Dulu pas masih di Semarang, ke kantor diboncengin naik motor aja berasa gak kuat. Padahal tahu sendiri khan kondisi jalan di Semarang, lengang tanpa macet. Gak sampai 10 menit bermotor juga udah sampai. Naik mobil ke kantor cuman 15 menit. Tapi justru karena lengang itulah… jadinya berasa gak kuat… jadinya maunya naik mobil aja. Lha wong naik mobil lebih nyaman kok…
Nah… karena kenyamanan itu faktor utama yang dipertimbangkan sebagai sarana untuk berkomuter ria, jadinya pas pindah ke Depok kita bingung abis. Padahal kalo ada pertanyaan dari guru sekolah tentang sarana transportasi yang bisa digunakan untuk ke Jakarta dari Depok, jawabannya udah jelas : mobil pribadi, KRL, bis, angkot, atau motor pribadi. Tapi…
Coba kita bongkar satu-satu yach… Tapi sebelumnya, kita kasih tahu kalo ini jelas subyektif, karena berdasarkan pertimbangan dan penilaian diri sendiri, yang tentu saja memasukkan faktor lokasi rumah yang di kelapa dua, faktor anak yang udah 4, faktor umur yang udah pertengahan 30 – 40, dll. Untuk dijadikan bahan referensi gak lah… tapi kalo sebagai bahan pertimbangan, masukan aja, sah sah aja kalo mo dipake…
Parameter yang kita pake buat mengukur dan melakukan penilaian untuk semua sarana transportasi yang ada adalah lama waktu yang dibutuhkan untuk sekali perjalanan, flexible (mudah kalo mau berhenti pengen beli makanan, atau mo sholat, dll), nyaman, gak menghabiskan energi sehingga pulang masih tersedia cukup banyak tenaga untuk anak2, berangkat sekitar jam 7 sehingga anak2 udah cukup siap untuk berangkat ke sekolah, murah, penggunaan waktu selama perjalanan (ada yang bisa dilakukan gak selama perjalanan), sama kepastian. Soale khan kalo gak pasti tuh ngeselin juga.. jadi gak bisa prediksi dan merencanakan gimana2 nya…
Dari parameter2 itu, kita buatkan skala nilai 1 untuk yang terbaik, dan 5 untuk yang terjelek. Hasilnya kayak gini :
mobil sendiri | motor sendiri | KRL express | KRL ekonomi AC | bis | |
lama wkt pjalanan | 4 | 1 | 2 | 3 | 5 |
flexible | 2 | 1 | 3 | 4 | 5 |
nyaman | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
tdk byk mbuat cape | 1 | 3 | 2 | 5 | 4 |
brkt sktr j 7 | 4 | 1 | 3 | 2 | 5 |
murah | 5 | 2 | 4 | 1 | 3 |
penggunaan wkt di jalan | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 |
kepastian | 2 | 1 | 4 | 5 | 3 |
24 | 12 | 23 | 27 | 34 |
Kita bahas satu2 yaks… Pertama, pake KRL ekonomi AC. Berangkat dari rumah sekitar jam 7.15, naik ojek sampai stasiun UI. Ongkos gak sampai 15 ribu dari rumah sampai kantor, sudah termasuk ojek. Lama waktu perjalanan, kalo dihitung langsung dapat kereta, cuman setengah jam. Di dalam kereta juga relatif bisa baca Quran atau ngapalin, atau matsurot. Jadi relatif nyaman dan tidak bikin capek. Itu dengan catatan… kereta-nya bener, dalam artian jadwalnya tepat, jumlah gerbong 8, dan gak ada gangguan, baik gangguan sinyal, gangguan rel, gangguan listrik, pohon tumbang, kereta mogok, dan seabreg lainnya. Juga dengan catatan kereta yang lain juga tepat, soale kalo ekonomi AC tepat, tapi ada kereta lain yang dibatalin, sama aja boong, penumpangnya tumplek jadi satu. Efeknya jelas, yang tadinya lumayan nyaman, brubah jadi sangat2 menyebalkan. Dan itu gak jelas kapan terjadinya, dan gak bisa diprediksi… Belum ditambah dengan informasi di stasiun yang suka gak pas, kereta bogor dibilang kereta balik, ekspress depok dibilang cisadane, dst. Jadinya tambah susah aja buat nentukan keputusan. Dengan semua kondisi itu, maka KRL ekonomi AC ada di urutan nomor 2 paling bontot : 27, sebelum bis. Meskipun, ada aja saat2 memang aku lebih memilih KRL Ekonomi AC, seperti saat2 sekarang misalnya, pas kereta ekspres kesiangan banget, dan kita lagi gak bisa bawa motor.
Pilihan kedua, bawa mobil sendiri. Default, aku jarang banget ngelakuin. Hanya pas case2 tertentu yang butuh bawa mobil, baru kita naek mobil dr rumah ke kantor. Dan ternyata… meskipun udah pada hari2 yang jalan gak rame (pas menjelang lebaran, atau liburan sekolah, dll)… tetep aja naik mobil sendiri itu berasa lama banget. Kelebihannya flexible, iyalah… khan mobil sendiri, mo lewat mana juga bebas. Trus nyaman, gak capek banget – soale khan yang nyetir suami, dan gak tergantung orang lain sehingga lebih pasti. Tapi… naik mobil itu selain lama banget, juga mahal. Kalo naik mobil pribadi, dari kantor jam 5, sampai rumah bisa jam 8-an. Jadi kalo mo bawa mobil ya terpaksa berangkatnya pagi banget, subuh. Trus karena yang nyetir suami, khan gak enak kalo trus kita sibuk sendiri baca matsurot, atau tilawah. Jadinya ngobrol dan nemenin suami… gak bisa tilawah atau ngapalin. Nah, karena kalo bawa mobil itu kudu berangkat subuh dan nyampe rumah jam 8 malem, jadinya kemungkinan ini sangat jarang kita pake. Kesian anak2… kapan ketemunya sama ortunya kalo subuh sampai jam 8 malem kitanya gak pernah disamping mereka….
Opsi ketiga, KRL ekspress. Dulu nyaman banget. Dari rumah setengah tujuh naik ojek sampai stasiun Pocin, dan di kereta bisa duduk pake kursi kereta. Trus… mulai dech, gerbong didiskon jadi 6, atau digabung sama bogor, atau… macem2 lah… yang jelas jadi padet banget. Berdiri aja susah, boro2 duduk. Akibatnya mulai dech, kaki sakit2, punggung patah2, dst. Jadi sebenarnya, kalo keretanya bener, atau minimal kalo pas gak bener ada sumber informasi yang layak dipercaya, KRL ekspress nikmat banget sih. Tapi ya itu tadi… karena ketidak jelasan yang sering terjadi, karena penumpukan penumpang yang sering terjadi, dan karena gangguan yang sering terjadi, jadinya pamor KRL ekspress turun di mata kita…
Kemungkinan keempat… bis. Tapi, mengingat mobil sendiri aja kita drop dari list transportasi yang memungkinkan, apalagi bis – mobil umum. Kita pake bis hanya apabila karena suatu hal trus pulang cepet dari kantor, sekitar jam 3 maksimal, sehingga jalan masih lengang dan bis masih nyaman. Lewat jam 3 sore, kita mendingan memilih transportasi lainnya.
Trakhir… dan yang sampai saat ini kita pake : motor pribadi. Tentu saja aku dibonceng, gak di depan. Jelas gak mungkin lah kalo aku di depan. Tapi… sejauh ini… naik motor masih pilihan yang terbaik buat kami, karena memenuhi hampir semua kriteria utama sebagai alat ber-komuter. Pertama, bisa kita atur… sehingga kepastiannya ya tergantung pilihan yang kita ambil. Kalo kita berangkat siang, ya nyampenya siang. Kalo berangkatnya pagi, ya sampainya pagi, gitu. Trus flexible, kalo mau sholat di jalan bisa. Mo mampir beli oleh2 buat anak2 bisa. Mo mampir minum dulu bisa. Perjalanan juga gak gitu lama yach… biasanya sampai rumah kurang lebih sama dengan kalo naik kereta ekspress yang lagi lancar. Berangkat juga bisa kita set agak siangan, karena gak tergantung sama jadwal. Jadi anak2 bisa gak terlalu lama ditinggal. Sehari mungkin ditinggal ‘hanya’ dari jam 7 pagi sampai dengan setengah 7 malam. Pas kita berangkat, anak2 udah relatif siap sekolah. Pas kita pulang, anak2 baru pulang jamaah sholat maghrib dari masjid, jadi masih seger. Trus motor juga murah. Iyalah, apalagi ongkos kereta 2 orang jadi ongkos 1 motor. Selisihnya mestinya lumayan tuh… Trus di motor juga bisa baca matsurot, atau ngapalin dengan dibantu Quran yang di HP… jadi waktu perjalanan bisa dimanfaatkan. Nah, yang agak kurang bagus… adalah karena naik motor itu butuh energi lumayan… jadinya cukup capek juga. Tapi… kalo dibandingkan kereta yang ngadat.. yang padet… berhimpitan sampai kaki juga gak dapat tempat… tetep lebih memilih naik motor sih…
Sekali lagi… ini subyektif lho ya… Banyak dipengaruhi sama parameter2 yang jadi bahan pertimbangan kita, yang sangat mungkin tiap orang berbeda…
Gambar diambil dari sini, sini, sini, dan sini.