Monday, March 23, 2009

Review Produk (4) : Ukhti, SIK, Qirani

Sekarang mo ngebahas produk kaos yang dijual di Anugrah ITC Depok dan Anugrah ITC Kuningan. Ukhti produknya adalah kaos muslimah dewasa, kaos ABG, kaos anak, dengan produk barunya gamis kaos. Produk SIK adalah kaos dewasa, dengan produk baru gamis kaos. Sedangkan Qirani produknya kaos dewasa, kaos anak, dan gamis anak.

Dari sisi warna, semuanya bagus. SIK banyak banget variasi warna, mulai warna berani kayak pink terang, warna netral kayak krem, dan warna gelap kayak biru donker. Meskipun warna terang, ternyata warna terangnya SIK banyak penggemarnya juga. Karena terangnya gak norak, tapi malah terlihat chic. Ukhti lebih banyak warna yang netral. Pernah ngeluarin warna orange, tapi aku gak berani ambil, hehehe. Sedangkan Qirani warna netral tapi 'jarang', semacem ungu terong, dll.

Itu pas baru. Setelah sekian lama dipakai dan dicuci, ternyata warna bahan Qirani tetep awet seperti baru. Hanya Qirani juga yang bahannya berasa tebel. Jadi meskipun sebenernya kalo dipake juga gak bikin gerah, tapi jadi berasa gerah karena tebelnya. Just feeling gitu lho. Sementara SIK, dipakainya nyaman, tetapi setelah sekian lama dipakai, warnanya agak berubah. Sedangkan Ukhti dipakai juga nyaman, dan sejauh ini yang kita pakai ada yang gak berubah warna, tapi ada juga yang jadi berkesan 'sudah lama'. Terutama untuk bahan yang berwarna kalem.

Dari sisi pola, Ukhti dan SIK mengambil segmen yang sama : mereka yang ingin kaos yang lebar dan gak ketat di badan. Sedangkan Qirani, lebih ke kaos dengan pola ramping di badan.

Untuk model dan desain, beberapa saat yang lalu SIK sempat mengeluarkan model yang sangat membuat bete, hehehe... maaf ya... Tapi Alhamdulillah, sekarang keluar lagi model yang lebih baru dengan desain yang jauh lebih bagus. Sedangkan Ukhti, tetap bertahan dengan bordir dan sablon yang cantik. Untuk Qirani, still bermain di pecah pola, dan polos tanpa hiasan bordir atau sablon.

Harga...SIK dan Ukti relatif berimbang. Sedangkan Qirani berada di level atasnya. Namun diskon sepadan. SIK dan Ukhti dengan diskon yang berimbang, sedangkan Qirani dengan diskon maximal yang bisa lebih besar.

Masukan untuk SIK dan Ukhti, bisa gak harga itu di-standard-kan, misalnya sablon sekian, bordir sekian. Jadi meskipun untuk 'orang baru', harga gampang diingat. Tinggal ngebedain bordir atau sablon. Masukan untuk Qirani, alangkah bagusnya kalau kaosnya ditambah dengan hiasan bordir, atau bahkan sulam. Karena dengan bertahan di polos, Qirani jadi butuh edukasi customer yang lebih untuk mengenalkan kualitasnya. Sementara biaya edukasi itu lumayan euy, apalagi di masa krisis begini.

Saran untuk yang baru akan mencoba di produk kaos, untuk yang akan membuka segmen baru, Qirani boleh dicoba sambil edukasi pelanggan. Namun perlu diingat, cash flow harus kuat, mengingat ada biaya edukasi. Minimal resikonya barang tidak cepat menjadi uang cash. Untuk yang cash flow -nya harus berputar cepat, mending nyoba di Ukhti atau SIK dulu, khususnya yang produk kaos dewasa. Setelah pelanggan berkembang, bisa dicoba yang lain.

1 comment:

Anonymous said...

Kalau di tempat saya yg laris justru qirani ini mb...kalah ukhti...tp ukhti lbh ringan dari sisi harga n ktnya yg uda make lbh adem...skrg mdl ukhti uda variatif bgt...tp harga skrg imbang aj ma qirani....