Tuesday, May 13, 2008

Software POS Anugrah

Software Poin Of Sales Anugrah akhirnya jadi juga, alhamdulillah. Tx to mas Heru yang udah rela dikejar kejar supaya software nya segera kelar.

Ide dan niat pengen bikin software ini muncul karena ketidak puasan akan software yang ada di pasaran. Gak tahu karena kitanya yang pelit gak mau beli yang lengkap, atau yang lengkapnya memang belum ada. Yang jelas sich, udah search dan nanya2, ternyata software yang memenuhi syarat dan dapat disesuaikan dengan system Anugrah belum ada yang cocok.

Tadinya ada yang lumayan cocok, dan ada juga testimoni dari member TDA yang udah pake, katanya bagus. Plus harganya juga murah. Plus lagi, bonus source code. Jadi kupikir, gak ada ruginya lah. Kalopun ada yang perlu disesuaikan, khan ada source code nya, jadi kita bisa utak atik sendiri.

But setelah beli... kita kecewa. Cause cuman ada pembelian dan penjualan. Gak ada inventori. Gak ada laporan rugi laba. Gak ada akun. Aduh... (Oops, katanya sich sekarang udah bisa disambung ke laporan keuangannya, pake patch. Tapi tepatnya gak tahu, kita udah gak nyoba lagi)

Trus pas ngeliat ke source code nya, ampunn.... nyerah dech... source code-nya bener2 gak baku. Hiks... Jadinya software itu ngendon aja di meja, berdebu... :-(

Trus ada software satu lagi yang harganya lumayan. Maksudnya, kalo sesuai sama kebutuhan sich gpp invest segitu. Tapi untuk nyoba dulu... enggak ah. Kebetulan versi trial udah kita download. Dan ternyata memang gak sesuai sama yang kita butuhkan. Cuman sayangnya aku lupa tepatnya dimana gak cocoknya.

Apalagi ada salah satu vendorku yang udah beli software tsb, trus gak dipake. Katanya sich gak bisa ngadopt transaksi retur. Walah !!

Trus adalagi 2 software POS gratisan yang udah kita coba juga. Tetep aja ujungnya sama, ada yang kurang.



Rata2 software itu kalo ada inventory, means gak ada laporan keuangan (gak ada akun, gak ada laporan cash flow, rugi laba, dll). Sebaliknya, kalo ada laporan keuangan, biasanya gak ada pencatatan inventory. Padahal kalo dipisah, berarti kudu nginput 2x. Walah !! Pertama males banget. Kedua, kemungkinan gak sinkron jadi gede. Padahal butuhnya computerize khan supaya sinkron, supaya kondisi di lapangan bisa dicek dan dicocokkan dengan data di komputer. Lha kalo komputernya aja gak sinkron, gimana mo make buat nyocokin yang di lapangan...

Jadinya kita niat banget pengen bikin Software POS Anugrah. Desain dan rancangan form, desain tabel, sudah lama dibuat. Desain sudah kita cek dengan beberapa kondisi transaksi di Anugrah, alhamdulillah, sudah ok (versi desain lho ya).

Trus rancangan akun juga sudah dibuat. Lumayan lama juga buat orang IF untuk belajar tentang akun. Hanya karena ngotot aja, dan semangat nggedein Anugrah, yang bikin kelar belajar akun otodidak. Sampai akhirnya desain software Anugrah supaya bisa ngeluarin laporan rugi laba juga sudah kelar.

Dan alhamdulillah, coding software tsb versi 1 sudah jadi. Software ini bisa menampung tentang inventori (jumlah stock, keluar masuk stock, stock di-off-kan, stock hilang, dll), pencatatan cash flow (bahkan pencatatan semua arus keluar masuk per akun), dan laporan rugi laba. Bahkan karena semua arus keluar masuk dicatat, nantinya kalau dikembangkan sampai report penjualan per merk, atau pembelian per merk, atau pembelian merk apa no berapa yang paling laris untuk periode tertentu, juga sudah bisa. Nantinya lho ya.

Sampai saat ini form standart saja yang sudah dibuat. Form penjualan (termasuk retur), pembelian, pindah barang antar toko, dan biaya. Form tambahan seperti update harga (ganti harga secara rancangan juga sudah bisa lho...), update akun, update barang, akan menyusul segera. Sementara sambil nunggu form tambahan selesai, kita update nya tembak langsung ke database.

Alhamdulillah, paling gak, akhir bulan ini kita sudah dapat ngeliat laba bersih dari perhitungan komputer.

Dan psst... saran dari yang ngoding, pengennya software ini gak usah dijual. Dan juga gak disimpen. Lho ?? Kata suami suruh dikasihkan gratis ke yang butuh. Aduh !! Tadinya aku gak setuju, mengingat buat bikin desainnya lumayan meres kemampuan. Belum belajar tentang akun yang perlu 3 tahun cause otodidak. Dari buku ke buku. Dari nanya satu orang lanjut ke orang yang lain. Trus kubilang juga ke suami, semua system untuk Anugrah tertuang ke software ini. Means kalo ada toko yang systemnya masih blank, dengan pake software Anugrah, bakalan kebantu banget. Nah, kita siap gak, kalo ada toko lain yang pake software kita, trus langsung meningkat pesat ngelampaui Anugrah.



Kata suami sich, gak papa. Toch kita dapat pahalanya. Nah lo !! Kalo udah nyangkut ke pahala, susyah dech.....