Thursday, July 2, 2009

Hanya Wanita yang boleh baca

Oops... sebelum meneruskan baca, jujur aja dulu, wanita bukan ? Kalo bukan, stop dulu ya, mengingat yang mo dibahas memang urusan wanita. Silahkan langsung aja lanjut ke postingan yang lain, atau dipersilakan ninggalin komentar aja, biar rame dikit gitu lho... :-)
Cause postingan kali ini mo ngebahas haidh untuk mereka yang berangkat haji atau umroh. (Psst... gak ada cowok khan ?) Ternyata banyak case yang sama, dan pertanyaan yang sama. Secara, haidh pada saat ramadhan aja kita sering bingung mo ngapain, apalagi pas haji dan umroh. Ya gak...

Tausiyah yang kudapat, haidh itu pemberian dari Allah. Asli, pemberian dari Allah, hak prerogatif Allah untuk menentukan kapan memberikan haidh dan kapan menghentikannya. Percaya gak ? Gak pernah ada khan, seseorang -- dokter sekalipun -- yang bisa menentukan kapan kita akan haidh, atau kapan kita akan selesai haidh. Bahkan dokter terhebat sekalipun, untuk menentukan kapan mulai dan selesai haidhnya dia sendiri juga gak bisa. Padahal udah dokter terhebat, trus badan sendiri lagi.

Case lain, pernah gak haidhnya gak bener ? Keluar sedikit sedikit ? Trus ngerasa susah menentukan sholat atau enggak gak ? Kalo ke dokter, dokter juga susah menentukan apakah itu darah haidh atau penyakit. Buat aku, ini membuktikan kalo haidh itu memang hak Allah. Allah sendiri yang menentukan kapan mo ngasih haidh dan kapan stopnya.

Maybe ada yang complain, tapi khan bisa diprediksi kapan akan haidh lagi dan kapan selesainya ? Itu khan prediksi, yang bisa dibuat karena Allah ngasih siklus yang teratur. Coba kalau misalnya, haidh terakhir aja, Allah ngasih siklus yang gak biasanya. Bisa gak kita prediksi siklus berikutnya lagi ?

Trus apa hubungannya sama haji dan umroh ? Haji itu sarana pembersihan diri yang tertinggi. Jadi tentu saja, ujian pada saat haji itu gede, termasuk ujian keikhlasan kita untuk menerima apa saja yang diberikan Allah. Salah satunya ya haidh itu. Seperti juga kalo kita sakit, kehilangan, dll. Dan yang sebaiknya kita lakukan bila mendapat ujian atau cobaan, adalah dengan menerima bahwa itu ketentuan Allah, dengan meng-ikhlaskannya. Termasuk haidh.

Tentu kita tetap berusaha supaya bisa memaksimalkan waktu untuk ibadah. Jangan lupa berdoa terus supaya haidh segera selesai, supaya bisa beribadah lebih maksimal. Karena balik lagi, yang bisa memberi dan menghentikan hanya Allah. Jadi kenapa gak minta pada-Nya ? Dan kalo ternyata masih belum berhenti, kita masih bisa memaksimalkan ibadah yang lain. Karena toh rukun haji yang gak boleh dilakukan 'cuman' tawaf.

Banyak yang mencoba mengubah hak prerogatif tersebut dengan mengkonsumsi obat. Namun banyak kasus, mereka yang mengkonsumsi obat justru menemui haidh nya gak jelas, bisa lama sekali, bisa sedikit sedikit tapi muncul terus sehingga sholatnya ragu, dll. Khawatirnya malah konsentrasi jadi pecah sibuk ngurusin si tamu bulanan ini. Efeknya, ibadah yang dilakukan jadi gak maksimal, karena konsentrasi pecah. Jadi buatku, mendingan pasrah aja, berdoa, trus tetep konsen sama ibadah yang tetep bisa dijalankan. Ya gak...

2 comments:

teh inda said...

kalo dipikir-pikir bener juga ya...
tapi ngelakuin nya susah nya dah kebayang....
apa lagi nyampein lagi ke orang lain... hehe...
tapi bener juga, mungkin memang perlu dicoba diajalani ujian tersebut.. Semoga saja diberi kekuatan Amiin.

Tutut Ve Ha said...

Betul banget teh, itu yang terjadi pada saya dulu. Biasanya tanggal tamu bulanan gak pas jadwal tawaf. Tahu2 sebulan sebelum haji tamu rutin ganti schedule. Padahal pesawat balik ke Jkt hari 4 melempar jumroh. Alhamdulillah, malem menjelang tawaf, tamu bulanan 'diselesaikan' Allah SWT. Semoga dikuatkan teh, plus takut dan harap sama yang Ber-Kuasa. Amien.