Monday, October 1, 2007

Catatan Anugerah pada Pertengahan Ramadhan 1428 H

Hmm... ada beberapa hal yang menjadi catatan pada Ramadhan di toko kali ini, yang kuharapkan dapat menjadi pelajaran untuk Ramadhan di Anugerah tahun berikutnya. Dan karena aku sangat mudah lupa, maka untuk mudahnya disimpan dan diupload ke blog. Kali aja juga bermanfaat untuk yang lainnya.

Yang pertama, jauh jauh hari aku sudah mempersiapkan stock 10 pcs per item per nomor per merk. Nah, kita lihat saja bagaimana jumlah stock tersebut untuk Ramadhan kali ini. Yang jelas, pembelian tetap dilakukan hingga pekan ke-2 Ramadhan, untuk memenuhi stock 8 pcs per item. Semoga ketersediaan stock bisa 'pas' ya...

Kedua, Anugerah Ramadhan kali ini mulai menggunakan pegawai temporer. Skema gaji yang ditawarkan sama persis dengan yang pegawai tetap. Bedanya, pegawai tetap mendapatkan prosen dari laba. Sedangkan pegawai temporer tidak. Padahal khan kalo Ramadhan gini prosennya lumayan.

Yang ketiga, yach... berita cukup menyedihkan. Kios kami mengalami hal yang sama dengan kios Ruzyka di Plaza Cibubur, dan yang hampir dialami oleh Shaakira di Tebet. Penjualan sebelum jumatan, hampir satu setengah juta, diambil oleh tangan yang tidak berhak. Cukup menyesakkan memang. Bayangkan -- untuk dapat laba segitu khan nggak gampang... Tapi ya sudahlah, kita ambil hikmahnya. Pelajaran yang dapat diambil, pertama, jangan pernah di dalam kios dibiarkan kosong, apapun permintaan dari calon pembeli. Kalaupun permintaan ngotot sampai nggak bisa ditolak, bisa minta tolong sama temennya yang lain untuk melakukan.
Kedua, dompet jangan sampai tergeletak. Apapun yang terjadi, dompet, atau tas tempat dompet, harus nempel di badan. Jangan tertipu dengan permintaan yang aneh-aneh, yang mengharuskan meletakkan atau meninggalkan dompet.
Ketiga, hasil penjualan yang sudah lebih dari 50.000, tentu tidak akan dibutuhkan sebagai kembalian. Nah, sebaiknya dompet yang untuk menyimpan hasil penjualan dibedakan dengan dompet untuk menyimpan kembalian. Tentu saja dompet yang menyimpan hasil penjualan harus lebih save.
Keempat, karyawan yang bertugas di luar, harus cukup jeli melihat kalau kalau ada barang yang keluar tanpa plastik Anugerah, means belum bayar. -- tapi yang ini masih bingung... gimana caranya tahu ya ??