Thursday, July 26, 2007

My Great Team

Team saya yang perempuan ada 3 orang selain saya. Dan masing masing, alhamdulillah, sangat hebat di bidangnya. Saya mo cerita 2 dari mereka.

Yang pertama namanya Iis. Tugas utama untuk urusan toko, baru bantuin ngurusin rumah sama anak-anak. Yang kedua namanya Mudr. Tugas utamanya ngurusin semua tetek bengek rumah.

Iis ini, sudah setahun ikut aku. Pengalaman kerja sebelumnya serabutan. Sebelum di tempatku, belum pernah kerja di satu tempat lebih dari 3 bulan. Kerjanya masih rada lelet. Kalo standardku untuk kerja nilainya minimal 6, dia dapat nilai 7. Kelebihannya, dia mau belajar, mau diajarin.

Mudr, hampir sebulan kerja di tempatku. Kerjanya bagus, cepet, rajin. Bisa masak macem macem. Untuk standard nilai yang sama dengan Iis, dia dapat nilai 9.

The problem is... Iis kerja utamanya di toko. Jadi dia berangkat ke toko jam 09.00, terus baru sampai rumah lagi jam 21.00. Terus pagi kudu bantuin Uthi siap siap sekolah. Terus masih harus nyiapin stock yang musti dibawa ke toko. Yach... kalo menurutku, Iis sudah cukup capek. Dia butuh time space untuk istirahat.

Sementara di sisi lain, Mudr sangat rajin. Dia kerja di rumah, pada waktu dimana Iis bisa istirahat. Padahal Iis gak istirahat juga, hanya karena perbedaan nilai tadi, jadinya Iis tampak 'malas' di mata Mudr. Akibatnya, hal hal kecil yang tidak dilakukan Iis, jadi tampak di mata Mudr. Dan being a problem. The point is, kalo problem kecil kecil ini dibiarin, aku khawatir suatu saat akan meletup... meledak...

Tapi aku jadi binun. Aku memaklumi Iis. Sungguh. Menurutku, cuman kerja di toko doank aja cukup bikin capek. Apalagi tiap hari, 9 pagi sampai 9 malem, 12 jam lho.... Apalagi paginya ada tugas juga ngurusin Uthi, juga tiap hari. Mo nganggur juga, kalo nganggurnya di toko khan tetep aja gak nyaman. Tetep aja bikin cape. Ya gak...

Tapi aku juga memaklumi Mudr. Karena dia sangat rajin. Wajar kalo dia ngeliat Iis 'belum' kerja. Dengan waktu yang sama, Mudr nyelesain 10 kerjaan, mungkin Iis baru 6. Mudr ini, kerjaan yang 'extra ordinary', yang gak rutin, yang kalo Iis musti disuruh dulu, kalo Mudr bisa langsung otomatis. Misalnya aja kayak ngebersihin kulkas, ngebersihin jendela, bikin camilan, dst. Jadinya, jelas aja Mudr jumlah kerjaan jadi banyak. Sementara Iis jadi minimal, karena kerjaan kerjaan model gitu memang gak nyangkut di benak dia, kecuali kalo di-order dulu.

Nah... jadi binun khan. Di satu sisi aku memaklumi Iis. Di sisi lain, aku juga memaklumi Mudr. Trus gimana donk ?

Memang susah ya, bikin team yang hebat. Personilnya udah hebat, hubungan antar personil juga harus dibentuk untuk jadi hebat. Dan itulah tugasnya ketua team. Jadi inget kata Brad Sugars, kalo mo dapat team yang hebat, ya kitanya dulu juga harus hebat....