Tuesday, February 10, 2009

Humidifier

Humidifer -- pelembab udara. Pertama kali ketemu kata ini dari temen, oleh2 dari seminar sehat. Jadi seperti sudah sering kita denger, penyakit flu itu gak ada obatnya. Cukup pake humidifier aja, trus tunggu aja sampai sembuh. Humidifier yang pertama kali aku kenal adalah : air panas ditaruh di ember, trus dituangi beberapa tetes minyak kayu putih.

Itu juga yang aku lakukan dulu. Dan lumayan rajin. Alhamdulilllah, efeknya berasa. Anak2 jadi jarang pilek dan batuk. Tapi... karena pake ember dikasih air panas, bau minyak kayu putihnya jadi cepet ilang. Kita udah coba akalin dengan menambah air panas. Juga menambah minyak kayu putihnya. Tapi tetep aja, gak beda jauh.

Trus, pas suami ke Bali, kebetulan liat oleh2 aromaterapi ala Bali. Harganya juga gak mahal. Setelah aromaterapinya habis, alatnya dipake untuk humidifier. Jadi tempat oilnya diganti dengan air panas plus minyak kayu putih. Lumayan sih. Tapi... trus suami bereksperimen lagi. Biasalah... Gak tahu gimana, malah berakhir dengan 'kebakaran' lokal, hehehe... Sempet panik juga loh. Untung deket kamar mandi, jadi bisa segera disiram.
Trus suami experimen lagi pake alat aromaterapi-nya Bel Air. Wualah... gatot - gagal total. Kebakaran lokal terjadi lagi. Sampai hangus tuch, keramik-nya.

Gak berapa lama, kita jalan ke index. Lho... kok ada barang yang mirip banget nich, sama alat aromaterapinya Bali. Harganya juga murah. 30 ribu doang. Apalagi dibanding sama kegunaannya. Tapi kita masih rada khawatir sama keamanannya kalo dipake buat humidifier. Secara, dibuatnya untuk aromaterapi.

Trus kita coba aja. Alhamdulillah, setelah sekian bulan, tyt aman2 aja. Jadinya kita beli lagi buat ortu. Lengkap dengan peralatan pendampingnya. Ortu yang tadinya pilek berat, alhamdulillah, sembuh. Anak2 juga jadi jarang flu. Tapi ya itu, begitu kita males masang, apalagi pas musim hujan gini, kena lagi dech...

Jadi kalo pas ada yang mulai berasa flu, biasanya kita pasang pas mo tidur sama pas bangun tidur. Masing2 satu lilin doank. Tapi kalo pas kondisi seger, palingan sekali pas mo tidur aja. Lilinnya bisa dibeli di index juga, 700 rupiah satunya. Atau di Makro, 400 rupiah satu. Tapi biasanya dijual paket sekian pcs. Bisa dicari di peralatan ultah. Minyak kayu putih yang jumbo, 33 ribu. Sebulan bisa 3 botol, kalo makenya pagi dan malem. Jauh lebih murah daripada aromaterapi khan... :-)


Jadi di bagian atasnya, kita tuang air panas, supaya langsung muncul uap. Setengahnya lah. Trus kita tuangi minyak kayu putih, setengahnya lagi. Air panas sama minyak nya jangan terlalu sedikit ya. Soale bahaya kalo lilin masih menyala, tapi air sudah habis. Kalo airnya penuh, biasanya pas dengan ukuran lilin. Jadi pas lilin habis, pas airnya juga tinggal dikit. Kayak yang di gambar tuch, itu kondisi lilin nya udah mau habis. Udah hampir sejam dipasangnya. Kalo airnya udah, trus dinyalain dech lilinnya, dimasukin ke bawah tempat air. Trus dihirup rame2. Hmm... legaaa....
Murah, sehat, wangi, tanpa efek samping, dan rame2 dihirup sambil ngapalin atau ngaji. Segaaarrr....

3 comments:

C@nno said...

Humidifier....
kalo buat di kamar baby gmn y, Bu?
boleh ga y kira2 ?
keponakan sering bgt FLU, maklum faktor cuaca kl y
Thanks infonya

Tutut Ve Ha said...

Insya Allah gak papa pak. Saya dapat ilmu ini juga dari milis sehat, yang nota bene pengasuhnya Dr Purnamawati, dan anggotanya juga banyak yang spesialis anak. Cuman memang di milis itu masih pake ember air panas sih. Dicoba aja pak. Kalo khawatir, bisa dicoba sebentar dulu, pake ember diisi air panas + bbrp tetes minyak kayu putih.

Anonymous said...

Ikut nimbrung ya Bu. Idenya okee juga nih. Tapi bahaya enggak untuk kamar tertutup/ber AC. Krn lilin yang hidup kan menghasilkan CO2. Yang saya cobain skrg adalah memakai tremos diisi air panas, terus mulut tremosnya dibiarkan sedikit terbuka agar uap air keluar. Panas di dalam tremos tahan juga semaleman, jadi uapnya tetep ada sampai pagi harinya.