Monday, August 31, 2009

Review ITC Depok dan ITC Kuningan

Dulu, sekian tahun yang lalu, kita buka Anugrah di ITC Depok lt UG A28. Saat itu area lokasi sekitar kios sepi. Tapi karena kios yang di lantai itu yang belum terjual tinggal 2, ya kita milih aja salah satu. Kios yang kita ambil juga bisa diperoleh karena ada yang ngebatalin pesenan kiosnya.

Idem dengan Anugrah ITC Kuningan, yang juga 'terpaksa' menempati kios di area yang (tadinya) sepi. Tepatnya di ITC Kuningan Lt 4 blok C6/7. Tapi kalo dari feeling, memang itulah posisi yang menurut kami terbaik buat Anugrah. Jadi ya meskipun kayaknya masih jarang ada tetangga yang buka, kami tetep aja memilih kios yang sekarang.

Anugrah ITC Depok buka di awal Ramadhan, pas di bulan2 pertama ITC Depok dibuka. Omset langsung lumayan. Biaya tertutup oleh laba yang diperoleh, bahkan masih lebih. Meskipun bulan berikutnya drop karena setelah lebaran, kami tetap tersenyum karena sudah menikmati panen ramadhan.

Anugrah ITC Kuningan buka 3 bulan setelah lebaran. Omset masih minim. Sekitar 6 bulan harus nombok biaya operasional karena omset belum bisa menghasilkan laba minimal. Akhirnya harus dilakukan beberapa penghematan dan usaha yang maksimal untuk meramaikan kios dan area sekitarnya.

Sekarang...

Kalo omset dimaklumi lah ya, kalo Anugrah ITC Depok jauh lebih tinggi dari Anugrah ITC Kuningan. Secara, Anugrah ITC Depok khan udah 3 tahun lebih. Sementara Anugrah ITC Kuningan baru sekarang ngalamin lebaran.

Cuman ada perilaku yang khas di Anugrah ITC Kuningan. Ada beberapa hari, yang hampir setengah omsetnya 'disumbang' oleh satu dua pembeli. Jadi misalnya nih, kalo omset sehari itu satu juta, biasanya ada satu pembeli yang total belanjanya 500 ribu. Tidak tiap hari sih, tapi sudah beberapa kali ditemui. Sementara di Anugrah ITC Depok, dengan umurnya yang hampir 4 tahun, case gini jarang ditemui.

Dari case tersebut, jadi muncul asumsi di kita. Bisa jadi memang daya beli pengunjung ITC Kuningan lebih besar dari daya beli pengunjung ITC Depok, seperti yang dikatakan marketing ITC pada waktu aku pesen kios. Buktinya ya itu tadi. Meskipun total omset ITC Depok jauh lebih besar, rata2 itu didapat dari jumlah pembeli yang cukup banyak juga. Sedangkan di ITC kuningan, omset mulai lumayan dengan jumlah pembeli yang kenaikannya belum setinggi kenaikan omset.

So, mestinya dengan kondisi ini, ke depan ITC Kuningan masih sangat bisa diharapkan. Kuncinya hanya satu, tetap bikin pembeli percaya dan ingat dengan toko kita.

No comments: