Thursday, June 5, 2008

SW POS Anugrah

Mohon maaf untuk rekans yang sudah menyampaikan minat untuk memakai software POS Anugrah rancangan dan buatan team Anugrah. Bukan, bukannya gak jadi digratiskan. Tapi system tersebut sedang disempurnakan. Kalau gak sempurna, minimal ya diperkaya lah...

Sementara ini, software tsb sudah diuji coba untuk penjualan bulan Mei. Termasuk apabila ada retur, ada diskon, alhamdulillah, sudah terakomodasi. Pembelian sebenarnya sudah bisa juga, cuman belum mulai dicoba. Pertimbangannya karena concern kita di bulan Mei masih supaya software dapat mengeluarkan laporan rugi laba. Sedangkan kalo menu pembelian lebih ke cash flow dan inventory. Sementara ini cash flow dan inventory yang kita pake memang masih dummy dulu. Ya itu lah... cause kita mo concern dulu supaya software ini bener2 bisa ngeluarin laporan rugi laba yang real.

Selain itu software Anugrah juga sudah sukses untuk memasukkan biaya per item biaya. Karena biaya khan urgent buat ngitung rugi laba. Gimana bisa ngeluarin angka profit kalo biaya belum kecatet. Ya gak...

Dan alhamdulillah, dengan sedikit query, sudah dapat mengeluarkan laporan rugi laba sesuai periode yang diinginkan. Jadi clear, laporan rugi laba kami di bulan Mei sudah bisa keluar dari software POS Anugrah. Baik omset, gross profit, ataupun net profit.

Tapi balik lagi, ada beberapa yang masih main di query, atau nembak langsung ke database. Jadi kalo mo diserahkan ke orang lain, kita khawatir bikin kecewa. Makanya pengen diperkaya dulu. Meskipun kalo buat kita udah powerfull. Ya iyalah, khan kita yang ngerancang. Kita yang tahu gimana ngeluarin data datanya kalo langsung ke database.

Misalnya aja laporan rugi laba itu, belum pake format tampilan. Jadi masih pake query di mode desain nya Access. Trus kalo mo ngubah harga, juga sedang dikerjakan formnya. Sementara ini ya update langsung ke database. Mo nambah barang, juga masih via dabatase. Trus apalagi ya...

Hmm... ada yang menarik banget buatku. Di software itu juga sudah bisa mengakomodir nama pembeli, no telp, dan dan ngedaftar pembeliannya. Jadi kalo mo dibikin nilai pembelian per pembeli. Atau diskon untuk pembelian yang sudah mencapai sekian rupiah, sudah bisa. Canggih khan ?

Tapi ya itu... masih pake database nya. Kecuali yang sudah saya sebut di atas -- menu penjualan, pembelian, sama biaya -- yang sudah ok. Lainnya, ya masih main di database.

So, bsabar ya. Qt usahakan setelah lebaran sudah bisa kelar dan tampil cantik.