Wednesday, October 14, 2009

Panas

Iya euy, Widad panas. Udah dari jumat sih. Tapi jumat itu masih gpp. Anget doank. Cuman biasalah, kalo sabtu ahad, jadwal bapak ibunya padet det. Dan anak2 khan pada gak mau ditinggal. Jadi ngikut aja terus. Hasilnya bisa ditebak, ahad sore dia mulai panas tinggi.

Tapi anaknya tetep aktif, gak rewel. Meskipun memang jadi letoy gitu. Lemes. Diem2 doank. Tapi makan masih mau. Jadi ya udah, kita kasih obat turun panas aja, tiap 3 jam dikasih satu. Trus tpaksa gak ngantor dech.

Ada temen yang nanya, udah ke dokter belum. Hmm... as far as I know, untuk sakit panas, dibawa ke dokter kalau udah melewati 72 jam. Apalagi kalau anak gak rewel, mendingan ditangani di rumah dulu, sama ortunya. Aku memang rada ngerasa gak nyaman, kalo ngebawa anak ke rumah sakit buat berobat. Soale berapa kali kejadian, sama dokternya langsung dikasih berbagai antibiotik. Kalo gak langsung disuntik ini itu, dites lab ini itu.

Dulu aja, pas mo ngelahirin Uthi, dengan kondisi sangat sehat, dan malah ditakut2i dokter buat segera rawat inap, akhirnya kita masuk juga ke UGD. Eh... langsung dipersiapkan untuk operasi. Pas kutanya, jawabannya ya persiapan aja, kali' aja ntar operasi. Iihh... gondok banget dech. Soale kondisiku sangat baik baik saja, lha wong sehari sebelumnya masih ngantor. Dan riwayat melahirkan juga semuanya normal, gak pake apa2.

Dan memang pernah juga, Widad panas tinggi. Udah hampir 3 hari, panasnya belum turun. Widadnya memang kelihatan lemes juga, tapi gak ada tanda2 dehidrasi. Masa tenggang 72 jam juga belum lewat. Akhirnya di jam jam terakhir kita tungguin. Alhamdulillah, jam ke 69 atau 70 panasnya turun. Dan Widad ceria lagi.

Jadi sekarang, kalo anak2 panas, saya sama suami langsung menghitung dan mengingat, kapan tepatnya panasnya mulai. Dan kapan 72 jamnya bakalan habis. Cause sebelum 72 jam itu, kami jauh lebih prefer untuk merawat sendiri.

Dan Alhamdulillah, selasa sore kemaren, Widad udah normal suhunya. Udah ceria lagi. Dan rabu pagi ini, untuk pertama kalinya, dia mandi lagi. :-) Tapi ternyata... ada yang kesetrum. Panasnya jadi nyetrum, pindah ke Uthi. Jadi mulai lagi dech, kita menghitung siklus 72 jam buat Uthi. Tapi semoga dia bisa lebih cepat sembuh, mengingat Uthi doyan makan.

No comments: