Thursday, November 25, 2010

Travelling Depok - Pangandaran(1) : Rute perjalanan

Berhubung pas Iedul Adha ternyata anak2 semuanya dapat libur, dan dengan cuti 2 hari kita dapet libur total 5 hari, jadi mendadak di last minute kita arrange travelling ke Pangandaran. Kesempatan googling dan persiapan cuman ada dua hari. Belum ditambah jemput Al ke Lido dan persiapan hewan Kurban keluarga besar dan rentetannya yang biasa diurus penuh sama kita. Tapi meski mepet, lumayan lah... suami dapet peta ke pangandaran, dan aku jadi dapet info tentang batu karas, green canyon, dan cagar alam.

Start dari Depok hari rabu sekitar jam 7 pagi, langsung ke tol menuju Bandung. Cause lagi Ied, semua indomaret dan alfamart, termasuk yang buka 24 jam masih tutup. Untungnya udah sarapan di rumah. Cuman karena biasanya di jalan anak2 ngemil, jadi ya terpaksa kering dulu. Baru ketemu alfamart yang buka setelah keluar tol cileunyi, itupun sudah banyak mobil yang parkir. Alhamdulillah, jadi bisa beli snack2 dan air minum.

Perjalanan lanjut ke Nagrek. Masih sepi banget. Ketemu cuman satu dua mobil. Trus kita ngikuti plang ke arah Tasik. Kirain bakal nglewatin pusat bordir tasik, lumayan, bisa sambil liat2. Ternyata nggak nglewatin. Sebelum pusat bordirnya kita udah belok ke arah malangbong / wado. As hasil googling, di Wado ini kita mampir dulu buat lunch dan istirahat di resto yg direkomendasikan, Gentong. Posisinya kalo dari Bandung di kiri jalan. Enak, anak2 sampai makannya banyak tuh. Kamar kecil dan musholla juga bagus. Ada tempat permainan anak2 yg bagus dan luas juga. Trus lesehan. Cepet munculnya lagi. Khan kalo lama nyebelin juga, mengingat kesitu cuman mampir istirahat. Di dinding ditempel banyak testimoni dari orang2 terkenal. Malah pas perjalanan pulang, kita khan mampir sini lagi, udah malem tuh, jam 9-an, e... ketemu uuk/aak dari kejar tayang baru mo masuk resto.

Keluar dari resto Gentong, perjalanan dilanjutkan dengan mengikuti penunjuk jalan ke arah Ciamis / Banjar. Di Ciamis, akan ada penunjuk jalan ke pangandaran atau ke kota. Kita tadinya ambil yang ke arah pangandaran. Ternyata jalannya jelek, ngelewatin TMP, kayaknya jalan melingkar deh. Karena gak yakin, kita nanya ke orang, dan ternyata disarankan balik lagi aja, ambil yang arah ke kota.

Trus masuk ke Banjar, nglewatin kantor walikota. Pemandangannya bagus banget. Sebelah kiri jalan persis ada bukit menjulang tinggi, hutan jati. Trus kita mampir ke SPBU, sekalian nanya ATM ada gak, cause persediaan dana khawatir gak cukup. Ternyata disuruh balik, trus belok ke kiri (jadi kalo dari arah Bandung belok ke kanan), masuk ke kota Banjar. Dari kota Banjar, kita lurus terus ngikutin plang. Gak tahu tuch, ketemunya sama jalan yang ngelwatin walikota tadi dimana. Jadi aneh juga, jangan2 jalan yang lebih cepat memang lewat kota aja ya, kayak pas di Ciamis...

Setelah Banjar, penunjuk jalan ke pangandaran sudah cukup jelas. Lagian jalannya relatif cuman satu. Naik turun. Dan berkelok kelok. Sekitar jam 2 siang, sampailah kita di Pangandaran.

Tapi... berhubung niatnya memang ke Batu Karas, jadinya kita gak brenti pangandaran. Dan ternyata oh ternyata, Batu Karas masih 35 km-an dari Pangandaran, dengan jalan yang muat 2 mobil, dan kadang2 berlubang2. Untungnya di tengah perjalanan ketemu sama gerbang green canyon. Jadi sempet nanya2 dulu.

Itu rutenya. About Travelling nya di next posting yaks...

2 comments:

myPangandaran said...

salam Kenal

butuh informasi seputar wisata pangandaran

silahkan kunjungi

http://www.mypangandaran.com

terima kasih

salam

Pangandaran

Tutut Ve Ha said...

Tx infonya ya pak.