantuk. Bagus lah, khan ntar malem dia kudu ikut sahur. Nah, Widad nich, yang masih gulang guling belum mau tidur.

Dicobalah segala trik emak, hehehe. Mulai dari garukin, kipasin, mijitin, sholawatan, dst. Akhirnya Widad mulai terkantuk kantuk. Dan pas Widad antara bangun dan tidur, HP ku bunyi. Hmm... udah hampir jam 10. Udahlah, biarin dulu aja, tanggung nih, Widad udah mo tidur. Ee... bunyi lagi. Apa dari pembeli malem ini ya, mo nanya boleh nuker enggak. Soale kalo Ramadhan cukup sering pertanyaan itu muncul ke Hpku. Dan kadang memang ada yang nanya malem2. Jadi akhirnya kuangkat juga

Trus...
"Dengan pemilik Anugrah ya ?"
"Iya pak, saya sendiri".
"bu, ibu itu jual baju baju bikin sendiri ya ?"

Hmm.... kok rada aneh ya. Ujug ujug nanya gitu. Survey darimana nih ?

"Bapak dari mana ?
"Dari Citayam bu. Kita mo buka usaha. Ibu khan jual baju-baju. Itu bikin sendiri ya ? Kalo gak bikin sendiri, ambilnya dari mana bu ?"

Walah... mo usaha ya mo usaha tho pak... pak... Tapi mbok ya inget, tetep sopan gitu lho. Pertama, apalagi ke orang yang gak kenal sama sekali, dan mo minta tolong, mbok yao nelpon di jam normal gitu lho.

Kedua, ya ngenalin diri dulu lah. Dari siapa. Tahu nomor kita darimana. Trus pake prolog : kami pengen buka usaha. Trus liat usaha ibu berkembang. Trus minta tolong boleh gak... Gitu lho...

Biasanya aku open aja kalo ada yang nanya distributorku. Yach, itung itung ngeramein distributor juga. Tapi kali ini, aku males aja ngejawabnya. Jadi cuman tak jawab, cari aja di majalah pak.

Dia masih nanya, ibu ambilnya dari mana. Ibu ambil dari pusatnya ya ? Pusatnya dimana bu ? Selain di ITC pusat baju baju dimana ya ?

Yach... pokoke bapak liat ajalah di majalah. Disana banyak kok iklan dan nomor telepon distributornya.

Close.

Pengen usaha ya pengen usaha, tapi norma norma tetep dipakai donk. Khan usaha juga gak ujug ujug. Gak bisa begitu pengen usaha, trus saat itu juga kudu nelponin orang buat nanya. Soale penasaran. Kalo gak nanya saat itu juga, khawatir semangat usaha luntur. Walah.... ya gak bisa gitu. Jangan orang lain yang disuruh nyesuain sama kita. Kita yang kudu mengikuti norma-norma umum masyarakat. Kalo sebelum mulai aja udah ngeselin gitu, gimana njalanin usahanya.
Yach... semoga semalem ada hikmahnya buat saya dan bapak itu. Semoga bapak tsb bisa mengubah 'gaya' bicara dan adabnya, sehingga dapat menjalankan usaha sesuai norma dan adab di masyarakat. Cause usaha adalah kepercayaan.

Friday, September 19, 2008

Bullying

Bullying ? Al mengalaminya tahun kemarin, pas kelas 4 SD.

Baru ketahuan sama aku pas kelas 4 nya udah mo selesai. Tinggal class meeting. Nyesel juga sich. Tapi alhamdulillah, masih belum terlambat.

Jadi ceritanya, aku heran. Biasanya Al tuch tipe nyayang ke adek2 nya. Momong dan ngemong. Diminta bantuan sama ortu atau sama adeknya gampang.

Nah, kali ini, udah agak lama, Al jadi uring-uringan. Kalo adeknya minta tolong, jawabannya pedes. Gak enak di telinga. Kalo diajak omong, bawaannya ngajak berantem. Karuan aja adek-adeknya pada takut. Jadinya pada bertengkar. Padahal biasanya Al tuch berperan sebagai pendamai pertengkaran adek-adeknya.

Trus tak ajak omong, cuman berdua. Al kenapa. Emangnya di sekolah temen2 kakak kayak gitu ya ? Al ngangguk. Emang di sekolah padha ngomong gimana ? Kata Al, ya gitu. Pada kata-kataan. Trus kak Al dikatain juga ? Eee... tahu tahu air mulai nggenang di matanya. Sampe binun aku, gak nyangka juga kalo responnya gitu.

Trus Al cerita, ada satu temennya yang suka ngatain dia. Dan ngatainnya itu gak tanggung tanggung, gak hanya satu dua orang yang denger. Malah pernah dia maju ke depan kelas, trus ngatain Al di depan kelas, sampai seluruh kelas denger. Trus temen2 gimana ? tanyaku. Temen2 ketawa. Kak Al nya gimana ? Ya aku diem aja, jawab Al.

Hmm....

Tak tanya, kak Al mau bales gak ? Sebenernya orang kalo didholimi boleh membalas sebesar kedholiman yang diterima. Tapi akan lebih baik kalo bersabar. Kak Al pilih yang mana. Kak Al mau bales gak ? Tanyaku lagi. Al nggeleng.

Kak, mungkin temenmu itu justru iri sama kakak. Ya udah, kak Al sabar aja. Udah di-doain belum ? Aku udah siap aja dengan wejangan bagusnya iman kalo sudah bisa mendoakan orang yang mendholimi. Ternyata Al jawab, sudah. Seberapa sering ? tanyaku lagi. Sudah kebayang lagi mo ngasih nasehat untuk mempersering doa. Ternyata kata Al, tiap istirahat. Walah...
Doanya gimana ? selidikku lagi. Ya ngedoain, supaya gak ngatain aku lagi, jawab Al.

Waduh, musti ngomong apalagi nich...

Kak, ya udah, kak Al khan udah memilih untuk bersabar. Jadi ya udah, kak Al sabar aja. Biarin aja dia ngatain terus, ntar khan juga capek sendiri. Gak usah didenger. Dst dst, hehehe...

Trus pas terima rapor, aku ngadep ke guru kelas. Kuceritakan perubahan yang dialami Al, dan kemungkinan penyebabnya karena case satu orang temennya itu. Gurunya bilang, terakhir masuk kelas, tiap anak dibagi kertas, disuruh nulis pendapat dia tentang temannya satu kelas. Aku diminta lihat aja di kertas itu, apa pendapat teman2 tentang Al. Dan kata gurunya, akan diusahakan supaya Al gak sekelas lagi sama trouble maker.

Pulang ambil rapor, aku udah penasaran aja sama kertas yang dibilang gurunya. Langsung tak baca. Ternyata alhamdulillah, komentar temen2 Al banyak yang bagus. Dan mereka juga cukup banyak yang cerita tentang Al yang seirng dikatain, tapi diem aja, malah cengar cengir. Jadinya 'lucu'. Jadi itu menguatkan cerita Al, bahwa memang dia sering dikatain. Tapi itu juga cukup bikin aku seneng, karena gak ada satupun yang bilang Al nangis atau sedih, atau sejenisnya, pas dikatain. Untukku, itu sudah cukup menunjukkan ketegaran hati nya Al.

Trus pas liburan, Al cerita, the trouble maker itu kasihan, rapornya gak diambilin sama ortunya, karena ortunya pergi ke perpisahan adeknya. Kubilang ke Al, nah khan... ya udah, dia tuch dikasihani aja... Kalo ngatain kak Al, kali' karena dia sebenernya pengen kayak kak Al.

Dan ternyata, sekarang di kelas 5, Al sekelas lagi sama dia. Masih sering ngatain gak kak ? Nggak 'mi. Soalnya kalo ngatain, temen2 pada nyuekin doank. Alhamdulillah. Satu proses pembelajaran kehidupan telah dilalui Al dengan sukses.

Wednesday, September 10, 2008

Pencerahan Kehidupan Tua

Terkait postingan sebelumnya tentang kehidupan pada saat telah lanjut usia, ada pencerahan setelah diskusi dengan guru spiritual, yang juga teman, juga guru kehidupan.

Ada 2 hadist terkenal terkait dengan hubungan orang tua dan anak. Sayang aku gak tahu tepatnya text hadist seperti apa. Cuman kisahnya, kalo hadist pertama, tentang seorang anak yang ibunya sakit parah. Anak tersebut dikasih tahu dan disuruh untuk mengunjungi ibunya. Namun sang anak gak berani, karena sudah berjanji pada suaminya untuk menjaga rumah dan tidak kemana-mana. Ternyata kondisi ibunya bertambah parah, dan bahkan mendekati sakaratul maut. Anak tersebut diberi tahu lagi dan diminta lagi untuk mengunjungi ibunya. Namun karena suaminya belum juga datang, dan dia sudah berjanji pada suaminya, jadi dia tetap tidak berani keluar rumah. Sampai akhirnya ibunya meninggal dan anak tsb tetap belum mengunjungi ibunya. Diriwayatkan bahwa ibunya masuk surga karena ketaatan anak tersebut pada suaminya.

Hadist kedua, tentang seorang pemuda yang sakaratul maut, namun tidak juga meninggal. Ternyata ibunya tidak ridho padanya. Lalu kata Rasul SAW, ibunya diminta datang untuk meridhoi anaknya, supaya anaknya bisa segera meninggal dengan mudah. Namun ibunya tetap tidak mau datang. Akhirnya oleh Rasul SAW diperintahkan untuk mencari kayu bakar. Untuk apa ya Rasul, tanya sahabat. Untuk membakar pemuda ini supaya dapat lebih cepat dan meninggal dengan lebih mudah, jawab Rasul. Akhirnya ibunya luluh dan mau hadir untuk memaafkan anaknya. Dan setelah mendapat maaf dari ibunya, pemuda tersebut langsung meninggal.

Kedua hadist itu -- mohon maaf, seingat saya saja. Kalau ada yang salah context nya, tolong diinformasikan ya, nanti saya ralat.

Di luar text yang mungkin tidak tepat sama, ternyata kedua hadist tersebut mengisahkan tentang anak dengan ibunya, dengan obyek anak yang berbeda. Hadist pertama anaknya wanita, sedangkan hadist kedua, anak tersebut laki-laki.

Di hadist pertama, ibunya masuk surga karena ketaatan anaknya (wanita) pada suaminya. Sedangkan di hadist kedua, pemuda (laki-laki) sukar meninggal, karena ibunya belum meridhoinya. What it means ?

Kata guruku itu, jadi di Islam itu sudah diatur, seorang wanita, ketaatannya pada suami dulu, baru pada orang tua. Dengan begitu maka orang tua wanita akan turut 'selamat'. Sedangkan seorang laki-laki, ketaatannya pada orang tuanya terlebih dahulu.

Dengan demikian, pada saat orang tua sudah lanjut usia, yang harus bertanggung jawab terhadap kehidupan orang tua adalah anak yang laki-laki. Kalaupun harus ada yang mengalah untuk hidup satu rumah dengan orang tua, maka yang lebih berhak untuk mengalah adalah anak yang laki-laki.

Tentu saja prinsip ini tidak saklek -- harus begitu. Ini 'hanya' digunakan pada saat semua kepentingan berbenturan. Kita harus dapat memilih mana diantara begitu banyak kepentingan itu yang lebih sesuai dengan syariat.

Apabila ada orang tua yang anaknya wanita dan telah menikah dan tinggal bersama, maka tinggal serumah tersebut menjadi keutamaan buat anak itu dan suaminya dalam rangka berbakti dengan orang tua. Namun untuk mengambil keputusan tersebut harus siap dengan semua konsekuensinya. Dan apabila ternyata anak atau suaminya ternyata tidak siap, dan kemudian memilih untuk tinggal di rumah yang lain, maka tidak jatuh 'durhaka' kepadanya, meskipun ibunya menginginkan dia tetap satu rumah.

Sementara dengan case yang sama, namun anaknya laki-laki, dengan istrinya, tinggal serumah dengan orang tua suaminya. Apabila anak laki-laki tsb dan istrinya tidak siap dengan konsekuensinya, dan memilih tinggal di rumah yang lain, sementara ibunya menginginkan dia tetap satu rumah, maka bisa jadi 'durhaka' telah jatuh kepadanya, kecuali bila ibunya meridhoinya.

You see... Dengan kasus yang sama, dan status sama-sama anak, ternyata keputusan yang diambil untukmencari ridho Allah berbeda.

Trus... gimana donk yang kayak aku ini... anaknya 4 dan wanita semua. Ntar pas aku dan suami udah tua, jadi gak ada donk yang wajib bertanggung jawab terhadap kehidupan kami...

Kata blio, yang penting kita tahu dulu status kita dimana. Jadi tidak menimbulkan permasalahan dan perselisihan setelah anak menikah. Nah, kalau kita sudah sesuai tuntunan Allah, Allah yang akan menolong hamba-Nya, insya Allah. Amien....

Friday, September 5, 2008

Penggajian

Lagi pengen posting tentang bisnis lagi. Kali ini tentang penggajian karyawan. Sistem penggajian ini di Anugrah berubah terus dari awal, sampai perubahan terakhir beberapa pekan yang lalu.

Di awal Anugrah, penggajian kita fix-kan sekian rupiah. Sejalan dengan waktu, karyawan toko dapet tugas tambahan untuk menghitung laba. Akibatnya, mereka jadi tahu laba juga khan. Jadi kitanya gak enak. So, itung itung bagi bagi rizqi, mereka kita kasih sekian persen dari profit.

Trus karyawan itu keluar. Kemudian kita nyari lagi karyawan yang baru. Ternyata, di telinga karyawan yang baru, gaji sekian plus bonus 5-10% dari profit tidaklah menjanjikan. Akibatnya, setelah wawancara banyak yang mundur dengan berbagai alasan.

So, skema gaji kita ubah lagi dengan sistem yang fix, dengan item gaji pokok, uang makan, pengganti cuti, dan uang transport. Kita sudah set sedemikian rupa, sehingga sebenarnya antara setting gaji dengan prosen bonus, dengan setting gaji fix, tidak berbeda jauh. Ternyata dengan gaji fix begitu, kita cukup mudah mendapat karyawan baru.

Pekan - pekan berikutnya, ternyata dua karyawan kami, menghasilkan omset yang lumayan di toko. Yang sebagai impactnya, tentu saja, mereka juga jadi lebih capek. Suatu hari kami ke toko sore hari, dan ternyata Anugrah sudah mengeluarkan sekian nota. Namun pada saat malam hari mereka setor, ternyata jumlah nota tetap. Sementara kami tahu, pengunjung mall pada saat itu ramai. Dan biasanya justru pada malam hari banyak terjadi transaksi. So... kami berpikir... apakah mereka merasa dengan jumlah nota segitu sudah cukup, sehingga 'malas' untuk berusaha lebih lagi... Karena memang sudah beberapa hari jumlah nota mentok di angka beberapa belas.

Trus discuss sama suami. Sama suami disarankan untuk ngubah lagi setting harga, dan memasukkan bonus sekian persen dari omset. Trus kita perkirakan pendapatan mereka per tahun, lho... kok malah turun. Kita ubah lagi dengan memberi batas minimal bonus untuk mereka. Jadi kalau omset bagus (kayak Ramadhan sekarang nich...), pendapatan mereka juga naik seiring dengan capeknya, hehehe... Tapi pada saat setelah lebaran, pas omset lagi anjlok, kalau bonus mereka kurang dari batas minimal, maka kita ngasihnya bonus minimal tersebut.

Dan apa yang terjadi ?? Alhamdulillah, besoknya jumlah nota langsung naik.

Apa kesimpulannya ? Kalo nyari karyawan baru, mereka gak tahu omset kita. Jadi mereka lebih memilih 'aman' dengan gaji yang fix (dan besar, hehehe...). Tapi setelah masuk, dan tahu omset kita, dan tahu juga capeknya, mendingan ditawarin untuk 'pindahan' ke system gaji yang tergantung omset. Kita senang, mereka senang...

Di Anugrah, untuk bulan Agustus, dengan penambahan biaya sebesar 500 ribu, ternyata kenaikan laba yang diperoleh 3 juta. Lumayan khan... :-D