Thursday, November 4, 2010

Plan for Kids...

Biasanya aku anti sama segala macem jenis plan. Yang aku lakukan itu... lakukan saja apa yang terbaik yang ada di hadapan. Jadi ya do whats the best I can do now. The rest, ya terima resikonya, dihadepin. Khan semua pilihan juga ada resikonya. Dan yang kita pilih juga udah yang the best we can do... ya khan ?

Tapi semalam...
Berawal dari obrolan ringan tentang wanita (ibu) bekerja yang lagi susah nyari tangan kanan. Trus kilas balik jaman anak2 masih baby banget. Dan sekarangpun (sebenernya) juga masih kecil. Berasa banget bagaimana rasanya 'kehilangan' mbak. Kalo mbak pulang tuch, serasa dunia runtuh. (hiperbol banget gak sih ?)

Dulu... pas pulang kantor denger mbak minta pulang... sementara cucian masih segunung... belum besok babies kudu ditinggal ngantor lagi... cuti udah mepet... kerjaan kantor belum kelar... akhirnya yang tak lakukan adalah : jalan ke mall malem2 sama suami. Saking pusingnya. Habis, kalo diadepin, dipaksa ngeliat dan ngurus urusan RT, bisa tambah judeg. Makanya refresh dulu lah... sebelum balik lagi dan ngerjain yg belum kelar.

Belum tiap lebaran musti berbagi cuti sama suami. Buat persiapan kalo2 something happened sama para asisten. Dan emang udah tipikalnya para asisten yach... kalo ada baby tuch kayaknya kerjaan lebih berat. Jadi lebih susah dipertahankan. Kalo anak2 udah gedean sih udah lebih mendingan yach... Kayaknya para asisten bisa lebih betah. Kebutuhan asisten juga gak segede seblumnya.

Trus mengalir dech diskusinya... kalo skrg aja nyari asisten yang 'bener' susah, gimana jaman anak2 ku gede ntar...

Kebayang di masa anak2ku jadi ibu, betapa susahnya nyari asisten yang betah, mau kerja, jujur, nyayang ke anak, gak maen Hp terus, etc. Owh... kesian sekali...

Jadi... sepakat sama suami... kita mengarahkan anak2 bukan untuk kerja jadi pegawai. Ilmu sih tetep... lha khan ilmu gak hanya untuk kerja doank. Kita bisa manage toko, karyawan, dst nya itu khan juga karena ilmu. ya gak ?

Sgala macem ketrampilan yang bisa kita berikan sekarang juga tetep diusahakan. Insya Allah ntar akan berguna. Kayak piano, kalopun ntar gak jadi guru piano, at least pas dia puyeng, dia bisa iseng2 main piano buat ngilangin sutris. Atau berenang. Atau...

Anak2... berhubung ladies smua... akan diarahkan untuk punya usaha sendiri, maintain dari rumah. Punya karyawan... yang kalopun gak asisten untuk rumah tangga, asisten untuk bisnis jg bolehlah. Trus, even gak ada asisten buat pekerjaan rumah tangga, kita berharapnya fasilitas mendukung lah. Microwave buat manasin. Mesin cuci yang satu tombol. Rumah yang bentuknya mendukung. Mainan anak2 yang mendukung, sehingga anak2 bisa berkegiatan sendiri dan gak perlu dimomong penuh. dll. dll. Udah kebayang belum sikon yang kita harapkan ?

Dan kalo laki2... Kita masih berharap, kalo ntar dikasih amanah anak laki2, kayaknya tetep diarahkan jadi pegawai (dulu). Jadi ntar kalo mo buka usaha, bisa dengan modal sendiri. Bukan ngandelin ortu. Dan at least, pernah ngerasain gimana jadi karyawan... Jadi bisa lebih arif kalo ntar punya karyawan. Begitu...

That's our hope... Semoga Allah meridhoi dan memudahkan jalan menuju kesana. Amien...

No comments: