Thursday, November 25, 2010

Travelling Depok - Pangandaran(2) : Hotel, Penginapan & Guide di Batu Karas

Sebelum crita about the journey, aku posting dulu tentang penginapan dan guide untuk di Batu Karas, Green Canyon, dan Cagar Alam. Smoga bermanfaat. Karena ternyata untuk kesana gak perlu pake tour kok, smua guide udah stand by. Asal kita bisa nyampe sana, dan tahu jalan pulang, plus kalo peak season mustinya sdh booking tempat nginap, kayaknya tanpa tour its ok. Kalo gak peak season sih gak usah booking penginapan, go show aja, dan tawar habis :-)

Di pangandaran, kita langsung ke Batu Karas buat nyari penginapan. Info yang kita dapat, untuk surfing dan banana boat yang bagus dan aman itu di Batu Karas karena dibatasi 2 tebing karang yang tinggi di kanan dan kirinya. Sampai Batu Karas udah hampir jam 4, langsung nyari penginapan dari yang paling deket pantai.

Penginapan pertama yang terlihat paling bagus adalah Javacove. Masih diperbaiki, tapi ada beberapa kamar yang sudah bisa dipakai. Cuman dia fix sekamar 2 orang. Jadi kalo kayak keluargaku, dengan 2 ortu dan 4 anak, kita kudu sewa 3 kamar, even ntar anaknya tidur sama kita. Rate per kamar sekitar 500 ribuan kalo gak salah. Ada yang 150 ribu untuk kamar yang belum di renov.

Teratai

Penginapan kedua yang dilihat, Teratai. Tapi dari luar saja udah berasa gak nyaman. Singup, gelap. Ujung kanan adalah satu2nya kamar yang ber-AC, dengan 2 kamar di dalamnya. Kita masuk karena pas googling penginapan ini direkomendasikan. Tapi pas liat kamar2nya, ternyata kita tambah gak mau. Rate disini untuk kamar yang 'biasa' 150 ribu, fan 250 ribu. Yang AC 350 ribu-an. Desain kamar model lama, banyak sekat.

Bonsai Bungalow

Penginapan ketiga dan yang terakhir di depan pantai batu karas adalah bonsai bungalow. Pada saat kita datang, disini penuh, ada 2 sedan yang parkir. Besoknya baru kita bisa survey bungalow ini. Dari 2 penginapan lainnya, dari sisi harga dan sikon kamarnya, ini yang paling lumayan. Rate kamar 200 utk yang fan, dan 300 utk yang AC, sekamar utk 2 orang, bisa yang double atau yang twin. Ada juga kamar yang untuk 5 orang, rate nya 500 ribu. Bentuk kamar juga seperti udah lama, tapi jauh lebih mendingan daripada yang teratai. Ada TV Indovision dan Hot water. Contact personnya Jojo, 0265 709 3199, atau 0812 2197 8950.

Pondok Putri

Trus nglewatin tanjakan, ketemu penginapan keempat, yang berarti sudah gak di depan pantai : Pondok Putri. Disinilah kami menginap 2 malam. Kamar AC, TV, gak ada hot water, ada swimming pool dan jacuzi. Rate 300 ribu, ada double ada twin. Kamar lumayan luas. Berhubung weekday, kita dapat kamar ini dengan sewa 200 ribu per malam. Ternyata kalo weekday rata2 memang harga bisa turun jadi 2/3 nya. CP D. Mulyadi 081 323 106 115 atau 081 323 085 284.

Hotel Batu Karas Sunrise

Jauhan sedikit, ada yang masih dibangun dan diplanning Desember 2010 jadi, ada penginapan Batu Karas Sunrise. Bagus, bersih, modern. Iyalah... khan barusan jadi. Ada taman, swimming pool, hot water, TV, AC. Utk yg 2 orang kamarnya lebih kecil daripada di pondok putri, rate 300 ribu. Ada juga kamar utk family, 5 bed, 500 ribu. Seperti biasa, weekday bs ditawar 2/3 nya :-) Recomended. Sayang pas kita mau masuk, gak boleh sama bule ownernya. Katanya malu, belum selesai dibangun. Padahal kalo pas dia gak ada, ok aja kamar2 yang udah jadi dipake buat nginap. CP Sumiati 081909654846.


Di depan batu karas ada home stay 5 kamar, dengan 3 kamar yang kecil, ngepas dengan isinya : 1 bed yang ukuran 120, fan. 1 Kamar agak gedean, tempat tidur double, fan. Dan 1 kamar utama yang gede, double, AC. Ada mesin cuci dan dapur yang lebar. Ada sofa, TV. Kamar mandi cuman 1 di dekat dapur. Recomended untuk yang pergi bareng2 temen. Tapi kayaknya untuk yang model keluarga besar kurang pas. Booking bisa ke 081909654846, rate-nya 1 juta.

Ada satu lagi penginapan yang paling deket dengan gerbang batu karas, sekaligus paling jauh dari pantainya. Namanya Riverside, tampak dari luar bagus sih, kayak rumah tradisional gitu di tepi sungai. Tapi kita gak liat dalamnya, berhubung yang dicari memang yang dekat pantai.

Untuk ke green canyon, biaya boat dan tiket 75 ribu untuk 5 orang. Biaya untuk renang di dalam green canyon + guidenya 200 ribu per boat. Sedangkan untuk body rafting 850 ribu per 5 orang. Guide kami yang ramah dan piawai ngejaga Widad selama berenang namanya pak Didi, HP 085223387632. Jadi kalo mo ke green canyon, bs contact blio dulu untuk menanyakan kondisi airnya.

Sedangkan untuk ke cagar alam ada 2 jalan. Bisa dengan boat lewat pantai pasir putih, bisa juga melalui gerbang cagar alam. Sebelum masuk ke cagar alam, para kapal-er gak brenti menawarkan untuk via kapal. Tetapi ternyata, apabila masuk ke cagar alam pake kapal, di dalem cagar alam kita gak ditemani guide. Walhasil gak ada yang nerangin tentang batu 'bersinar', raja monyet, dll. Kalo lewat gerbang cagar alam, tiket murah, gak sampai 20 ribu. Dan as usual, guide yang lebih mahal, 100 ribu-an. Guide kami namanya pak Nuryanto, Hp 081312977255. Blio juga yang bercerita tentang green valley dan tracking ke air terjun dari cagar alam, yang bikin kami sangat berminat untuk balik lagi kesana.

Trus untuk makan selama di Batu Karas, kita rekomend resto Kang Ayi, tepat di depan pantai Batu Karas. Kita udah nyoba ikan Kue bakar, pancake, gado2, dan milkshake. Smuanya memuaskan. Pas kita pindah ke pangandaran dan makan di resto yang lebih besar dari kang Ayi, ternyata gak bisa seenak yang di kang Ayi ini. Even menunya sama2 ikan kue bakar. Apalagi pancake-nya. Kecewa dech...

The last, dengan megang sekian banyak no HP dan informasi, backpack ke Green Canyon, siapa takut...

--- edited 8 April 2011
Web Batukaras Sunrise bisa diakses di : http://batukarassunrise.com

--- edited 5 Desember 2011
Notel Resto Kang Ayi  Batu Karas : 0816 468 92 522
Notel Resto Gentong di Wado, Tasik : 0265 455572.
Fyi, nasi kendil komplit disana enak, 100 ribu untuk 3 orang. Nasinya banyak, cukup untuk 6 orang-an. Jadi tinggal nambah ayam goreng aja.... Dari Batu Karas ke resto ini sekitar 3-4 jam.

No comments: