Monday, December 3, 2007

Terus Terang Harus Terang Terus


Setelah sekian lama nggak sempet sempet ngeliat toko, akhirnya pekan kemarin kita menyediakan waktu buat nengok toko sama anak-anak. Dari jauh sudah terlihat ada yang aneh. Loh... kenapa tuch toko kita, kok jadi gelap yach... Suami nimpalin, lampunya lupa dinyalain kali'... Memang beberapa kali kita nemuin Iis sama Agung lupa nyalain lampu yang sorot. Jadi kesannya kelihatan lebih gelap. Nggak seterang kalo lampu neon sama lampu sorotnya dinyalakan semua.

Pas udah sampai di toko, kita coba tes saklar lampunya, lho... ternyata semua dalam posisi on. Dan semuanya menyala. So, what's going on ? Usut usut, ternyata lampu mulai temaram. Nyala sich nyala, tapi sekedar nyala gitu lho. Kayak hidup segan mati tak mau, hehehe...

Jadi ahad kemaren, kita menjadwalkan lagi wajib kunjungan ke toko. Mampir dulu beli lampunya di ruko ITC. Ternyata murah lho. Kirain lampu yang segitu gedhe, eh, panjang denk, kirain harganya juga panjang. Ternyata harganya 'cuman' 10 ribu per lampu. Kita beli 4, cause lampu neon panjang gitu di kios kita memang ada 4 biji.

Trus ke toko, pasang pasang sebentar. Sementara suami pasang, saya sama anak-anak ngider liat liat. Kali' aja ada toko yang dijual murah, hehehe... Pas balik lagi, ternyata penggantian lampu sudah selesai. Dan toko sudah lebih terang.

Dan tahu gak, malemnya, Rani ngelaporkan penjualan hari itu mencapai 1 juta. Retail lho. Alhamdulillah.

Jadi inget. Dulu pas masang lampu sorot, penjualan juga terdongkrak. Barusan tak liat, kalo dari rata-rata profit mingguannya, naik hampir 2x lipat. Dihitung dari average Januari 2007 sampai Juli (pas masang lampu), dan dari Juli sampai dua pekan sebelum Ramadhan. Soale pekan terkahir syaban khan biasanya memang udah ikutan naik, jadi dianggep sudah bukan situasi normal lah.

Trus jadi inget juga, ada resto di Lenteng Agung, yang tadinya gelap gitu. Berkesan kumuh. Sepi. Ya jelaslah, lihat aja gak minat sama sekali buat mampir. Suatu saat, resto itu perbaikan dengan menambah jumlah lampunya. Seingatku sich bangunannya tetap begitu aja. Cuman sekarang jauh lebih terang. Dan tahu nggak... ternyata sekarang, tiap lewat ada aja mobil yang lagi parkir disitu. Dan aku termasuk salah satu 'korban' yang akhirnya jadi tertarik juga makan di situ.

So, the point is. Jangan takut untuk membuat dagangan kita terang. Karena memang harus terang terus. Hihihi.... kayak iklan philips. Kebetulan lampu 10 ribu-an itu memang philips sich :-)