Friday, November 28, 2008

Sumbang

Sebenernya malu mo nyeritain ini. Tapi buat diambil dan mengingatkan hikmahnya, gpp lah. Yach, bagian dari masa lalu yang (sebenarnya) cukup memalukan buat diceritain. Tapi, kali' aja ada yang mengalami hal yang sama, atau untuk pendidikan anak2 nya, jadi gak papa lah...

So, apa seh, yang segitunya memalukan...
Hmm... dulu pas SMP, khan ada pelajaran menyanyi tuch. Nah, hanya bermodal bahwa itu wajib, dan karena ngerasa lha wong nyanyinya di depan kelas, dan gurunya berdiri di belakang, ya kalo pelan gak kedengeran lah. Jadi aja aku nyanyi keras2. Dan apa yang terjadi ? Seisi kelas ketawa ngakak. Hiks hiks...
Dan lebih parah lagi, pas pelajaran berikutnya, gabung ke kelas sebelah. E... kelas sebelah padha nanya, yang nyanyinya 'lucu' banget itu siapa. Ternyata kelas sebelah juga sampai ketawa ngakak. Hiks... hiks... (Ada temen SMP ku yang baca blog ini gak ya ??)

Sejak saat itu, aku stop nyanyi. Makanya, yang temen SMA sama temen kuliah padha gak pernah denger aku nyanyi khan... Phobi euy. Dan parahnya, tanpa tahu kenapa seisi kelas jadi ketawa. OK, aku nyanyinya gak bener / lucu. Tapi dimana lucunya, aku gak pernah tahu. Dan karena gak tahu kesalahannya, jadi gak bisa benerin khan.

Trus inget juga, pas SD, ada ujian nyanyi. Kebetulan dapet lagu 'praon'. Temenku, 2 orang, yang dapet lagu yang sama, ngobrol. Rada sedih, karena dapet lagu praon. Tak tanya, kenapa. Jawabannya karena lagunya khan susah. Susahnya gimana, kejarku. Jawaban mereka, susah lah, karena nadanya pas tinggi, tinggi banget. Tapi juga ada nada yang rendah banget. Aku inget banget tanya jawab ini. Cause saat itu aku bingung, gak ngeh sama jawaban mereka. Jadi bebalnya terhadap lagu, memang udah dimulai sejak kecil. Hehehe... Ngeles dot com.

Nha, pas punya anak... gimana lagi. Mana ada anak yang gak di-nyanyi-in sama ortunya. Ya khan... Trus juga kebetulan suami punya suara rada lumayan. Dan Al sama Iv juga kursus piano klasik, yang salah satu pelajarannya dilatih agar peka sama nada. Dan juga termotivasi sama komentar ibu mertua pas kita ngelihat Al sama Iv lagi sekolah, dan gurunya mimpin nyanyi di depan, ibmer tahu2 bilang : guru itu gak boleh nyanyinya sumbang. Cause kalo sumbang, muridnya akan ikutan nyanyinya sumbang. Waduh...

Jadi kepikir. Kalo aku nyanyinya sumbang, trus aku nidurkan anakku pake lagu2 -- ataupun nasyid, otomatis yang masuk ke telinga mereka pertama kali adalah nada yang sumbang khan. Pas bayi khan jelas aja tidurnya sama aku. Udah gedhe-an dikit, tetep aja tidur sama aku, ya khan... Palingan pas ke kantor aja, bukan aku yang nidurkan. Jadi total waktu mereka 'belajar' nada sumbang dari aku bisa cukup banyak. Walah !! berbahaya nih !

Mulailah termotivasi untuk belajar. Waktu itu masih blank. Bahkan sampai gimana sih, nada yang sumbang itu, juga blank. Mulai belajarnya pas mudik pake mobil, kalo anak2 tidur, dan suami mulai nyetirnya terkantuk2, terpaksa khan kita nyanyi, supaya gak ngantuk. Mulai dech, aku nyanyi. Dan karena memang buat ngusir ngantuk, jadi terpaksa juga nyanyinya keras. Kalo pelan2 khan malah bikin ngantuk.

Pas nyanyi itu, cause sepi, jadi didengerin sendiri juga. Kalo suami mulai nyengir... warning nich... kutanya, ada yang salah ya ? Trus suami ngajarin, gini lho, nada yang bener. Trus tak ulangi. Trus tak tanya lagi, masih salah ya ? Gitu terus, sampai udah pas.

Akhirnya proses belajar nyayi itu sering kita ulang. Seringnya sih emang pas di mobil. Dan Alhamdulillah, kayaknya sekarang udah gak begitu sumbang lagi dech. Minimal kalo aku nyanyinya gak pas, aku bisa tahu sendiri. Lho... kok gak pas. Jadi kupingnya sudah lebih sensitif.

Dan ternyata, kata suami, dulu pas kecil khan suka baca Qur'an pake nada, dan bacanya keras2. Padahal nadanya kemana2. Kakak dan adeknya juga udah padha protes. Tapi ibunya bilang gak papa, bagus, lanjut aja. Jadi suami rada pede buat ngelanjutin latihan. Dan hasilnya, sekarang ganti2 langgam buat tilawah, suamiku bisa2 aja. Jadi dorongan itu penting, buat nambah motivasi.

Trus, tahu kesalahan juga penting. Kayak aku dulu, aku tahu nyanyiku lucu. Tapi lucunya dimana, gak pernah tahu. Cuman kepikir, mestinya sih sumbang. Tapi sumbangnya dimana dan gimana, gak pernah tahu. Baru ngeh pas dikasih tahu suami. Jadi ke anak2, dan juga ke mbak dan ke karyawan, aku nerapin kalo mereka salah, kudu tahu kesalahannya. Itu lebih penting daripada kita ngasih hukuman tanpa mereka tahu kesalahan. Kalo tahu kesalahannya, tanpa kita hukum pun, mereka tahu mana yang kudu diperbaiki. Tapi kalo dihukum tanpa tahu kesalahan, mereka malah bingung, kenapa kok dihukum... dan terus phobi, like me in the past :-(

Hope will not happened to our child ya...

No comments: