Tuesday, May 19, 2009

Ngelanjutin Postingan Adaptasi Rumah

Udah baca ummi edisi terbaru belum ? Disana ada artikel ttg anak2 yang suka menyendiri di dalam kamar. Di artikel itu, tertulis menyendirinya anak karena banyaknya media yang mengasyikkan dan mendukung anak untuk sibuk dengan dunianya sendiri (dengan sarana media yang dimiliki, tentu). Media itu bisa jadi TV, game station, internet, atau HP. Salah satu saja dari media ini dimiliki anak, dapat memunculkan kesenangan bagi anak untuk berdiam dan berlama2 di kamarnya sendiri.

Setuju banget. In my case, semua media itu sudah diletakkan di area publik. Komputer, satu untuk internet dan kerjaan, baik dari sekolah anak2 ataupun kerjaan kantor, dan satu lagi untuk game, CD, dll, tempatnya di ruang publik, dan berdekatan. Untuk menjaga supaya even sedang beraktivitas sendiri2, tapi diharapkan dengan posisi yang dekat jadi tetep ada interaksi antara kakak dan adeknya. Mengingat Al dan Iv memang sudah lebih sering meng-akses kompie yang tugas, sedangkan Mut dan We masih kutak katik di kompie game. Misalnya saja Mut mengalami error dengan kompie-nya, dengan mudah dia tinggal nengok dan nyolek kakaknya buat minta bantuan.

TV... yang ini lebih parah. Kita letakkan di ruang publik, di bawah meja makan. Hehehe. Tempat yang sangat gak strategis buat nonton. Soale memang TV-nya disediakan buat para mbak, dan para mbak sering makan malemnya lesehan disitu. Jadi Alhamdulillah, sangat mengurangi keinginan kita buat ikutan nonton.

HP... jelaslah... padha belum punya. Aku belum berani ngasih. Paling nebeng HP ku aja.

Cuman ya itu, ternyata tanpa semua media itu di kamar, anak2 (dulu) tetep asyik di ruangannya sendiri2. Meskipun ruangan itu bukan kamarnya. Ada yang asyik baca. Ada yg asyik komputer. Ada yg asyik maen. Tapi semuanya sendiri2 dan kayak gak ada interaksi.

Alhamdulillah, setelah postinganku yang dulu itu, anak2 skrg jadi lebih ber-interaksi. Jadi lebih sering bareng2. Jadi lebih terasa kedekatan kakak beradiknya. Jadi memang, whatever penyebabnya, kedekatan antar anggota keluarga kudu tetap dibangun. Sedikit problem yang muncul di keterikatan keluarga, sebaiknya segera dibenahi, sebelum makin membesar. Kita khan pengennya semua anggota keluarga merasa tempat istirahat yang paling baik adalah di rumah. Pengennya rumah itu berasa home, dan bukan house.

No comments: