Monday, September 22, 2008

Kemajon

Kemajon memang bahasa Jawa. Artinya apa ya... Terlalu berani kali' ya... Atau... gak tahu lah. Pokoke kata yang pas yang langsung nempel di kepalaku adalah kemajon. Dan segala sesuatu yang pake awalan 'terlalu' itu gak baik.

Ceritanya gini. Semalem, jam 9 lewat, aku udah siap buat nina bobokin 2 balitaku. Uthi, 4 tahun, udah terkantuk kantuk. Bagus lah, khan ntar malem dia kudu ikut sahur. Nah, Widad nich, yang masih gulang guling belum mau tidur.

Dicobalah segala trik emak, hehehe. Mulai dari garukin, kipasin, mijitin, sholawatan, dst. Akhirnya Widad mulai terkantuk kantuk. Dan pas Widad antara bangun dan tidur, HP ku bunyi. Hmm... udah hampir jam 10. Udahlah, biarin dulu aja, tanggung nih, Widad udah mo tidur. Ee... bunyi lagi. Apa dari pembeli malem ini ya, mo nanya boleh nuker enggak. Soale kalo Ramadhan cukup sering pertanyaan itu muncul ke Hpku. Dan kadang memang ada yang nanya malem2. Jadi akhirnya kuangkat juga

Trus...
"Dengan pemilik Anugrah ya ?"
"Iya pak, saya sendiri".
"bu, ibu itu jual baju baju bikin sendiri ya ?"

Hmm.... kok rada aneh ya. Ujug ujug nanya gitu. Survey darimana nih ?

"Bapak dari mana ?
"Dari Citayam bu. Kita mo buka usaha. Ibu khan jual baju-baju. Itu bikin sendiri ya ? Kalo gak bikin sendiri, ambilnya dari mana bu ?"

Walah... mo usaha ya mo usaha tho pak... pak... Tapi mbok ya inget, tetep sopan gitu lho. Pertama, apalagi ke orang yang gak kenal sama sekali, dan mo minta tolong, mbok yao nelpon di jam normal gitu lho.

Kedua, ya ngenalin diri dulu lah. Dari siapa. Tahu nomor kita darimana. Trus pake prolog : kami pengen buka usaha. Trus liat usaha ibu berkembang. Trus minta tolong boleh gak... Gitu lho...

Biasanya aku open aja kalo ada yang nanya distributorku. Yach, itung itung ngeramein distributor juga. Tapi kali ini, aku males aja ngejawabnya. Jadi cuman tak jawab, cari aja di majalah pak.

Dia masih nanya, ibu ambilnya dari mana. Ibu ambil dari pusatnya ya ? Pusatnya dimana bu ? Selain di ITC pusat baju baju dimana ya ?

Yach... pokoke bapak liat ajalah di majalah. Disana banyak kok iklan dan nomor telepon distributornya.

Close.

Pengen usaha ya pengen usaha, tapi norma norma tetep dipakai donk. Khan usaha juga gak ujug ujug. Gak bisa begitu pengen usaha, trus saat itu juga kudu nelponin orang buat nanya. Soale penasaran. Kalo gak nanya saat itu juga, khawatir semangat usaha luntur. Walah.... ya gak bisa gitu. Jangan orang lain yang disuruh nyesuain sama kita. Kita yang kudu mengikuti norma-norma umum masyarakat. Kalo sebelum mulai aja udah ngeselin gitu, gimana njalanin usahanya.
Yach... semoga semalem ada hikmahnya buat saya dan bapak itu. Semoga bapak tsb bisa mengubah 'gaya' bicara dan adabnya, sehingga dapat menjalankan usaha sesuai norma dan adab di masyarakat. Cause usaha adalah kepercayaan.