Thursday, November 29, 2007

Concern


Hahaha... sok banget dah... padahal sebenarnya masih berpikir juga, bener gak sich in English nya begitu.

Maksudku gini, kita kadang tuch suka kebalik balik. Sering denger tentang pembagian waktu khan ? Tentang efisiensi waktu, efektifitas waktu, pemanfaatan waktu, dst. Ini idem, tapi tentang pikiran.

Beberapa hari yang lalu aku baca republika tentang baby blues. Ibu yang setelah melahirkan trus sering merasa bersalah, apalagi setelah ninggalin bayinya cause harus kerja. Trus karena merasa bersalah, si ibu ini jadi di kantor gak concern, kepikiran baby terus. Akibatnya kerjaan gak selesai. Dibawalah kerjaan ke rumah. Di rumah, juga jadi gak bisa maen sama baby-nya dengan tenang, cause tertekan pikiran kerjaan kantor yang belum kelar. Nah khan... mbundhet jadinya.

Untuk asisten yang di rumah, aku juga sering briefing untuk ini. Soale kadang tuch, mereka pas masak kepikiran belum njemur, jadinya gosong dech. Pas njemur, e... kepikiran belum nanak nasi. Walhasil jemurannya acakadul. Nggak dibalik dan tumpuk tumpuk. Kena senggol dikit jatuh. Trus pas udah mulai nanak nasi, inget gula habis, padahal kudu bikinin minum. Jadinya magic jar lupa di-cethekin ke bawah. Jelas gak bakalan mateng lah... Pas beli gula, e... inget ngisi air kamar mandi belum dimatiin. Jadinya gulanya ketinggalan. Nah, dari situ aja kebayang gak... lauk gosong, nasi gak mateng, jemuran padha jatuh, gula juga tetep aja nggak ada. Ribet banget khan...

Kubilang ke mereka. Kamu tuch concern aja sama apa yang di depan kamu. Yang sedang di adepin. Kalo lagi njemur, ya concern aja ke jemuran supaya njemurnya bener. Terus kalo udah, baru masak. Concern lagi aja sama masak. Kalo udah lagi, baru kerjaan yang lain lagi. Gitu. Nah, kalo lagi njemur, terus tahu tahu Widad bangun, misalnya. Ya udah, concern dulu sama Widad. Ditatur supaya gak ngompol. Dst.

Dan itu gak hanya untuk urusan rumah lho ya. Kupikir di semua tempat, kita juga kudu punya ketrampilan membagi pikiran ini. Misalnya aja, jam 8 sd 17 masih ngantor. Ya udah, selama jam itu concern ke kerjaan kantor. Jangan ngelamun kemana mana. Trus jam 17 - 22 waktunya rumah dan anak2. Jadi di jam itu concern ke keluarga. Maen sama anak2. Jangan mikirin kantor terus. Jam 22 - 24 ngurusin bisnis, misalnya. Atau kerjaan kantor yang dibawa pulang. Jadi semuanya dapat jatah dikerjakan. Dengan begitu, semua kerjaan dan tanggung jawab insya Allah selesai. Dan kita ngerjainnya dengan benar dan sekuat kemampuan kita.

Namun tentu saja flexible, gak sa-klek. Kalo lagi jam kantor, terus tahu tahu di telpon dari rumah anak kita jatuh dari pohon. Ya gak bisa juga, kalo kita ngotot pokoke sekarang lagi concern sama kantor. Kebalikannya juga, kalo lagi di rumah, trus tahu tahu di telpon dari kantor ada urusan, sejauh nggak mengganggu ya gak papa dikerjain dulu. Concernnya dipindah dulu sementara. Tapi pathokannya ya itu tadi, sejauh nggak mengganggu concern yang prioritas.

Jadi untuk yang masih ngantor, gak usah terlalu lama merasa bersalah. Gak usah di kantor kepikiran terus sama anak2. Toch kepikiran juga gak akan mengubah situasi kondisi khan. Mendingan waktu, pikiran, dan tenaga yang ada dimaksimalkan untuk mengerjakan apa yang seharusnya kita hadapi saat itu. Sehingga pas masuk waktu untuk anak2, kita juga gak ngerasa bersalah sama kantor.

Untuk anak2, cukuplah Allah menjadi sebaik baik pelindung. (Oops... untuk kita juga denk...). Lha gimana, mo ibunya kuatir sampai kayak apa juga, mo ibunya njagain sampai gimanapun, tetep aja ada saatnya anak lepas dari perhatian kita. Yang gak mungkin lepas, ya perhatian Allah terhadap anak. Jadi ya kita titipkan aja anak kita pada Allah. Tentu tetap dengan segenap usaha dari kita.

Wallohu alam bisshowab.