Thursday, October 25, 2007

Renungan Khotbah Ied di Semarang

Ya, lebaran kali ini kami sholat ied di lapangan wologito semarang. Dan ternyata khotbah kali itu sangat menggugah hatiku. Dan menguntaikan doa yang mengalir begitu saja -- semoga bukan karena riya dengan nikmat yang telah Allah berikan. Semoga lebih karena khouf dan roja' pada sang Penguasa Alam. Dan saya tulis di blog untuk mengingatkan saya sendiri. Apabila suatu hari nanti ternyata Allah mengabulkan, agar saya tidak lupa dengan janji dan doa yang saya ucapkan sebelum semuanya diijinkan terjadi oleh-Nya.

Ya Allah, kalau Engkau berkenan memberi kelapangan materi pada kami, buatlah supaya kami tidak silau dengan kemudahan yang Engkau berikan. Bantulah kami untuk pandai bersyukur. Pandai menghargai nikmat yang Engkau berikan.

Ya Allah, bantulah kami agar kami tetap menggunakan materi sekedar mencukupi kebutuhan kami. Jangan biarkan kami melenakan diri kami dalam kelimpahan materi. Jangan biarkan kami terlena dengan dunia yang hanya seperti beristirahat di bawah pohon dari seluruh perjalanan yang sangat panjang. Bantulah kami meletakkan dunia hanya pada tangan kami, dan bukan pada hati kami.

Buatlah supaya kelebihan materi yang Engkau limpahkan kepada kami, kami gunakan untuk berbagi dengan mereka yang engkau takdirkan belum mendapatkan kelimpahan. Buatlah supaya kami cukup bersabar untuk berbagi dengan mereka.

Cukup bersabar untuk berbagi kelimpahan dunia. Cukup bersabar untuk berbagi ilmu. Cukup bersabar untuk membagi pemahaman. Cukup bersabar untuk membuka penghalang sinar menuju pintu surga-Mu.

Bantulah kami untuk tidak berputus ada dalam mendidik, membantu, mengajari mereka yang Engkau takdirkan kurang dari kami. Bantulah dan pertemukanlah kami dengan mereka yang Engkau inginkan masuk surga dan dapat mempermudah jalan kami masuk ke surga Firdaus-Mu.

Ya Allah, bantulah kami agar setiap langkah kami, setiap pilihan kami, setiap keputusan yang kami ambil, dalam rangka mendekat kepada-Mu. Buatlah supaya untuk urusan akherat, kami menyedikitkan pemakluman yang kami sering berikan untuk kami sendiri. Dan perbanyaklah pemakluman yang dapat kami berikan untuk urusan yang orang lain lakukan.

Rabbanaa Hablanaa Min Ladunka Rahmah
Wa hayyi' lana min Amrina Rasyadaa

Ya Rabb, berikanlah kepada kami rahmat dari sisimu
Dan sempurnakanlah petunjuk-Mu yang lurus dalam urusan kami

Amien