Tuesday, November 3, 2009

Test Produk

Sebelum dijual ke konsumen, biasanya semua brand yang ada di Anugrah kita test dulu. Test sederhana sih, dan gak pake teori.

Test pertama, biasanya untuk produk dan brand baju anak2 kita cobakan dulu ke anak2 ku. Gimana komen mereka. Kadang ada yang gak lolos karena panas, gak nyerap keringat. Ada juga yang modelnya mereka ngerasa gak sreg. Nah, kalo udah gitu, aku gak brani ambil produk itu buat dijual di toko. Lha kalo aku sendiri gak yakin dengan kelebihan produk, gimana mo ngeyakinin customer buat beli, ya khan...

Ada juga brand yang udah lolos tes untuk produk anaknya. Terus brand itu ngeluarin produk baru untuk dewasa. Nah, kita coba lagi aja yang dewasanya. Gimana nih. Kali ini, kelinci percobaannya terpaksa aku sendiri. Lha gimana, mosok dicobain ke anak2, jelas mereka gak mau khan... Untuk tes di aku, selain enak dipakai, nyaman, gak gerah, model, warna, dan satu lagi : harga. Karena harga ini juga menentukan. Kalo produk bagus, tapi ternyata harganya terlalu mahal untuk produk di level yang sama, ya bakal susah bersaing khan... Kebalikannya, produk mungkin gak terlalu awet, warna cepet berubah, tapi untuk level harga yang sama, ternyata produk ini yang mutunya terbaik, ya tetep kita ambil.

Nha, itu tes tes di tahap awal sebelum dijual ke konsumen. Namun setelah kita lempar ke pasar, ternyata tetep kudu dipantau. Pantauan pertama, pas pertama kali dijual, jalan gak, ada yang laku gak. Seberapa cepat. Pantauan kedua, setelah sekian bulan, gimana progress penjualan produk itu. Tetep, meningkat, atau turun.

Kadang untuk produk yang bagus dan lumayan mahal, produk di awal2 susah keluar, yang kejual cuman dikit2 banget. Tapi begitu mereka percaya sama produk itu, gak susah lagi kita mengedukasi, otomatis mereka mau produk yang sama dan bersedia membayar harga yang lumayan mahal. Gak ribet lagi sama tawar menawar dan pilih memilih. Cause mereka udah percaya.

Ada lagi jenis kedua, yang di awal lakunya cepet banget, tapi setelah sekian bulan penjualannya menurun. Ini bisa jadi karena konsumen gak puas dengan produk yang dibeli. Jadi pas di awal terjual cepat, mungkin karena konsumen tertarik dengan harga yang murah, model yang bagus, warna, dll. Tetapi setelah produk dipakai, karena banyak hal, ternyata banyak konsumen yang kecewa. Akibatnya jadi gak ada pembelian ulang. Produk jenis ini, Alhamdulillah, sejauh ini gak ada di Anugrah. Kalopun ada, sebaiknya segera ditarik dari peredaran, daripada mengganggu stock di toko.

Jenis ketiga, yang lolos test di kita, tapi ternyata respon pasar gak sama dengan respon kita. Dari awal penjualannya seret. Sampai beberapa bulan tetep seret. Untuk produk kayak gini, ya terpaksa, gimana lagi. Hanya ada satu action : tarik, jual obral. Daripada kelihatan banyak di toko, tapi ternyata banyaknya itu penuh dengan produk yang gak muter...

No comments: