Friday, January 22, 2010

Mimisan 3 pekan

Iv, anak kedua kami, udah 3 pekan ini mimisan. Heran. Soale sebelumnya gak pernah ada ceritanya tuch, dia mimisan. Tadinya sih kita masih santai aja. Apalagi Iv juga tetep kayak biasa, tetep ceria, gak rewel, gak jadi tiduran, atau gimana gitu. Pokoke biasalah. Pas ditanya sakit nggak, dia juga bilang enggak.

Tapi masuk ke hari kesekian, kepikir juga. Akhirnya dibawalah ke kakak ipar, yang dokter dan selama ini obatnya cocok sama anak2 dan gak ngasih obat yang berat2. Kata kakak, maybe pembuluh darah di hidungnya tipis. Apalagi memang masih pilek. Jadi lebih mudah berdarah. Trus gak perlu obat. Cukup supply vitamin aja dan hidungnya ditutup kapas.

Oke... kita belikan kapas. Dan kita tutup. Tapi biasalah... hidung ditutup kapas gitu khan gak enak. Jadi Iv rada males. Paling sekali dua doank dia ngelakuinnya. Setelah itu udah.

Dan ternyata... darah masih keluar dari hidungnya. Tapi gak terus2 an. Dan gak tentu waktunya. Yang kita tahu, hampir setiap bangun tidur ada darah ngalir dari hidungnya.

Trus selang beberapa hari, kita tanya lagi kakak. Katanya masih pilek gak... Kalo masih ya maybe karena pileknya itu. Kalo mau dikasih obat alergi aja. Sehari sekali. Cuman biasalah... akunya lupa nanya nama obatnya. Walhasil, obat alergi juga lupa terus gak dikasih2 ke Iv.

Trus lagi... masuk pekan ketiga, ibu heran... kok udah 3 pekan mosok Iv masih mimisan. Disuruhnyalah kita ke klinik buat cek lagi. Hasil dari dokter klinik, katanya pembuluh darah mungkin tipis. Idem sama kakak. Cuman yang bikin kita gubrak... dokter itu bilang, kalo 2 hari gak sembuh, suruh ke dokter THT, pembuluh darahnya dibakar, dimatikan. Walah... lha kok berat banget ya. Sementara ngeliat Iv-nya baik2 saja, kayak gak ada gangguan... kok mestinya gak seberat itu...

2 hari setelah itu, ternyata darah masih belum berhenti. Jadi aku nanya lagi ke kakak. Trus kakak langsung ngasih obat alerginya. Berhubung kali ini kita kebayang sama kalimat dokter klinik yang nyuruh pembuluh darah di hidung kak Iv dibakar... jadi kita rajin2 ngasih obat alerginya. Even kita juga heran... alergi apa ya...

Dan darah tetep keluar dari hidung Iv...

Kita coba lagi pake daun sirih yang diremes2. Jalan 2 hari. Dan darah tetep ngotot keluar dari hidung kak Iv...

Semalem... jam 2... kebetulan ibu bangun... dan hidung Iv dilihat... lho... kok ada darah keringnya. Trus diambil ibu... dan Iv nya njerit... Ibu sempet kepikir... lho... kok Iv sampai njerit ya... Mana kenyal lagi, gak keras kayak darah kering...

Tapi karena jam 2 malem, ibu juga ngantuk, jadinya dibiarin aja, trus siap2 tidur lagi. Tapi ternyata tetep kepikiran. Kalo darah, kenapa kenyal ya... Kalopun gak basah, khan mestinya kering dan keras...

Jadi akhirnya ibu bangun lagi. Penasaran. Darah kering itu diliat lagi. Dan... O-OW... lha kok jalan... wuadowww... itu lintah !! Jadi dech abinya, daku, sama Al bangun semua. Hiii... lintahnya gede... udah sejari kelingking... Gilig. Warnanya persis banget sama darah segar...

Sampai sejam kemudian, bahkan sampai pagi tadi, kita masih ngebahas lintah itu. Kapan masuknya. Kenapa kok sampai 3 minggu di hidung. Kenapa kok kak Iv bisa gak berasa sama sekali. Kenapa kok dokter sampai gak ada yang tahu. Warnanya yang mirip banget sama darah... sampai gak keliatan kalo sebelumnya kita ngintip ke hidung kak Iv. Dst dst.

Alhamdulillah, yang penting udah berhasil keluar. Dan bersamaan dengan itu, Alhamdulillah, sembuhlah mimisannya Iv. Kata ibu, emang setiap malam ditahajudin sama ibu. Soale ibu berasa aneh... kenapa mimisan udah 3 minggu kok gak sembuh2.

Abinya bilang, berhusnudzhon aja sama Allah. Lintahnya memang dikasih sama Allah, buat ngebersihin darah kak Iv. Aku jadi inget kisah nabi Muhammad yang dibersihkan hatinya pada saat masih kecil. Jadi kita bilang ke kak Iv, smoga lintahnya tadi udah nyedot darah galaknya kak Iv, darah suka ngambeknya kak Iv, darah yang kalo tilawah suka nggremeng. Jadi kudunya ke depan kak Iv udah gak gitu lagi... Amien.

2 comments:

khalifatur said...

Amiiin... tapi omong2, lintahnya kemungkinan masuk pas Kak Iva ngapain/dimana, Bun? InsyaAllah anak2 bakal kuceritain kisah ini. Biar lebih hati2. Secara, mereka suka main dimana2 dan cuek pula.

Tutut Ve Ha said...

Pas kita maen ke sungai di gunung bunder bu. Critanya anak2 tertarik krn liat persiapan abinya naik gunung. Jd sbg prolog, kita maen ke kaki gunungnya. Lumayan mbak, terutama untuk pengenalan anak ke alam yang masih asli ya... Cuman emang gak nyangka dapet oleh2 lintah...