Tuesday, February 8, 2011

World in your Hand

World in your Hand. Dunia di tangan Anda.

Ada beberapa makna. Yang pertama, raih dunia supaya ada di tangan kita. Ini sudah banyak yang ngebahas, jadi gak usahlah kita ikut2 an ngebahas makana yang ini. Makna lainnya : letakkan dunia di tangan kita, dan jangan di hati kita. Nah... yang ini yang mo kita bicarakan.

Selama ini, yang sering nyangkut di telingaku adalah kalimat dari Hasan Al Basri : letakkan harta di tangan kita, dan bukan di hati. Namun dengan beberapa peristiwa yang muncul di kehidupanku, terpikir... kayaknya aku lagi dikasih pelajaran sama Allah untuk juga menaruh dunia di tangan, dan gak hanya harta. Dan tidak memberi porsi hati untuk urusan dunia.
'Dunia' disini berarti semua hal yang terkait dengan duniawi, dan bukan akherat.

So, apa maksudnya naroh di tangan, dan bukan di hati ?

For example, kalo ada anak temen kita yang meninggal. Bisa jadi kita ikut sedih. Ikut mengurus jenazahnya. Ikut menyolati, dst nya. Tapi, level kesedihannya tentu berbeda dengan kalo yang meninggal anak kita sendiri. Cause anak kita sendiri itu udah lebih nempel di hati. Gak di tangan doank.

Itu sample-nya. Udah kebayang khan... Trus gimana penerapannya ?
Singkatnya, kita yang menguasai dunia, dan bukan dikuasai dunia. Kalo aku sih... ini juga lagi belajar... Ya berlatih aja untuk meletakkan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia itu di tangan. Gak terlalu sedih kalo ilang. Gak terlalu sakit hati kalo gak dapat. Gak sampai pusing berhari hari kalo ada yang gak sesuai keinginan. Gak sampai gak bisa ngapa2 in berhari hari kalo belum dikasih sama Allah SWT.

Sedih sih tetep, manusiawi lah. Tapi... untuk gak sedih berkepanjangan, ini yang lagi berlatih.

Karena kalo sedih yang berkepanjangan itu berarti temanya sudah masuk ke hati, sudah porsinya akherat. Jadi... berharapnya... aku sedih kalo hari ini tilawahnya kurang. Kesel sama diri sendiri kalo gak sholat tahajud. Nyesek kalo gak sengaja ber-ghibah. Malu banget kalo gak sholat dhuha. And soon. Tapi, meski sedih banget, tetep aja kudu bangkit dan melakukan lho ya, supaya solve.

Emang ngefek yaks ? Hmm... insya Allah iya. Membuat kita tidak terkungkung sama urusan dunia. Cause there is another world in there... A Long life world... Dan gak hanya dunia yang seperti mampir minum kayak dunia kita sekarang. Coba deh...

Gambar diambil dari sini.

No comments: