Wednesday, October 14, 2009

Update Anugrah Ramadhan 2009 dan Setelahnya

Udah lama pengen nulis, tapi binun, kayaknya temanya belum cukup gede buat ditulis. Belum cukup buat jadi satu postingan. Padahal sebenarnya banyak tema, tapi kecil kecil... Kalo disatuin, ntar gado gado donk, gak enak dibaca. Jadinya yach... even sedikit, gpp lah ya. Lumayan buat update informasi.

Anugrah ITC Depok, Alhamdulillah, tahun ini masih cukup bagus. Tapi sejujurnya, hasilnya di bawah prediksi kita. Tapi tetep aja Alhamdulillah. Karena ternyata toko kiri kanan banyak yang lebih parah omsetnya. Anugrah ITC Depok, Alhamdulillah, dapat mencapai omset yang kurang lebih sama dengan omset lebaran tahun lalu. Ini buat kami sudah sangat bagus, meskipun yach... prediksi memang tadinya melebihi.

Tapi mengingat info dari tetangga toko kanan kiri. Trus info dari TV tentang penjualan C4 yang juga anjlok di ramadhan tahun ini. Trus info dari temen2 lain yang katanya toko disini dan disana anjlok penjualannya, even di Ramadhan. Lepas dari semua judgement yang disampaikan masing2, untuk case Anugrah, kita masih sangat bersyukur, karena minimal omset masih kurang lebih dibanding omset lebaran tahun 2008.

Dan maaf... banget, kita masih ngomongnya 'kurang lebih', dan belum bisa ngasih angka real. Karena pencatatan komputer masih dalam proses. Sedangkan yang jadi pegangan sementara, adalah pencatatan omset manual. Yang buat analisa sementara mencukupi, tapi ya itu, buat ngomong angka masih belum PD. Insya Allah kalau yang komputerize udah selesai, akan kita infokan lagi berapa persen tepatnya peningkatan penjualan yang terjadi. Cause meskipun 'kurang lebih', tapi tetep naik, meskipun sedikit.

Sedangkan Anugrah ITC Kuningan, Alhamdulillah, cukup ramai sehingga kita harus menambah 1 karyawan sementara, untuk membantu 2 karyawan yang sudah ada. Insya Allah, dengan melihat kondisi pada saat ramadhan kemaren, ke depannya kami cukup optimis dengan Anugrah ITC Kuningan.

Kondisi stock, Alhamdulillah, persediaan kita relatif tepat. Sehingga stock untuk di Anugrah ITC Depok dan Anugrah ITC Kuningan masih ada persediaan, meskipun terbatas. Sedangkan stock di rumah hampir bisa dibilang ludes. Jadi stock yang di toko memang sengaja kita sisakan sedikit, karena biasanya toko sudah buka, namun produsen masih libur cukup lama. Tahun2 yang lalu, terpaksa setelah lebaran Anugrah belanja stock lama, karena kondisi produsen yang belum aktif lagi.

Anugrah ITC Depok saat ini Alhamdulillah, sudah muncul cukup banyak pembelian. Penjualan setelah lebaran didominasi dengan jilbab dan baju karakter Mufida, kemudian baju renang, trus kaos dewasa di urutan berikutnya. Untuk baju anak tetep ada yang keluar, hanya berada di urutan bontot. Keluar, tetapi relatif jarang.

Untuk Anugrah ITC Kuningan, karena beberapa hal, kami memutuskan untuk tidak membeli dan tidak meneruskan sewa kios yang C13/6. Asli, sebenernya sayang... banget. Karena kios itulah yang membuat kami tertarik untuk buka di Lt 4 ITC Kuningan. Tapi yach... hasil discuss sama suami, kita udah sepakat untuk concern di ITC Kuningan Lt 4 C6/7. Satu kios. Dan karena satu kios, banyak hal yang bisa kami hemat. Pertama, biaya karyawan, karena untuk sementara ini, karyawan bisa satu saja dulu. Ke depan tentu saja akan kami pertimbangkan untuk menambah karyawan. Penghematan kedua, biaya service charge, yang selama ini cukup besar karena 2 kios, jadi bisa terpotong hampir setengahnya. Dan selain penghematan, kita juga dapat keuntungan karena jumlah rak yang bertambah. Hmm... khusus yang ini, agak panjang kalo diterangkan. Jadi gak usah aja ya...

Dan karena kios C13/6 itu gak jadi kita ambil, jadinya available buat temen2 yang berminat. Kalau menurut kita, insya Allah, posisinya sangat 'lumayan'. Pas Ramadhan kemaren aja, sebenernya cukup banyak yang udah mo ngambil kios ini. Cuman waktu itu masih kita tahan, jadi gak ada yang bisa ambil. Apalagi kalo ngeliat kondisi sekitar Anugrah ITC Kuningan sekarang yang jauh lebih hidup. Dulu itu, pas kita pertama buka disana, wuah, sepiiiii banget. Sekarang Alhamdulillah, sudah banyak kios yang buka juga. Sudah cukup rame. Kemaren saya nengok kesana, yang jalan ke area tersebut sudah cukup lumayan, apalagi mengingat kondisi setelah lebaran. Yang berminat monggo ya... bisa langsung berhubungan dengan marketing ITC Kuningan.

Apalagi ya... Kayaknya udah itu aja. Setahun ke depan, sepertinya Anugrah sedang tidak berniat untuk melebarkan sayap di kios. Belum akan menambah kios. Sampai ramadhan tahun depan, insya Allah, Anugrah akan mengasah gergaji di penjualan grosir. Insya Allah akan kita sharing disini juga, kalau ada hikmah yang bisa kita postingkan...

No comments: