Friday, September 19, 2008

Bullying

Bullying ? Al mengalaminya tahun kemarin, pas kelas 4 SD.

Baru ketahuan sama aku pas kelas 4 nya udah mo selesai. Tinggal class meeting. Nyesel juga sich. Tapi alhamdulillah, masih belum terlambat.

Jadi ceritanya, aku heran. Biasanya Al tuch tipe nyayang ke adek2 nya. Momong dan ngemong. Diminta bantuan sama ortu atau sama adeknya gampang.

Nah, kali ini, udah agak lama, Al jadi uring-uringan. Kalo adeknya minta tolong, jawabannya pedes. Gak enak di telinga. Kalo diajak omong, bawaannya ngajak berantem. Karuan aja adek-adeknya pada takut. Jadinya pada bertengkar. Padahal biasanya Al tuch berperan sebagai pendamai pertengkaran adek-adeknya.

Trus tak ajak omong, cuman berdua. Al kenapa. Emangnya di sekolah temen2 kakak kayak gitu ya ? Al ngangguk. Emang di sekolah padha ngomong gimana ? Kata Al, ya gitu. Pada kata-kataan. Trus kak Al dikatain juga ? Eee... tahu tahu air mulai nggenang di matanya. Sampe binun aku, gak nyangka juga kalo responnya gitu.

Trus Al cerita, ada satu temennya yang suka ngatain dia. Dan ngatainnya itu gak tanggung tanggung, gak hanya satu dua orang yang denger. Malah pernah dia maju ke depan kelas, trus ngatain Al di depan kelas, sampai seluruh kelas denger. Trus temen2 gimana ? tanyaku. Temen2 ketawa. Kak Al nya gimana ? Ya aku diem aja, jawab Al.

Hmm....

Tak tanya, kak Al mau bales gak ? Sebenernya orang kalo didholimi boleh membalas sebesar kedholiman yang diterima. Tapi akan lebih baik kalo bersabar. Kak Al pilih yang mana. Kak Al mau bales gak ? Tanyaku lagi. Al nggeleng.

Kak, mungkin temenmu itu justru iri sama kakak. Ya udah, kak Al sabar aja. Udah di-doain belum ? Aku udah siap aja dengan wejangan bagusnya iman kalo sudah bisa mendoakan orang yang mendholimi. Ternyata Al jawab, sudah. Seberapa sering ? tanyaku lagi. Sudah kebayang lagi mo ngasih nasehat untuk mempersering doa. Ternyata kata Al, tiap istirahat. Walah...
Doanya gimana ? selidikku lagi. Ya ngedoain, supaya gak ngatain aku lagi, jawab Al.

Waduh, musti ngomong apalagi nich...

Kak, ya udah, kak Al khan udah memilih untuk bersabar. Jadi ya udah, kak Al sabar aja. Biarin aja dia ngatain terus, ntar khan juga capek sendiri. Gak usah didenger. Dst dst, hehehe...

Trus pas terima rapor, aku ngadep ke guru kelas. Kuceritakan perubahan yang dialami Al, dan kemungkinan penyebabnya karena case satu orang temennya itu. Gurunya bilang, terakhir masuk kelas, tiap anak dibagi kertas, disuruh nulis pendapat dia tentang temannya satu kelas. Aku diminta lihat aja di kertas itu, apa pendapat teman2 tentang Al. Dan kata gurunya, akan diusahakan supaya Al gak sekelas lagi sama trouble maker.

Pulang ambil rapor, aku udah penasaran aja sama kertas yang dibilang gurunya. Langsung tak baca. Ternyata alhamdulillah, komentar temen2 Al banyak yang bagus. Dan mereka juga cukup banyak yang cerita tentang Al yang seirng dikatain, tapi diem aja, malah cengar cengir. Jadinya 'lucu'. Jadi itu menguatkan cerita Al, bahwa memang dia sering dikatain. Tapi itu juga cukup bikin aku seneng, karena gak ada satupun yang bilang Al nangis atau sedih, atau sejenisnya, pas dikatain. Untukku, itu sudah cukup menunjukkan ketegaran hati nya Al.

Trus pas liburan, Al cerita, the trouble maker itu kasihan, rapornya gak diambilin sama ortunya, karena ortunya pergi ke perpisahan adeknya. Kubilang ke Al, nah khan... ya udah, dia tuch dikasihani aja... Kalo ngatain kak Al, kali' karena dia sebenernya pengen kayak kak Al.

Dan ternyata, sekarang di kelas 5, Al sekelas lagi sama dia. Masih sering ngatain gak kak ? Nggak 'mi. Soalnya kalo ngatain, temen2 pada nyuekin doank. Alhamdulillah. Satu proses pembelajaran kehidupan telah dilalui Al dengan sukses.