Monday, October 3, 2011

Berkebun Emas, Siapa Takut...

Jangan salah persepsi. Judul postingan di atas, bukan dibaca dengan nada kalimat retoris yang gak butuh jawaban. Tapi coba baca dengan nada seorang guru yang lagi nanya di depan kelas. Atau kalau kalimat EYD nya bakal berbunyi gini : Siapa yang takut berkebun emas ? Nah, kalo itu ditanyakan di depanku, sepertinya aku bakal termasuk yang ngangkat tangan duluan.

Kenapa ?

Hmm... bentar... kita samakan persepsi dulu. Udah tahu yang namanya berkebun emas khan ? Means beli emas, trus di gadaikan. Trus uangnya, bisa buat beli emas lagi. Bisa juga buat usaha. Bisa beli properti. Dst nya.

Nah, kalo persepsi tentang apa itu berkebun emas udah sama, baru kita bisa mulai ngomong kenapanya. Alasan pertama, karena biaya gadai itu super gede. Bayangkan, 1,25% per 10 hari (based on informasi yang didapat dari googling dan nelpon ke B** Syariah). Kalo biaya administrasi bisa diabaikan lah, gak gitu gede dan cuman dibayar sekali di depan. Tapi biaya nitip atau biaya gadai ini, ampuuun... Kalo misalnya kita gadai 25 gr, trus dapat (pinjaman) hasil gadai nya Rp 11.500.000,-. Maka per 4 bulan (120 hari) biaya gadai yang kudu kita bayar sebesar Rp 1.720.500,- (1.25% x 12 x 11.500.000). Ini biaya pertama yang kudu ditutup.

Biaya kedua, adalah selisih yang muncul dari harga jual dan beli. Based on ANTAM, untuk yang keping 25 gr, harga beli nya ANTAM turun sekitar 8% dari harga belinya. Jadi di ANTAM, versi hari ini, kalo kita beli yang 25 gr, harganya Rp 12.837.000 (means per gr Rp 513.480), sedangkan kalo kita jual kesana, harga per gr nya jadi Rp 475.000 (means 25 gr = Rp 11.875.000). Itungan kasarnya berkurang sekitar 8% tadi itu. Ini bisa diperkecil dengan 'diakali' sih, misalnya dijual ke temen pake harga tengah. Atau pas beli nyari dari toko2 emas yang lebih murah dari ANTAM. Cuman saat ini, sepertinya sudah gak ada yang jual emas batangan lebih murah dari ANTAM. Jadi anggaplah biaya penurunan karena dijual lagi ini sebesar 5% aja. Kalau dengan harga yang hari ini, maka 5% dari Rp 12.837.000 menjadi Rp 641.850.

Untuk impas dalam 4 bulan, harga emas harus naik sebesar Rp 1.720.500,-(biaya gadai) + Rp 641.850 (selisih harga jual beli) = Rp 2.362.350,- untuk keping yang 25 gr. Atau kenaikan sebesar 19%. Itu baru impas. Kalo mau dapat keuntungan, ya berarti kenaikan emas dalam 4 bulan harus lebih dari 19%. Dan kenaikan ini, kalo mau ditunggu sampai harga naik 20% misalnya, bisa saja. Namun jangan lupa, setiap jumlah hari yang mundur, berarti perhitungan biaya gadai yang baru. Atau dengan kata lain, biaya gadai juga bertambah.

So.... dengan alasan2 itu, maka menurut saya, berkebun emas itu bisa menguntungkan kalo :
1. Beli pada saat harga benar2 turun, dan jual pada saat harga sedang naik. Sehingga dalam 4 bulan at least kenaikan emas bisa >19%.
2. Untuk mengetahui saat yang tepat, maka harus bener2 menjadi pengamat harga emas, time to time.

Dan buat aku, alasan yang kedua ini bener2 susah buat dijalankan. So many time dan effort yang musti dialokasikan kesana. Kudu bener2 melototin grafik harga emas. Kapan dia lembah dan kapan muncul gunung. Trus begitu keliatan lembah atau gunung, kudu ngitung2 lagi jual atau beli nggak. Trus berapa nya. Aduuhh... nggak bangetlah, kalo buat aku.

Dan satu lagi, kalo ada yang masih berminat untuk berkebun emas, coba dech googling. Di internet aku nemukan begitu banyak kisah gagal. Kebunnya pada terserang berbagai macam hama. But tetep, bukan berarti gak mungkin lho ya. Mungkin sih... tapi ya itu tadi, dengan syarat.

NB. Semua perhitungan dilakukan bukan oleh team ahli, tapi cuman sama pemula yang ingin sharing dan berharap barangkali bisa berguna untuk yang lain. Harga emas yang ditulis based on harga pagi ini, 3 Oktober 2011 di ANTAM.
 
== edited 10 Okt 2011 ==
Berhubung banyak yang nanya kesimpulannya apa, jd terpaksa di-edit dech.Rupanya dari postingannya blum jelas yaks ?
Jadi gini, buat aku, setelah nelusuri dengan metoda yang dikarang sendiri dan semoga benar, aku gak brani buat berkebun emas karena :
1. Biaya gadai itu super gede
2. Buat mantau harga emas dan pergerakannya bakal bener2 ngabisin effort dan sumber daya
3. Hasil googling di internet ternyata memang banyak juga yang kebun emasnya pada terserang hama.
4. Pernah sih, pas butuh uang, trus harga emas lagi turun. Jadi saat itu tertarik banget buat gadai emas (baca : http://anugerahfashion.blogspot.com/2009/02/gold-again.html). Dan hasilnya... yach, seperti postingan di atas... tekor abis :-(

Kirain ada yang berubah, karena aku nyoba gadai emas itu pas awal2 muncul berkebun emas, th 2009. Tapi pas ditelusurin, ternyata masih tetep, emang institusi nya beda, tapi biayanya kurang lebih, tetep gede.

Jadi begitu... semoga editan kali ini cukup memberikan summary dan gambaran...


No comments: