Tuesday, November 6, 2007

Anugerah, Lebaran 2007

Akhirnya, berhasil juga menyelesaikan perhitungan laba sampai akhir oktober 2007.

Rata rata gross profit weekly (sebelum dipotong biaya) untuk tahun 2007 ternyata naik 150 ribu dibandingkan dengan tahun 2006. Itu untuk data di luar 5 pekan sebelum lebaran. Diambil 5 pekan karena ada kebiasaan customer yang tidak mau puasa-nya 'terganggu', sehingga sebelum puasa urusan beli baju sudah beres. Alhasil, penjualan pekan terakhir sebelum Ramadhan biasanya juga meningkat.

Nah, yang menarik, faktor kali untuk 5 pekan sebelum lebaran, ternyata hampir mirip, meskipun dari sisi rupiahnya meningkat. Jadi Rata rata Gross Profit weekly untuk 5 pekan sebelum lebaran, dibandingkan dengan data mulai Januari, untuk tahun 2006 menghasilkan angka 5,11 kali lipat. Sedangkan untuk tahun 2007 nilai kalinya 5,7 kali lipat.

So, dari data itu, ada kemungkinan penjualan sebelum lebaran sebenarnya ditentukan juga oleh penjualan pada bulan bulan di luar ramadhan. Dengan kata lain, bisa jadi sebenarnya pelanggan kita pada saat lebaran itu tetap. Bedanya, kalo di luar ramadhan, mereka datangnya satu satu, dengan rentang waktu yang mungkin agak jauh. Sedangkan pada saat ramadhan, semua pelanggan datang bersamaan.

So lagi, salah satu yang dapat ditarik, kalau mau penjualan ntar ramadhan tahun depan meningkat, ya dimulai dengan meningkatkan penjualan mulai saat ini. Atau penjualan di luar Ramadhan.

Jadi, apa inovasi untuk meningkatkan penjualan tahun 2008 ??