Monday, June 22, 2009

Melankolis Sempurna

Masih ingat personality plus yang ada 4 macem ? Salah satunya melankolis sempurna. Ya, melankolis yang ingin semuanya sempurna, tapi mengakibatkan dia tertekan dengan ketidaksempurnaan yang ada dimana-mana.

Bukan berarti melankolis sempurna itu jelek, jahat. Nggak. Dia hanya diberi ujian yang lebih besar, dengan karunia sifat dasar sebagai si sempurna. Dan di rumahku ada dua yang melankolis sempurna. Dua, kalau Widad (semoga) bukan melankolis sempurna. Ada tanda2 sih, tapi kayaknya gak sampai separah Iva.

Ya, Iva, anak kedua kami, melankolis sempurna. Itu sifat aslinya, sejak bayi, hehehe. Pas bayi, pada saat belum bisa ngomong, kalau sedang tidur dan posisinya dirubah, dia nangis. Gede dikit, PG kecil, kalau menurut dia gurunya kurang sempurna dan belum minta maaf, dia akan cemberut sama gurunya. Terus aja cemberut sampai gurunya minta maaf. Gede dikit lagi, TK, dia akan memukuli mulutnya sendiri kalau baca doa tidur gak sempurna karena sesuatu hal -- batuk, misalnya. Juga doa makan, dan doa doa yang lain. Sampai kakak dan ortuku heran, kenapa sih... kok kalo gak slesai baca doa dia mukul2 mulutnya sendiri.

Tapi itulah Iva -- Khodijah yang benar dan lurus. Makanya dikasih Allah sifat asli sempurna, hehehe...

Kalo mau tidur, dia memasang selimut harus terpasang tepat dan lurus memenuhi kasurnya, gak boleh ada yg terlipat, meskipun nanti bakalan morat marit kemana2. Kalau pulang sekolah gak boleh terlambat dibukain pintu, cause itu sudah masuk kategori gak sempurna. Efek bagusnya... kalo belajar di sekolah, dibilang harus concern gak boleh ngobrol, jadinya ya dia concern beneran dan gak ngobrol samsek di sekolah. Hasilnya udah keliatan, dia juara 1 paralel dari kelas 1 sampai kelas 3 ini. Dan hasil lain, gurunya complain ke aku, katanya Iva gak pernah bisa ngobrol sama temennya di kelas. Pas tak confirm ke Iva, jawabannya : lho... kata bu guru khan gak boleh ngobrol di kelas... So perfect, right ?

Kalo di buku, kalo gak salah -- maklum, bacanya udah lama, yang perlu diperbaiki dari orang melankolis antara lain menerima ketidak sempurnaan dari sekeliling. Jangan memasang target atau harapan terlalu tinggi. Ntar banyak kecewa. Trus kata buku itu juga, orang melankolis sering merasa sekelilingnya gak sayang sama dia, gak care sama dia. Dan dia berusaha ngebuktiin bahwa dugaannya itu bener. Di Iva, case ini diaplikasikan dengan... tetep pura2 tidur meskipun sudah bangun. Dia minta dibangunkan 'dengan sempurna'. Kalo gak, dia menganggap berarti memang kita gak sayang dia. Dan dengan anggapan itu, dia sukses memulai hari dengan bersedih, tertekan, dan cemberut, karena merasa gak disayang.

Orang kedua yang melankolis sempurna adalah Mbak Tik, mbakku di rumah yang ngurusin semua kerjaan rumah. Tiap ada temen buat ngebantu urusan rumah, dia gak ngerasa nyaman. Karena dia ngerasa gak ada yang bisa kerja sebaik (baca : sesempurna) kerjaannya. Dan temennya juga gak ada yang berasa nyaman, karena tiap ngebantuin dia, selalu aja dibilang salah. Contoh kecil, dia ngebantuin njemur, kalo baju yang dijemur kelipet sedikit, dia udah dimarahin, disalah2in. Semua harus bener2 perfect sesuai gayanya mbak Tik. Begitu juga untuk semua urusan yang lain. Kalo masak, kompor harus sampai kinclong. Nyapu, debu harus bener2 habis. Jendela harus dilap bersih2, dst.

Akhirnya suatu hari, mbak Tik tak ajak ngobrol. Kebetulan ada satu contoh melankolis sempurna yang sudah usia tua di sekitar kami. Tak tunjukkan ke mbak Tik, bahwa begitulah melankolis sempurna itu. Berharap semuanya sempurna. Tidak bersedia menerima pemakluman, apapun alasannya, meskipun untuk hal2 yang sepele dan sangat mungkin untuk dimaklumi walaupun tanpa alasan. Tak kasih tahu juga bahwa Iva, yang kata mbak Tik kadang2 susah karena sering ngambek, ya sebenernya ngambeknya itu karena dia menuntut semuanya sempurna. Karena dia melankolis sempurna.

Trus tak tunjukin juga buku personality plus. Tapi khan gak mungkin kalo mbak Tik baca sendiri. Alhamdulillah, dikasih ide : minta Iva yang baca tentang melankolis sempurna. Apa kekurangannya. Apa yang harus dilakukan, dll. Trus minta Iva nerangin ke mbak Tik. Jadi sekalian, mbak Tik jadi tahu, Iva juga jadi faham.

Alhamdulillah, makin kesini, taraf Iva menuntut kesempurnaan dari orang lain makin berkurang. Dia makin bisa memaklumi kondisi sekitar. Makin memahami bahwa dunia ini beragam. Semoga Iva, mbak Tik, tetanggaku yang melankolis sempurna, dan orang2 yang dianugerahi sifat melankolis sempurna oleh Allah diberi kemudahan untuk dapat melihat dunia dengan lebih sederhana dan mengurangi beban dan tuntutan yang selama ini dirasakan. Amien.

4 comments:

sandra said...

whuaah..tiap anak karakternya beda-beda ya mba..
hehe klo yang lainnya gimana?mesti berguru nih ke mba tutut menghadapi dan memahami karakter anak

Tutut Ve Ha said...

Ya iyalah mbak. Kalo sama semua, ntar kitanya yang bingung ngebedain, hehehe

Husna said...

mba...ini jawaban nya.. anakku no 2 juga gitu ... kok yo pas yang no 2 juga ya .. apa ada kecenderungan anak no 2 yang jadi demikian ? ada korelasinya gak ? Soale dulu aku kecil juga begitu .. kata ibu .. masih kebawa juga sebagian sampai sekarang ..

Tutut Ve Ha said...

Anaknya mbak Dyah yang melankolis sempurna juga nomor 2 :-)
Tapi kayaknya gak ada hubungane sama anak keberapa dech, secara anakku ke-4 juga ada kecenderungan, meskipun gak banget kayak Iva. Kalo karena ngikutin ibunya, bisa jadi tuch... hehehe