Wednesday, July 27, 2016

Milestone Uthi...

Udah lama banget gak nulis di blog ini...
Too much reason... 
Pertama... kerjaan kantor sekarang juwauh lebih padet... susah buat ngetik2 buat ngisi blog... 
Kedua... lha di rumah juga udah hampir 2 tahun gak ada mbak sama sekali. Kebayang gak... aku yang pernah ngalamin punya mbak 4 orang... sekarang satupun gak ada... Lebih seneng sih... tapi efeknya itu tadi... blog ku jadi kosong melompong...

Nah... kebetulan kali ini dateng pagi banget ke kantor... dan pengen nulis milestone Uthi yang udah lama banget ketunda... My Uthi yg udah baligh beberapa bulan yang lalu... 
Maap ya Uthi... umi baru bisa nulis sekarang...

Uthi ku... punya banyak kelebihan... sangat jago masak. Bahkan abinya yang kita akui jago masak aja mengakui kemasteran Uthi. Kak Alya yang tadinya paling diakui... juga terpaksa ngakuin. Karena.. Uthi hanya dari liat you tube tahu2 bisa masak chocolava... tahu2 bisa masak roti entah apa yang pokoknya rasanya enak banget... Dan banyak catetan kesuksesan Uthi tentang masak ini...

Trus... Uthi ku juga punya kelebihan kuat fisik. Dan dia memang kuat. Kecilnya Uthi... kalau aku pulang kantor dan dia lari-lari minta peluk.... rasanya seperti ditumbur... saking kuatnya dia... Gedean dikit.. sebelum nyampe ke aku terpaksa tak stop dulu... brenti dulu Thi... brenti... kalo larinya udh stop... baru tak peluk pelan2... Sakit soale kena tumbur dia... saking kuatnya... 
Jaman baby nya... giginya gak nongol2 saking kuatnya gusi... Sampe bolak balik cek ke dokter gigi... katanya selalu gpp... ini gusinya udah keras... tinggal nunggu giginya nongol... dan proses gigi nyobek gusi ini lama pol...

Uthi juga sangat ramah dan mudah sosialisasi. Dia toleran banget sama temen2 nya. Ilang dikit dicariin sama temen2 nya. Temen2 nya juga pada sering ke rumah. Sering pas aku bisa ke sekolah, dari jauh temen2 nya udah pada njerit : Uthiiiii... Banyak dech yang nunjukin Uthi sangat disayang sama temen2 nya...

Uthi juga pinter... pas UN kemaren dia lagi parah2 nya sakit campak... alhamdulillah udh keterima di HK. Jadi menjelang UN... dengan muka msh bontol2 parah... akhirnya aku koordinasi sama gurunya... tak bilang... gmn caranya supaya Uthi tetep bisa ikut... udah aku gak ngarepin UN gede dech... toh udah keterima SMP nya... yang penting lulus aja... dan ternyata dia lulus dengan UN gede... sama dengan k Alya...

Tentang campak... itu Uthi ketularan Widad. Ternyata dia sayang banget sama adeknya... (dan keluarganya...). Dirawat banget tuh Widad sama dia... dengan asumsi dia udah pernah kena... jadi dia ngerasa yakin gak bakal ketularan... ternyata ambruk pas UN...

Uthi ku juga gak mau menyerah. Dia kerja keras. Pantang putus asa. Kecilnya... kalau dia pengen flying fox yg harusnya bukan utk usia dia misalnya... sebelum meluncur dia baca bismisllah ada 10 kali lebih... sampe mas2 nya yg jaga geli... dan disuruh turun aja kalo gak berani... tapi dia gak mau... dan tetep meluncur... dan sukses... :-)
Gitu juga pas belajar renang... sebelum meluncur dia baca bismillah banyak2 untuk nambah keberanian... Sekarang... pas mau UN itu... guru2 nya bilang... meskipun Uthi harusnya gak ikut tambahan... tapi dia yang minta supaya ikut... pantang menyerah... kerja keras...

Nah... sekarang Uthi sdh baligh... udah punya buku sendiri ya nak... Yang tadinya bukunya masih nitip di umi.. sekarang Uthi udah punya sendiri... buku putih bersih yang akan ditulisin malaikat semua yang dilakukan Uthi... tanpa kecuali...

Jangankan tilawah dan puasa, Uthi masuk kamar mandi pake kaki kiri juga tertulis disana. Uthi habis bersin baca alhamdulillah juga tertulis disana. Dan bahkan baru niat untuk melakukan kebaikan juga tertulis disana. Apapun semua kebaikan yang dilakukan k Uthi... sekecil apapun... dan sebesar apapun... ada catatannya disana...

Sebaliknya... semua keburukan juga tercatat nak... sekecil apapun itu... 

Tapi jangan khawatir dengan catatan minus ini... isi banyak2 dengan positif nya... maka hasilnya akan positif... Jadi penuhi bukumu dengan catatan catatan kebaikan ya... kalau sekali dua muncul catatan megatif... segera tutupi lagi dengan catatan kebaikan... supaya negatif nya segera hilang... dan tidak mengambil peran di hatimu...

Karena hati cuman satu... kalau tidak sedang diisi kebaikan... maka dia diisi keburukan... Maka berhati hatilah nak...

Mulai sekarang... semua isi buku itu menjadi tanggung jawab k Uthi. K Uthi yang mengisinya... k Uthi juga yang nanti mempertanggungjawabkannya di akherat kelak...

Umi juga minta maaf.. ada banyak hal yang ternyata setelah kilas balik... kejadiannya pas masa perkembangan k Uthi... Dulu kita punya baby sitter yang sangat bagus yang sampai bisa ngajarin hafalan quran... dan dia pulang pas k Uthi 2 tahun... pas k Uthi butuh2 nya diajarin tentang kepribadian...

Pas mbak tahu2 pulang semua... k Uthi yang bilang gak usah pake mbak.... berani di rumah sendiri... sehingga kita semua sibuk ngurusin rumah... dan padahal... seumur2 gak pernah kejadian sama kakak2 Uthi...

Pas k Uthi UN kemarin juga... umi sama abi lagi super sibuk sama kerjaan kantor... sehingga lewat buat mantau detail perkembangan sekolah Uthi... hanya cek dan evaluasi yang saat itu umi abi lakukan... tapi tidak detail sampai mendampingi seperti pas kakak2 nya Uthi UN...

Tapi ternyata... dengan semua itu... k Uthi berkembang luar biasa,.. umi salut sama ketahanan k Uthi... ketahanan untuk diomelin sama umi abi dan kakak2...

Di luar itu... dengan semua kondisi tadi... umi juga berharap ada banyak perbaikan dan evaluasi yang bisa dilakukan k Uthi... sehingga k Uthi bisa berkembang menjadi pribadi yang mencontoh rosululloh... sehingga buku k Uthi bisa dipenuhi sama semua kebaikan...

Dan umi surprise... baru seminggu di HK... k Uthi sudah berubah banyak... alhamdulillah... 

Tetep jadi anak umi yang semangat ya kak Uthi... jadi anak umi yang solihat... tilawah dan hafalannya dikejar ya... Umi sayang k Uthi,...

**ditulis untuk Uthi ku yang baligh bulan april 2016... missed you so muuaaccchhh nak.... selamat berjuang di HK ya... peluk cium dari umi....


Wednesday, February 18, 2015

Hotel di Cirebon Kuningan

Kali ini mau cerita ttg hotel2 seputar Cirebon Kuningan. Kenapa ? Karena setelah 3 th x 12 bln ke cirebon / kuningan, lama-lama kita nemu jg triknya... :-)

Tahu nggak sodara2... hampir semua hotel di Cirebon dan Kuningan, diskon 40% untuk corporate rate. Jd alhamdulillah... dari rate 1 juta, kita bisa sewa jd 600rb...

Untuk di Kuningan, tepatnya di sangkanhurip, terjangkau ojek sktr 15 rebu dari Husnul Khotimah... ada bbrp hotel  :

1. Tirta Sanita
Ada kamar ada bungalow. Hot water spa nya enak.... Corporate rate utk kamar 600 an. Kita cuman sekali nginap disini...
No kontak : 0232 613061.

2. Grage
Kita beberapa kali nginap disini, dan jadi favorite keluargaku. Corporate rate 600 an juga, tp dpt kamar lbh luas... dan bersih :-) Sarapannya enak. Hot water spa nya rame pol... banyak pengunjung dari luar yang spa disini... Cuman pas kita nyobain, malah berasa masuk angin karena lamanya berendem... Bisa antar jemput stasiun cirebon. Ada lounge nya jg di stasiun...
No kontak : 0232 614543 atau 0232 614598

3. Prima
Katanya luas hotel paling luas... cmn aku gak bisa cerita karena gak pernah nginap disana.
No kontak : 0232 613700

Kalo di Cirebon, favorite kita juga di Grage... gampang nyari makannya, khan satu pagar dengan mall... Kolam renang yg di Grage Cirebon juga enak... luas... Corporate rate nya lbh murah, tapi memang luasnya jg lebih kecil daripada Grage Sangkan...

Jadi begitulah ceritaku tentang kuningan... mana ceritamu...

Thursday, September 4, 2014

Bulan-bulan ini...

Hadir lagi... setelah setahun lebih... kemana aja ya... :-)

Kali ini mau sharing tausiyah yang barusan tak dapet ya...

Ramadhan...
Di bulan Ramadhan, kita dilatih Allah untuk memahami bahwa hidup itu kepentingan terbesarnya, nilai timbangan amal yang paling berat adalah jiwa yang bersih.
 Sehingga bulan Ramadhan kita dilatih untuk :
1. Mendapatkan rahmat, yang dapat diperoleh dengan taat. Rahmat itu dapat dilihat dari suasana yang mudah semangat dan cinta pada Allah, rosul, dan Islam, baik pada sy
ariatnya maupun pada amalannya. Kalau sudah mendapatkan rahmat, maka suasana apapun yang terjadi, tidak akan mengurangi kualitas amal kita.
2. Ampunan, sehingga Allah menutup kesalahan dan diperbaiki, baik hati, pola fikir, amal, maupun kehidupannya.
3. Banyak ide kebaikan.

Syawal...
Tidak ada orang yang amalnya meningkat di bulan Syawal. Di bulan ini ide2 kebaikan ditingkatkan. Bahkan syawal diawali dengan keluarnya semua muslim tanpa kecuali ke tanah lapang, termasuk yang sedang halangan sholat, dan jalan berangkat dan pulang disunnahkan berbeda, dalam rangka untuk meningkatkan ide2 kebaikan, bersilaturahim dengan orang yang lebih banyak.

Dzulqoidah...
Bulan haram... Pada bulan haram, semua amalan dilipatgandakan, baik amal baik maupun amal buruk. Sebenarnya semua amal buruk kita itu akan dibersihkan Allah SWT, Namun khusus di bulan haram, nilai keburukan yang kita lakukan akan berlipat ganda, sehingga pembersihannya juga akan berlipat ganda. Pembersihan ini bisa terjadi di dunia -- kalau Allah masih sayang sama kita, atau malah di akherat -- tanpa kemungkinan bagi kita untuk bertobat lagi. Naudzubillaahimindzalik.

Dzulhijah...
Bulan pengorbanan... pada bulan ini kita dilatih pengorbanan untuk meraih kemuliaan. Pengorbanan itu selalu ditandai dengan :
1. Merasa kehilangan
2. Merasa berat
3. Merasa tidak diakui / diabaikan
Jadi berhati-hati lah di bulan ini. Apabila kita merasa tidak diabaikan, merasa kehilangan, dan merasa berat... itulah latihan pengorbanan yang sedang diberikan Allah untuk kita di bulan ini...

Muharam...
Masih bulan haram dari rangkaian 3 bulan haram sejak Dzulqoidah. Setelah bulan Muharam, kita dilepas Allah... sampai datang bulan haram berikutnya : Rajab... 2 bulan sebelum Ramadhan hadir lagi....

So... sekarang sudah Dzulqoidah... bulan haram pertama dari rangkaian 3 bulan haram yang berturut2... persiapkan jiwa kita yook....

Saturday, April 27, 2013

Concentrate...


Konsentrasilah pada berserah diri pada Allah. Beribadahlah dengan baik, dengan memperhatikan kebaikan lingkungan, sehingga seluruh yang kita lakukan akan memberikan inspirasi kebaikan, baik untuk diri sendiri, juga untuk orang lain. Kalau kebaikan tidak ditangkap oleh orang lain, maka tidak akan menjadi manfaat yang besar. Kebaikan itu menyampaikan banyak hal, tidak sekedar ibadah, tetapi juga kata2, ekspressi, infaq, dll...

Konsentrasi juga perlu dilakukan  pada bobot amaliyah pada jiwa kita. Pada pembersihan, atau tadzkiyatun nafs. Bagaimana agar kita dapat menentramkan hari dan membahagiakan orang yang memandang. Apabila ada ujian, dinikmati saja sebagai bagian dari tadzkiyatun nafs. Jangan takut.... kalau kita takut, itu menunjukkan kita masih ada ego disana... Ukuran tadzkiyatun nafs adalah lisan dan ekspressi. Apabila ada sesuatu, dilepaskan saja, pasrah, belajar menerima diri kita apa adanya.

Apabila hidup kita Lillah, hanya untuk Allah, berarti semua perbuatan dilakukan karena taat. Kami dengar dan kami taat. Apabila ada annaniyah (ego), maka kita hanya bersedia melakukan perbuatan apabila merasa akan berkembang. Apabila akan melakukan sesuatu, ingin dapat pahala, tetapi ingin juga dapat pengakuan dari orang lain. Kata Rasululloh, orang yang seperti ini tidak aakan mendapat apa-apa.