Aku akui, pas Mut kecil, yang kudunya pas
saat2nya dia lagi menyerap dasar2 ilmu agama, usia sekitar 2 - 5 tahun-an, aku
terlewat masa emas Mut buat ngajarin dia dasar2 agama. Seperti qiraati, hafalan
surat pendek, doa2, dll. Ada beberapa penyebab. Pertama, karena saat itu aku
lagi ganti2 asisten dan BS, baik untuk We yang masih baby, maupun untuk Mut.
So, perhatian banyak terserap ke urusan nyari yang bener dan cocok, belum
sampai ke ngedidik asisten supaya bisa ngajarin Mut. Dan alasan kedua, karena
setelah itu aku ketemu BS yang bagus, yang sangat mumpuni untuk urusan
ke-BS-an, namun sayangnya... ilmu agamanya kurang. Sholat sih alhamdulillah 5
waktu. Cuman untuk urusan mengamalkan doa2, qiraati, belum sampai. Dan
sayangnya aku baru sadar (atau untungnya aku segera sadar?) pas Mut agak
gedean. Sekitar usia Tk B, tepatnya. Trus aku sama suami sepakat untuk
menggenjot Mut di Qiraati dulu, baru menghafal. Supaya pas menghafal
langsung yang benernya, dan bisa kita push untuk menghafal sendiri seperti
kakak2nya. Nah, di sekolah, fyi, Mut satu SD sama kakak2nya. Yang nota bene Al,
pas lulus peraih hafalan tertinggi di sekolah, 3 juz lebih dikit. Dan Iv, yang
masih kelas 5 di SD yang sama, hafalan tertinggi kedua di levelnya, dan
sekarang hampir selesai juz 28. Mut sendiri, pas masuk SD, Al Fatihah juga
kadang masih belepotan. Rupanya, prestasi yang diraih kakak2nya cukup berat
membebani Mut. Cause sepertinya ada beberapa guru yang mengharapkan prestasi
yang sama dicapai Mut. Juga lingkungan sekitar. Mut tadinya enjoy kita push dia
untuk Qiraati. Sampai akhirnya dia bhasil setor 3 halaman sehari ke gurunya,
padahal rata2 temen2 nya hanya 1 halaman. Trus saatnya untuk tes masuk ke
qiraati level berikutnya. Pekan pertama selesai qiraati 2, sebelum masuk ke
jilid 3, Mut bilang di sekolah masih persiapan buat tes. Okelah. Pekan kedua,
lho...lha kok masih persiapan juga. Masuk pekan ketiga, Mut muntah2. Tapi pas
gak masuk sekolah, ternyata di rumah seger. Tetep aktif. Nafsu makan juga tetep
bagus. Hmm... aku mulai curiga... Hari kesekian di pekan ketiga, tak telponlah
gurunya. Ternyata, untuk masuk ke jilid 3, disyaratkan hafal Al Humazah sampai
Al Ahdiyat. Oalah... pantesan... Mut memang kayak agak phobi sama urusan
menghafal. Karena yaitu tadi, selain guru2nya, memang banyak lingkungan sekitar
yang jadi menuntut Mut untuk bisa punya hafalan sebanyak kakaknya. Awal2 ngajak Mut menghafal Al Humazah,
ampuuunnn... buat nembus penolakannya Mut susahnya bukan main. Apalagi ternyata
hafalan We di TK juga udah sampai Al Humazah. Jadilah Mut nolaknya tambah2. Pas
aku udah mulai sutris cause gak sukses2, mulai nongol marah2nya, aku narik diri
dulu. Untungnya abinya turun tangan. Dan gak tahu gimana, abinya nemu cara buat
bikin Mut mudah mengingat. Tahu gak ? Hanya dengan mengkodekan jari as ayat 1,
2, dst nya. Dan Mut baru beberapa menit sudah inget ayat2 awal dari Al Humazah.
Bagianku meneruskan lebih mudah. Cause Mut jadi sudah jauh lebih pede buat
menghafal. Dan pede itu modal yang sangat besar. Mengingat ayat2 di Al Humazah
agak banyak, trik abinya itu trus dimodifikasi dengan menulis awal tiap ayat
dan nomor ayatnya di white board, yang terus dihapus satu2, disisakan nomor
ayatnya doank. Pas udah lancar, nomor ayat tinggal diganti sama tangan kita.
Alhamdulillah, dengan cara itu ternyata Mut lumayan lancar menghafal Al
Humazah, Al Ashr, dan At Takatsur. Tinggal 2 surat lagi menunggu untuk
dihafalkan. Dan hari senin ini Mut berangkat sekolah dengan pede, sudah full
senyum lagi. Smoga Mut bisa sama dengan kakak2nya, atau lebih, sesuai harapan
para guru, dan lingkungan sekitarnya. Buat aku sendiri, sebenarnya kita lebih
mengikuti saja perkembangan Mut. Cuman kalo ngeliat tuntutan lingkungan
terhadap dia, kasihan juga kalo kita ngebiarin aja tuntutan itu bikin dia down,
dan bukan jadi penyemangat. So, kita bharap bisa berperan di tengah. Yang
mendorong Mut, nge push Mut, menyemangati Mut, tapi juga tetep menjaga supaya
dia gak down dan sutris dengan prestasi kakak2nya.
Sunday, March 6, 2011
Beban Genetika...
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment