Friday, November 26, 2010

Travelling Depok - Pangandaran(3) : The Journey

Nah, sekarang about the journey, petualangannya. Karena kami dapat penginapan udah sore, jadi baru bisa ngeliat laut jam 5-an. Cuman karena memang sudah niat utk totally maen laut, jadinya even udah sore, kita tetep aja nyebur2 ke laut, sampai menjelang maghrib. Trus tidur dengan nikmat, sampai untuk keluar cari dinner aja udah males. Fyi, dari pangandaran ke batu karas, sebelum nglewatin gerbang green canyon, ada alfamart / indomaret yang buka. Belanja aja disitu buat bekal di penginapan. Karena di Batu Karas gak ada warung kelontong. Kalo warung2 mie sih banyak. Cuman jenis snack anak2 bakal susah nyarinya. Pagi2 pertama hujan gerimis, jadi kita tetap bergelung di selimut sambil nonton TV. Jam setengah 7 hujan udah reda, kita keluar buat cari makan. Ternyata yang model kayak resto kecil gitu belum buka. Jadi ya sudah, kita breakfast di warung2 mie, untungnya mereka sedia juga nasi goreng. Cuman kebersihannya ya gitulah... gak terlalu dijamin :-( Sambil sarapan kita nanya2 ke yang punya warung, katanya green canyon jam 7 udah buka. Tadinya khan kita khawatir kalo kepagian, mana habis hujan, takutnya disana airnya masih dingin. Ternyata kata ibunya sama aja disana... mau pagi atau siang, dinginnya tetep sama, karena matahari gak bisa nyorot langsung ke dalem. Plus info dari temen yang katanya dateng jam 9 dapet urutan ke 200, jadi ya kita habis sarapan langsung siap2 ke Green Canyon.
Ready to swim, @gerbang Green Canyon
Di Green Canyon, kita pertamax, smua udah siap dengan baju renangnya. Barang yang dibawa cuman kamera dan HP buat serepnya kamera, cause semua barang bakal ditinggal di kapal bsama bapak yang jagain kapal. Selama naik kapal, subhanalloh... pemandangan bagus banget.

Jaga di kapal posisi paling belakang
Kayak di istana boneka di dufan, tapi ini real. Dengan sungai yang sangat lebar, hijau, dan bening, dan kanan kiri masih lebat dengan tanaman. Apalagi sepanjang sungai itu yang ada cuman kapal kita doank. Sebelum sampai sempat khawatir lagi, karena ada yang bilang guanya gelap dan ngeri. Mengingat gak keliatan rombongan selain kita, jadi kutanya guidenya, p Didi, ntar disana gelap gak, aman gak, ngeri gak. Ternyata guidenya tersenyum meyakinkan. Tenang aja bu... ntar ditemenin sama kita kok. Gak menyeramkan sama sekali kok bu... Gitu... Menjelang Green Canyon, udah mulai muncul batu2an tinggi, dan hujan abadi. Wuaahhh... bagussss... Berasa banget indahnya alam Indonesia... Kadang2 keliatan sungainya mentok, ternyata begitu dekat, sungainya membelok, dan tetap lebar. Lagi asyik2nya merhatiin batu2 tinggi di kanan kiri plus hujan abadinya, tahu2 kapal brenti. Dan Guidenya nawarin, kalo mau berenang masuk, nambah 200 rebu. Itu guide pasti sejak berangkat udah still yakin kita mau brenang masuk, lha gimana, dari awal kita udah pake pakean brenang semua. Paling aku sama suami aja yg di dobel baju luar. Tapi... bukannya hasil googling dibilangnya seratus ribu ? Jadi kita tawar aja, dan deal di harga 175 ribu. Mulai dech pasang2 pelampung, dikencengin, trus keluar dari kapal. Trus guidenya pasang2 tali di sungai. Kita asyik aja ngeliatin pemandangan yang memang subhanalloh... bagusnya.... Gak ada dech di tempat lain. Tahu2 guidenya gendong We, trus nyebur. Katanya : ikutin saya yaks, pegang tali. Owh... kita langsung ngeliat ke bawah... nyebur ? Dari Batu gini... dengan air yang hijau... Hmm... Tapi gak sempet pikir2, guide nya udah langsung jalan. Haduh... Jadi yasudahlah, kita satu2 turun dari batu pelan2, trus pegang tali. Sempet khawatir dulu, takut... mengingat kedalamannya gak ketahuan berapa... adaptasi... tapi ternyata gak lama. Baru bbrp menit kena air udah enjoy. Langsung kita berentetan maju sambil pegangan tali.
Brenang ke kolam putri. Liat senyum semua personilnya... sayang tampak gelap cause batre kamera udah sekarat
Setelah talinya habis, untuk sampai ke kolam putri harus 'berenang' dengan berbagai gaya. Kadang menyusur pinggiran tebing batu sambil disiram hujan abadi. Kadang harus lompat untuk menghindari arus yang kuat. Kadang berenang biasa aja juga bisa. Kadang guide di depan, kadang di belakang kita, kadang jagain di tengah buat narik supaya kita gak kebawa arus. Tergantung sikon arus dan batunya. Pokoke kita nurut aja apa kata guidenya lah. Di setiap potongan rute ke kolam putri kita brenti di atas batu karang. Sambil foto2 pake kamera yang dibawain guidenya pake dry bag. Rute trakhir paling seru, kita pegangan tali, ngelawan arus yang super deres. Awalnya tegang, tapi hitungan detik udah berasa serunya. Sampai timbut tenggelam di sungai cijulang. Asal tali gak lepas dari tangan kita, insya Allah tetep aman sih. Anak2 yang udah sampai duluan dan nongkrong santai di batu sampai nyemangatin aku : ayo mi... ayo mi... dan Al trus njulurin tangannya buat tak pegang. Slesai yang menegangkan tadi, ternyata batunya lebih lebar dari yang sebelum2nya. Kita bisa jalan di atasnya bbrp meter. Ada batu yang berlubang kayak sumur, ada juga yang kayak dibuat untuk pegangan. Bagus.
Dari jauh guide yang baru akan nyebrangin We ngasih kode ke aku disuruh stop, gak boleh jalan lagi di atas batu. Okelah, nurut aja. Toh guide nya yang paling tahu. Jadi kita duduk2 santai di atas batu sambil nunggu We sampai.
Gak tahunya, begitu sampai, guidenya nyuruh kita lepas2 pelampung. Trus dikasih tahu kita mo panjat batu ke atas. Diajarin caranya, mana yang buat pegangan, mana yang buat diinjek. Sampai di atas... subhanalloh... ada kolam kecil... kayak kolam ikan gitu, beniiiing... banget. Kolam yang pertama kecil banget, diameter sekitar setengah meter. Kolam berikutnya lebar, memanjang, mungkin 6 x 2 m, dengan kedalaman sekitar 20-30cm. Inilah kolam putri. Kata guidenya, disini biasa jadi tempat doa buat orang konghucu, boleh berendam, tapi jangan dikotori. Dan bener aja, gak lama setelah kita dateng, muncul rombongan kedua yang sampai ke kolam putri, dan mereka langsung melakukan ritual 'berdoa'. Kita asyik aja foto2. Sayang, batere kamera sudah mau habis, flash gak maksimal, jadinya fotonya tampak gelap gitu. Padahal aslinya... gak ada serem2 nya dech... Di kolam putri kita berendam sambil istirahat lumayan lama.
@Kolam Putri
Puas istirahat, sekaligus gak tega sama guidenya yang terbengong2, kita turun dan siap pulang. Dan ternyata... justru yang paling asyik itu pas pulangnya. Kita berenang tanpa tenaga sama sekali. Cukup tiduran dengan kaki di depan, dan biarkan didorong arus. Woaa... senengnya.... Ada satu lokasi yang kayak air terjun kecil gitu, pas berangkat kita repot banget nglewatinnya, dan ternyata di lokasi ini yang paling seru. Kayak prosotan di sungai. Seru dech. Sayang gak lama kita langsung sampai ke tali yang pertama kita pegang pas datang. Disini kita disuruh megang talinya, biar gak kebawa ke arus sungai yang di bawahnya. Mentas dech. Owh... padahal berangkatnya lumayan lama, tapi pulangnya cepet banget. Hix hix... mau lagi....

Sampai kapal langsung ngebisikin suami, kayaknya bayar 200 ribu ajalah, gak rugi, kesian guidenya. Soale asyiknya itu suer... gak pernah nemu di tempat lain. Padahal aku juga udah liat sunrise di Bromo, sunset di kepulauan seribu, anyer, Bali, tapi... beda euy. Disini menegangkan, dan seru. Dan bebas... ilang dech semua keruwetan hidup :-)
@Pantai Batu Karas. Liat Karang di belakangnya, yang bkn Batu Karas aman buat berenang
Kreativitas pasirnya Mut
Pulang dari Green Canyon, kita maen banana boat + surfing di pantai Batu Karas. Sempet juga lomba bikin mainan pasir. Puas dech maen pantai. Besoknya sambung ke cagar alam. Sebenernya seru juga, cuman udah capek ngetik euy. Kapan2 ajalah ya...