Friday, January 15, 2010

Sharing Ilmu

Barusan di milis baca postingan tentang tukar ilmu untuk sukses bersama. Di postingan itu kaitannya dengan pentingnya mastermind sebagai salah satu sarana untuk tukar ilmu. Tukar ilmu memang bagus, sejauh sama2 menerima kekurangan sendiri dan mau belajar dari kelebihan yang lain. Dalam skala kecil, tukar ilmu ini muncul di keluargaku.

Al, dari kecil jago logika. Gak bisa imaginasi sama sekali. Kalo kita mainin boneka di depannya, yang diliatin muka kita, meskipun boneka di tangan udah kita gerakin dengan penuh semangat. Apalagi kalo dia yang megang boneka. Didiemin doank dah... Paling banter diganti bajunya. Tapi gak pernah tuch yang namanya boneka di-jalanin, trus ngobrol sesama boneka, dst. Makanya jarang banget dia tak beliin boneka. Mainan pas kecil yang paling diminati adalah puzzle. Dan terbukti, pas PG dia juara 3 lomba puzzle yang diadakan sekolahnya dengan peserta seluruh TK di Semarang.

Kalo Iv, jago banget imaginasi. Apapun bisa jadi mainan di tangannya. Kalo dia lagi megang bolpen, alat tulis itu bisa jadi boneka buat dia. Digerak2-in, pura2 lagi ngobrol, nenangga ke sesama bolpen, dst. Kalo Al tertarik dengan serunya mainan Iv, trus bolpennya diambil, dengan segera Iv nemukan benda lain buat jadi mainan. Pokoke benda apapun bisa jadi mainan buat Iv.

Gedean dikit, ternyata mereka saling belajar. Al yang jago logika, cepet banget ngoprek kompie. Usia TK udah bisa nyalain film sendiri, termasuk handling errorrnya. Sampai komentar Iv dulu kalo kompie di rumah ngadat : kak Al aja yg ngebenerin. Jangan umi. Umi khan gak bisa... Hehehe... Lama2, Iv bisa juga ngoprek kompie, walopun tetep gak se-ngglidis Al. Dan Al juga mulai bisa maen rumah2 an, walopun tetep kudu ada partner, gak bisa kalo maen sendirian.

Sekarang... Al jago matematika, dan kurang di sains. Sedangkan Iv, jago di sains, tapi mulai rada berkurang di matematika. Trus... sharing ilmunya kita mainkan lagi lah... Jadi kalo Al ngerjakan soal sains, kita minta Iv yang suruh ngecheck, even dia masih kelas 4. Gpp lah, khan soal UAN mulai pelajaran kelas 4. Dan gitu juga sebaliknya, kalo Iv ngerjain soal matematika, kita minta Al yang ngecheck.

Lumayan lah. Jadinya mau gak mau dua2 nya belajar khan.... Smoga hasilnya juga kayak dulu, jadi sama2 naik... Amien.

No comments: