Thursday, July 16, 2009

Sungguh - sungguh

Barang siapa yang bersungguh sungguh, maka akan ditunjukkan jalannya oleh Allah SWT. Jadi untuk menemukan jalannya, menemukan subulana, syaratnya harus dengan bersungguh sungguh. Dan ini berlaku untuk semua bidang kehidupan kita.

Anggap aja perkara yang remeh, urusan sapu menyapu rumah. Untuk orang yang 'asal sudah nyapu', maka ilmu bagaimana menyapu supaya bersih gak bakalan nyampe ke dia. Tapi untuk orang yang memegang sapu karena memang ingin supaya rumahnya bersih, dan dia bener2 mengusahakannya, maka Allah akan memberinya ilmu bagaimana supaya bisa menyapu dengan cepat dan hasil yang bersih.

Al yang belajar matematika, kalo dia sungguh2 belajarnya, dan sungguh2 latihan ngerjakan soal, maka Allah yang akan menunjukkan jalan. Ujug2 Al bisa, padahal dengan soal yang berbeda. Allah lah yang meng-ilhamkan caranya.

Ya, cara yang diberikan Allah ini, kadang kita sebut ilham. Atau kadang kita ngerasa 'ujug2' kok bisa ya... Disitulah tangan Allah berperan. Pertolongan Allah muncul dengan ditunjukkan-Nya jalan, setelah kita bersungguh sungguh dalam menempuh dan mencarinya. Kita ngerasanya ujug2. Padahal enggak. Ada proses yang lama yang telah kita lewati dengan bersungguh sungguh.

Saat berbisnis, kita kepenthok berbagai persoalan. Tapi trus kita bersungguh2 untuk terus menyelesaikannya. Kepenthok lagi, selesaikan lagi. Masalah lagi, diselesaikan lagi. Dst. Sampai suatu saat, Allah melihat kesungguhan kita. Dan tarrraaa.... jalan untuk berbisnis terbuka luas untuk kita. Dengan kata lain, jalan untuk sukses berbisnis telah dibukakan Allah untuk kita.

Satu sample lagi, aku ngerasa susaaahhhh banget tilawah sejuz sehari. Aduh... susyah banget ngatur waktunya. Ngatur ngantuknya. Ngatur anak2, dst. Di benakku sebenernya aku tahu, kalo aku masih belum bisa, itu sebenernya karena aku belum bersungguh-sungguh ngusahakannya. Karena kalo aku udah bersungguh sungguh, Allah pasti membukakan jalan-Nya. Allah yang akan ngasih tahu caranya. Karena khan Allah sudah berjanji, siapa yang bersungguh sungguh akan dibukakan jalan. Dan janji Allah pasti benar.

Gitu. Jadi kalo ada yang kita ngerasa belum bisa, jangan nyerah. Itu 'hanya' karena kita kurang bersungguh sungguh, sehingga jalannya belum dibukakan Allah. Atau... jangan2 kesungguhan kita itu belum pas di jalan yang diridhoi Allah...

== Penafsiran bebas dari orang awam untuk QS 29, Al Ankabut : 69, "Walladzina jahadu fina lanahdiyannahum subulana". Dan siapa yang bersungguh sungguh untuk mencari keridhaan Kami, maka akan Kami tunjukkan jalan2 Kami.

Gambar diambil dari sini

1 comment:

Husna said...

jazakillah khoir ... jadi dapat "cling"lagi ...