Tuesday, December 11, 2007

Dreams Anugerah, and Make it Come True


Ini dia dream Anugerah yang dikirimkan ke bu Ning. Dimunculkan ke blog lebih untuk saya sendiri, supaya ntar akhir 2008 tahu bagaimana akhirnya pencapaian dream ini.

* * *

Dreams. Kata yang sangat indah dan terasa nyaman. Namun dreams jangan sampai hanya menjadi sebatas angan. Menjadi lamunan. Dreams, mimpi, harapan, cita cita, harus dimaknai tujuan yang ingin dicapai, tujuan yang akan dicapai. Anugerah Collection di tahun 2008 mempunyai banyak big dreams.


Dream yang pertama, membuka toko kedua di rumah. Semoga yang ini cepat terealisasi. Langkah-langkah yang harus dilakukan sudah terlihat. Hanya waktu dan kesempatan belum pas. Insya Allah sebelum Mei 2008 sudah dilaunching toko kedua yang berlokasi di komplek Griya Tugu Asri ini.


Dream kedua, membeli satu lokasi lagi untuk berjualan, dan otomatis dagang lagi disana. Dream yang ini menunggu rumah yang lama laku terjual. Semoga Desember ini sudah deal dengan pembelinya. Cuman kita masih belum menemukan lokasi yang tepat untuk toko ketiga ini. Pengennya nggak jauh jauh. Tapi nggak jauh itu dimana ya. Di ITC sebenarnya masih minat juga. Sayangnya belum ada lokasi yang dijual dan kita sreg -- termasuk sreg dari sisi harganya. Pernah survey di Tamini Square, hasilnya kurang pas. Pernah juga survey ke ITC Kuningan, meskipun katanya daya beli lebih tinggi daripada ITC Depok, tapi kayaknya segmennya gak pas buat Anugerah. Cibubur Junction, bisanya sewa, gak bisa beli. Padahal pengennya sekalian investasi properti. So... dream nya jelas. Lokasi menyusul...


Dream ketiga, bikin system computerize yang mencakup semuanya. Selama ini yang saya temukan, baik yang free ataupun yang beli, rata rata memisahkan antara software stock dengan software laporan keuangannya. Padahal kupikir itu harusnya menyatu. Jadinya gak puas dengan yang sudah ada. Rancangan system sudah dibuat. Detail data beberapa sudah dibuat juga. Yang belum coding nya. Semoga segera kelar. Dan kelebihan system ini, dirancang oleh orang yang menguasai teori perancangan system IT, menguasai teknis operasional system penjualan retail, menguasai pembukuan yang diperlukan untuk toko retail, menguasai laporan standard yang diperlukan, dan juga mempunyai gambaran laporan yang bakal diinginkan. Ke depannya, kita masih memikirkan untuk menjual software ini atau tidak. Atau justru software ini menjadi modal kita untuk franchise retail busana muslim. Let's see... Ini dream tahap berikutnya. Masih rada jauh... Belum taraf aplikatif. Belum dipikirkan bener. Masih antara ingin dan jangan... Yang jelas softwarenya dibikin saja dulu. Ntar kalau software sudah jadi, baru berpikir dream tahap selanjutnya yang berkaitan dengan software ini.


Trus... tahun 2008 juga, pengen membiayai ibu untuk umroh full Ramadhan, hanya dari laba bisnis. Plus uang saku dan lain lain, dana yang dibutuhkan sekitar 25 juta. Kalau melihat laba tahun ini sampai November, insya Allah laba sudah cukup untuk itu. Tinggal realisasi. Semoga bisa sesuai rencana.


Dream berikutnya, kalau system computerize sudah jadi, akan diaplikasikan di seluruh toko Anugerah. Toko yang di rumah yang jadi base-nya. Rancangan system sudah memenuhi untuk kondisi ini. Jadi nanti penjualan di setiap toko Anugerah akan dilayani dengan menggunakan komputer. Ada meja dengan monitor yang tersimpan di bawah meja, sehingga hanya layarnya yang terlihat dari balik kaca. Means kalau system sudah siap, beli komputer, trus nyari meja yang pas. Dan mulai ngajarin SDM supaya terbiasa. In my mind, SDM akan dibiasakan dulu di rumah selama beberapa bulan. Baru setelah itu dioperasionalkan di toko. Dan tentunya mulai pertama di tokonya tidak pada saat puasa. Supaya SDM yang ada tidak kagok, yang akibatnya bisa membuat pembeli 'lari'.


Trus... dengan 3 toko, anggap saja laba kotor tiap toko ** juta per tahun. Dikurangi biaya 1,5 juta kali 12 bulan, 18 juta. Jadi dari tiap toko plus minus ada laba sekitar ** juta per tahun. Kali tiga toko jadi ** juta per tahun. Jadi per bulan ada *,* juta net profit. Kalo ambil pensiun dini, uangnya buat buka toko ke-4. Jadi ada tambahan lagi *,* juta. Total per bulan net profit sekitar ** juta. Ini asumsi optimis, hehehe... jadi takut juga setelah lihat angkanya. But... means kalo tokonya sudah 3, dan ternyata diperlukan keterlibatan yang lebih di bisnis... gak ada lagi yang diberatin. TDA... here I come...


Waduh.... sudah 2 lembar. Ya sudah, dreams nya dicukupkan sampai disini. Mohon maaf kalau ditulis tidak dengan formal, karena ditulis dengan hati dan emosi.