Tuesday, October 14, 2008

Akhirnya, dek Widad disapih...


Ya, pas lebaran ini, kita berhasil menyapih dek Widad, di usianya yang ke 2 th kurang 4 hari. Pas mo libur lebaran, memang sudah sempet beberapa kali discuss sama suami, kapan nich mo nyapih. Cause sebelum-sebelumnya, kalo nyapih, babynya selalu dipegang penuh sama bapaknya. Jadi gak deket deket aku dulu, sampai babynya mau minum yang lain. Jadi perlu sepakat dulu donk, sama suami, kapan siap mulai nyapih dek Widad.

Trus pas mudik ke Semarang, ngobrol sama mertua. Masuklah ke topik sapih menyapih. Trus mertua cerita, kalo suami disapih sendiri sama ibu mertua. Lho... emangnya bisa, nyapih sendiri ? Bisa, kata ibmer.

Karena mo perjalanan balik ke depok, jadi kita beli banyak susu kotak. Trus selama di mobil, dari Semarang sampai sekitar Brebes, Widad kebawa sama kakaknya, minumnya susu UHT ini. Jadi kepikir, gimana nich, kalo disapih aja sekalian. Mumpung udah setengah hari sama aku dia udah bertahan bisa gak minum. Trus suami nanyain, lha gimana kalo nangis, khan suami lagi nyetir. Kubilang, kata mertua bisa kok, nyapih sendiri. Trus OK, suami setuju. Jadilah Widad mulai disapih hari Kamis, 8 Oktober, di perjalanan Semarang - Depok.

Pas di Cirebon, berhenti makan di pesona laut, trus main pantai sebentar. Gak nyangka, Widad excited banget sama pantai. Sampai dipegangin juga gak mau. Trus duduk di pasirnya. Padahal pantai di pesona laut itu gak bagus. Kotor lagi. Tapi kotor karena manusia. Jadi kotornya karena bekas susu, bekas makanan, dll. Bukan kotor asli dari laut. Jadi masih lumayan lah. Tetep laut gitu loh.

Nah, habis main laut khan capek. Jadinya Widad langsung minum UHT, kayak kakaknya, trus tidur pulas. Sampai depok, khan mo dipindahin ke kamar, udah khawatir aja tuch. Jangan2 bangun trus minta ASI. Alhamdulillah, ternyata tetep tidur pules.

Besoknya... kehebohan dimulai. Widad nangis2 minta ASI. Aduh.... kesihan dech, dengernya. Tapi mo gimana. Kalo dikasih, trus mo disapih kapan lagi. Padahal khan di Al Quran juga disebut, 2 tahun atau kurang dari itu. Jadi ditega-tegain dech.

Sampai Widad guling2 di lantai. Yach... tipe nangis dia emang gitu sih. Aku tungguin aja. Kalo volumenya udah agak kurang, kutanya, ded Widad mau disayang umi ? Sini, disayang sama umi. Minum susu atau teh ? Biasanya sich dia mau, trus minta pangku dan minum susu UHT.

Alhamdulillah, hari ini, udah gak serame sebelumnya. Masih nangis sih, tapi udah gak seheboh sebelumnya. Dan juga gak menyisakan perilaku yang 'aneh'2.

Dan sebagai rewardnya... ntar Sabtu, insya Allah, Widad mo diajak ke Anyer. Sekalian juga reward untuk kak Uthi karena sukses puasa sebulan. Dan reward kak Iva yang sudah tilawah 40halaman selama Ramadhan. Juga reward untuk kak Alya yang sudah tilawah 10 juz selama Ramadhan.

2 comments:

dee said...

Duh, mbak...kenapa gak disapih pelan-pelang aja. Kasian sebetulnya k'lo disapih mendadak gitu. Yang paling bagus dengan cara slow weaning, jadi si anak gak merasa diabaikan dan si ibu jg gak mengalami pembengkakan PD. gitu deh... :-)

Tutut Ve Ha said...

Hehehe... Iya sih. Itu juga sebenernya jauh2 hari udah tak bilangin, ntar kalo udah 2 tahun gak mimik umi lagi. Tapi kayaknya justru karena tak bilangin gitu, dia minumnya jadi tambah kenceng, tambah sering. Trus lagi, kalo mo pelan2, aku juga khawatir ninggalin kebiasaan buruk. Khan banyak tuch, yang sampai gede masih suka mainin atau pegang2 ibunya. Nha... aku gak mau gitu. Tapi alhamdulillah, ternyata umur segitu udah ngerti kok. Bisa lah dibilangin, bahwa di Al Quran itu dibilang minum ASI cuman sampai 2 th...