Tuesday, November 20, 2012

Sepuluh kelompok...

Suatu hari sahabat-sahabat Dzun Nun mendapati beliau sedang menangis.

"Mengapa engkau menangis ?" kata mereka.

Kemarin malam ketika bersujud di dalam sholat, mataku tertutup dan akupun tertidur. Terlihat olehku Allah dan Dia berkata kepadaku :

Wahai Abul Faiz, Aku telah menciptakan semua makhluk terbagi dalam 10 kelompok. Kepada mereka Aku berikan harta kekayaan dunia. Semua berpaling kepada kekayaan dunia kecuali satu kelompok.

Kelompok ini terbagi pula menjadi sepuluh kelompok. Kepada mereka Aku berikan surga. Semuanya berpaling kepada surga, kecuali satu kelompok.

Kelompok ini terbagi pula menjadi sepuluh kelompok. Kepada mereka Aku tunjukkan neraka. Semua lari menghindar kecuali satu kelompok, yaitu orang-orang yang tidak tergoda oleh harta kekayaan dunia, tidak mendambakan surga, dan tidak takut pada neraka.
Kepada mereka Aku bertanya, "Apakah sebenarnya yang kalian kehendaki ?"

Semua menengadahkan kepalanya sambil berseru, "Sesungguhnya Engkau lebih mengetahui apa yang kami kehendaki.

 == Cuplikan dari buku Warisan para Awliya, karangan Fariduddin Al Attar, hal 120.

2 comments:

weather station said...

nice article deh

Tutut Ve Ha said...

Tx ya @Weather Station...