Thursday, May 29, 2008

Technic Vs Strategic


Kali ini mo cerita ttg kantor TDB ku. Aku kerja di bagian data, yang kerjaannya -- sebagian besar dan memang hanya -- nyecript. Jadi kerja itu ya bolak balik ngutek ngutek script SQL di TOAD.

Trus... aku ikut pelatihan semacem pengembangan diri, yang ada evaluasi nya. Setelah sekian bulan, muncul hasil evaluasi, yang resumenya mengatakan bahwa aku terlalu teknis. Dan musti diasah supaya bisa berpola pikir stategic.

Dan apesnya, posisiku sudah menthok untuk level teknik. Kalo pengen naik lagi, ya kudu belajar yang strategic itu tadi.

Hmm....ok lah, kalo urusan naik, aku memang gak terlalu pengen. Cause masih banyak prioritas lain yang memang kudu dan wajib diurus, yang kayaknya bakalan keteter kalo aku naik pangkat, hehehe -- ngeles.com.

Cuman... kok berasa gak adil ya....

Soale gini, kata yang ngasih hasil evaluasi, supaya bisa berpola pikir strategic, aku harus tidak hanya menyajikan data, tapi kudu latihan menganalisanya. Kenapa ini turun, kenapa yang itu naik, dst. Lhah... dalam hati kupikir... itu khan ada bagiannya sendiri. Kalo bagianku khan memang tugasnya nyari data. Kalo aku ikutan nganalisa, trus siapa yang nyari data.... That's the first.

Yang kedua, misalnya aja nih, ada 2 orang yang kerjaannya kayak aku. Trus yang satu, rajin kerja. Semua tugas diselesaikan. Nah, karena rajin kerja, jadinya dia juga rajin nyecript (lha wong tugas utamanya nyecript).Walhasil, kalo di-evaluasi, hasilnya kayaknya bakalan muncul : teknikal banget. Sedangkan yang satunya lagi, gak mau nyecript (padahal kerjaan utama nyecript). Biasanya yang dikerjakan adalah ikut rapat, trus bagi tugas -- yang berarti mindahin tugas nyecript ke yang lain. But, karena sering ikut rapat dan jarang nyecript, jadinya pas di-evaluasi, hasilnya : strategic (khan sering mbagi tugas...). Ketangkep gak ? maksudku, untuk di bagianku, ini kayaknya gak adil ya. Yang rajin bakalan ketahan untuk naik, sedangkan yang suka ngoper kerjaan malah kenaikannya lancar. Ya gak ? Atau aku aja ya ? Hehehehe....

Yang ketiga, eng... gak tahu ini ego sama bidangku, atau emang gitu. Kupikir... yach... untuk jadi seorang yang piawai nyecript, tidaklah gampang. Meskipun nyecript, kita sebenarnya juga menganalisa, dan membuat system. Supaya system yang ada jadi computerized. Tapi ternyata ini gak dihargai. Lebih dihargai yang analisa via excell, trus menghasilkan resume dan menjawab HOW nya. Padahal... yach... kalo menurut aku sich... nyecript tuch butuh wawasan dan penglihatan yang luas tentang data. Tapi ya itu tadi, ternyata yang begitu itu masih dinilai teknikal. Syedich yach... Jadi inget, pernah di bidangku ada pegawai baru. Pegawai ini mo dimasukin ke bagian yang nganalisa. Trus kita bilang, sayang kalo ditaruh disana, kerjanya cuman ngutak ngutek excell, ntar kemampuan nyecriptnya ilang. Akhirnya dia ditaruh di bagianku. Kasihan juga dia ya. Kalo tahu ternyata bagian analisa itu lebih mudah naik, gak bakalan dech, nyaranin. Niatnya sich waktu itu memberikan yang lebih baik. Baru sekarang aku tahu, kalo itu ternyata 'menjerumuskan'. Kecuali kalo sebelum mencapi posisi menthok, dia sudah pindah bagian ke yang nganalisa ya.... yach... di-doa-in dech...

Jadi gimana donk ?? Pertama, untung aja, suamiku udah lepas dari urusan nyecript ini. Kalo suamiku ikutan kena, walah... kalimat yang tak tulis nggak kayak gini dech...:-)

Kedua, gimana donk. Gak nyaman khan, kalo yang rajin gak naik naik, trus yang suka ngoper kerjaan malah gampang naik. Hmm... solusinya mungkin setelah jangka waktu tertentu, musti dipindahin ke daerah yang lebih keren... bagian yang menganalisa... yang tahunya data muncul, trus rekap rekap, trus muncullah hasil analisa.... Hmm... kalo memang di nyecript terus bisa mengganjal, bisa dicoba tuch, buat muter orang supaya bisa pindah ke bagian yang nganalisa. Jadi gpp, sementara pindah bagian doank, posisi tetap. Asal pindahnya ke bagian yang nganalisa. Sebagai lompatan gitu.

Cuman, biasanya, nyari ganti orang yang jago nyecript juga susah. Tapi mestinya jangan ditahan karena ini ya.... Cause semakin piawai, bakalan semakin teknikal. Dan semakin susahlah naik.

Tapi dilain pihak, kalo yang pada piawai nyecript pindah ke bagian analisa, trus yang ada di bagian nyecript tinggal orang orang yang tersisa, gimana ya... Khan aliran data di perusahaan jadi gak bagus juga ya... Lieur ah.......

---- yang jadi males liat kodok.....