Monday, August 15, 2011

Ramadhan hari ke-15

Ramadhan sudah di hari ke-15. Tilawah kita sudah di juz keberapa ?

Hari ke-15 berarti sudah di pertengahan 10 hari kedua Ramadhan yang penuh dengan maghfiroh. Di hari-hari ini Allah mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

Pada hari-hari ini pula, kondisi dan stamina kita mulai turun. Setelah 10 hari pertama dengan penuh semangat menghidupkan Ramadhan, hari-hari ini capek, letih, lelah mulai dirasakan. Kepayahan. Sakit. Fisik juga mulai drop.

Sebelumnya, kalo mulai ngalamin kondisi begini, maka aku ngerem aktivitas. Dengan harapan supaya bisa mencapai finish dengan 'selamat'. Cuman tausiyah terakhir yang aku dapat membuat aku berusaha 'bangkit'.

Karena, maghfiroh itu memang ditandai dengan kepayahan, keletihan, dan sakit. Hal-hal itu yang mengiringi turunnya maghfiroh dari Allah SWT. Dan bagaimana tanda kita sukses mendapat maghfiroh ? Kalo kita gak merasakan lagi sakit, payah, dan capek.

Hmm... bentar... perlu diluruskan. Jangan salah sangka. Kepayahan, capek, dan sakit tetap ada. Cuman kalo udah dapat maghfiroh, maka itu tidak dirasakan lagi. Gak dianggep lagi. Begitu...

Karena surga itu dikelilingi dengan kepayahan dan keletihan. Jadi kalo kita ngelakuin sesuatu dan happy, hmm... dunia itu... dan bukan akherat (ini kata ustadzahnya lho...). Dan kalo kita gak mau berpayah-payah lagi, gak mau berasa capek lagi, ya berarti kita udah gak mau dapat surga...

So, dengan tausiyah itu... akhirnya aku mengusahakan kembali. Yang biasanya terus ngerem supaya bisa 'maksimal' sampai akhir ramadhan, sekarang jadi tetep tak upayakan, dan berusaha mengabaikan segala jenis penyakit yang mulai menyerbu. Gak sakit parah sih, penyakit standart lah. Flu, sakit tenggorokan, dst nya.

Semoga tahun ini Ramadhan kita lebih sukses dari tahun2 sebelumnya. Amien...

Gambari diambil dari sini.

No comments: