Thursday, July 16, 2009

Persiapan Al UAN SD

Halah... apa gak kecepetan tuch, naik kelas 6 nya aja barusan, mosok udah persiapan UAN ? Kali' ada yang berpikir gitu. Jawabannya : Gak donk... Secara, anak2 memang pas kelas 1 - 5 gak terlalu dikejar buat pelajaran sekolahnya. Mereka relatif dibebaskan, meskipun tetep belajar. Gak terlalu diawasi. Meskipun hasilnya ya tetep lumayan, sejauh ini ranking terendah Al di ranking 7.

Nha, tetapi, begitu mo kelas 6, ya gimana lagi, harus digenjot donk. Soale SMP nya dimana menentukan pergaulan dia nantinya. Dan kurang lebih turut menentukan dimana SMA nya nanti. Dan SMA mana menentukan seberapa kemungkinan masuk perguruan tinggi yang kredibilitasnya meyakinkan. Dan kuliah di perguruan tinggi mana, tentu saja, sangat menetukan bagaimana pergaulannya, habitatnya, dan kehidupannya nanti. Nah khan... Jadi kayaknya gak berlebihan kalo kita mulai nggenjot Al dari sekarang.

Lagian, daripada dia ntar pas mendekati UAN mumet sendiri. Puyeng karena banyak pelajaran yang kudu dipelajari. Bingung kudu mo mulai darimana. Nah, kalo mulai dari sekarang, khan bisa sambil santai. Yang penting dikerjain. Biar lambat asal selamat, hehehe...

Jadinya tiap malem, kita udah biasa lihat Al ditentor sama abinya. Sampai abinya nemu tuch, jurus2 cepat ngerjain matematika. Meskipun abinya juga ngotot, pokoke Al kudu tahu dulu seharusnya ngerjainnya gimana, dan muncul jurus cepatnya dari mana. Kalo ilmunya udah tahu, baru dech, Al diajarin jurus cepatnya.

Trus juga Alhamdulillah, jadi ketahuan Al lemahnya di sifat asosiatif distributif persamaan matematika. Yang setelah ditelusuri, ternyata penyebabnya adalah pas diterangin bab itu, dia gak masuk. Jadinya trus sama abinya, Al disuruh baca per bab, tiap malem satu bab, trus malemnya dibahas bareng sama abi.

Sejauh ini Alhamdulillah, Al kelihatannya enjoy2 aja. Malah kelihatan kayak seneng gitu. Aneh ya ? Jangan2 dia seneng karena ngerasa diperhatiin sama ortunya. Walah... brarti selama ini kita gak merhatiin donk... Awalnya sih sempet juga dia kelihatan sutris gitu, ngerjain gak bisa2. Kita juga binun, ni anak kenapa, kok dasar materinya gak ngerti. Trus pas ditelusuri, ya ternyata itu tadi, sifat asosiatif distributif dia gak mateng.

Kalo pas liat abinya ngebahas sama Al, sampai kepikir... wah, bisa buka bimbel nih, hehehe. Secara, asli lho, ternyata soal UAN itu memang banyak trik yang bisa dilakukan. Itu kalo soal UAN yang kita punya memang kumpulan soal UAN SD. Soale ini juga aneh, banyak sekali versi yang dibilang soal UAN, hehehe

Kapan2 dech, diusahakan posting disini untuk trik2 yang udah ditemukan sama abinya Al. Buat para ortu yang berniat ngajarin anaknya menghadapi UAN sendiri, gak pake bimbel, kayak kita. Kelebihannya adalah, pertama jelas, ngirit, hehehe. Kedua, jadi privat khan. Kita jadi tahu persis anak kelemahannya dimana. Dan kapan waktu terbaiknya buat belajar. Dan seberapa porsi belajar yang make sense buat dia. Dan... waktunya juga bisa fleksibel. Kadang pas mo makan, ujug2 Al kita kasih soal, suruh ngerjain dulu. Atau langsung ditebakin. Pokoke kapan aja kita liat Al lagi nganggur lah, hehehe

Yach... semoga usaha ini diridhoi Allah sehingga Al dimudahkan-Nya mengerjakan UAN dan dapat mencapai nilai UAN yang diharapkan. Amien.

No comments: