Tuesday, October 23, 2007

Jaminan Brand

Biasanya kalo ada brand terkenal, kita langsung mempercayai 'apapun' tentang brand itu. Minimal itu yang dulu terjadi pada saya. Bukan berarti saya termasuk yang brand minded lho. Maksudnya kalau saya beli yang branded, rata-rata pengecekan yang saya lakukan sangat lebih longgar daripada kalo non branded.

Trus di milis khan memang beberapa kali beredar adanya perbedaan harga di rak dengan saat dibayar di kasir. Yang muncul di milis seingatku ada Indomaret, Alfamart, dan Care4. Tapi dasar sudah minded, biasanya tuch yang terpikir, ah... itu khan kebetulan aja, harganya beklum di-update. Gitu. Jadinya tetep aja aku gak aware dengan harga di label dan harga yang kubayar.

Nha... libur lebaran ini keluarga besarku makan ke DeSa Bumbu. Tahu gak ? Kalo dari Jakarta, nongol di tol Puncak yang ke arah sukabumi, terus belok kiri dikit. Pas nyampe kita excited banget. Tempatnya enak. Asri. Udah gitu dateng disambut dengan mbak yang padha pake kebaya modern, sama suara gamelan. Jadi berasa adem. Iseng ngobrol sama karyawan tsb, katanya outbond musti bayar, di luar service resto. Per orang 20 ribu, sepuasnya. Hmm... lumayan khan...

Udah selesai makan, anak anak udah buru buru aja mo outbond. Kupikir, ah... sepuasnya ini. Jadi biarin aja outbond duluan. Toch ntar aku juga bisa lihat. Jadi aku nyantai aja.

Pas aku muncul di area outbond, Iva udah hampir selesai. Dia khan memang orangnya seneng yang petualangan gitu. Jadinya pengen lagi. Kubilang ke yang bantuin outbond, ternyata kata dia, 20 ribu itu per lintasan, dan sekali jalan. Jadi mo ngulang lintasan ya 20 ribu lagi. Mo pindah lintasan ya 20ribu lagi. Oalah...

Nha, sampai situ masih mendingan. Pas mo bayar, untung aja kakakku teliti. Bonnya diminta duluan. Tahu gak, gak tahu gimana, ikan yang kita beli 4 biji, muncul di bon jadi 5 ekor. Itu juga masih mending. Yang klewat parah, di bonnya ada tagihan udang asam manis. Padahal boro boro makan, lha wong disebut sebut aja enggak... Hhh... ngeselin gak seh...

Trus brand yang kedua, kita iseng iseng mampir ke ACE Hardware. Khan masih grand opening tuch, yang di depok. Kita beli rak besi kecil, e... ternyata dapet hadiah tempat minum karena termasuk 100 pembeli pertama. Terus pindah ke Index Furnishing. Ada discount sprei 70%. Wah, lumayan nich, kebetulan emang lagi butuh. Jadi aku beli beberapa. Plus sarung bantal dan gulingnya.

Eee... ada yang keliling bagi bagi balon. Kebetulan aku bawa Uthi sama Widad, jadi dapet 2 balon. Hmm... bagus juga nich pelayanannya.

Trus bayar. Wuah... dapat hadiah agenda sama bolpen unik, gedhe banget. Jadinya seneng...banget. Gimana enggak, beli yang dibutuhkan discount 70%, plus anak seneng cause dapet balon, masih plus agenda bagus dan bolpen unik.

Nha, setelah bayar, baru... suami mbisikin... eh... bener gak sih harganya segini. Tadi kayaknya enggak segini dech. Mo ngecek gak.

Hmm... cek aja lah, sekalian iseng ngeliat barangnya index Furn yang bagus bagus.

DAN... ternyata... di labelnya harga 84.400, tapi di bon yang kubayar 107.000. Itu per sprai yang kubeli. Juga sarung bantal dan gulingnya. Pas kita mo manggil SPG nya, gak tahu sengaja atau enggak, kok kayaknya mereka jadi padha menghindar gitu lho. Sampai akhirnya kita deketin salah satu. Terus kata mereka, Ooo... sebentar ya. Dan sebentarnya itu loama... sekali. Jujur aja, aku sampai gak enak juga nungguin lama gitu.
Setelah loama... katanya discountnya salah, masih discount yang kemarin -- 60%, tapi udah dibenerin. Terus nunggu loama lagi. Trus... akhirnya... disuruh lagi ke kasir. Ternyata kelebihan pembayarannya 91ribu. Tapi gak bisa diambil cash. Cuman kitanya udah capek. Ya udah dech, ambil sprai lagi aja, sama sarung bantal guling.

Trus ke kasir lagi buat ngitung kekurangan yang kudu kita bayar. Loh... lha kok harga yang dikasih balik lagi ke harga yang discountnya salah yang katanya tadi udah dibenerin. Jadi suamiku complain lagi. Baru dech... semua ok. Tapi aduh... udah ribet dan ngabisin waktu banget dech.

Jadinya sama percis dengan DeSa Bumbu. Kita udah seneng dan excited sama pelayanan yang diberikan. Jatah pas bayar, e... dimasuk masukin dan dinaik naikin. Gak jujur babar blas dech. Padahal ACE itu masih grand opening lho.

Kalopun pembelinya gak tahu, yang di Atas pasti tahu khan. Kalo pun bisnisnya tetap lancar bahkan makin lancar dengan cara seperti itu, harusnya bukannya seneng dan bangga... justru makin khawatir... karena berarti balasannya di akherat.

Asal inget saja, ayat Quran tentang timbangan jual beli adalah ayat terpanjang. Menunjukkan seberapa pentingnya.

1 comment:

Anonymous said...

Yth. Ibu. Tutut,

Sebelumnya terima kasih atas komentar ibu dan tentunya kunjungan ibu beserta keluarga. Atas kejadian yang tidak menyenangkan bagi ibu dan keluarga ditempat kami, kami mohon maaf, sebagai informasi bahwa benar untuk outbound Rp. 20.000,- /orang sepuasnya, memang kami ada kendala dimana operator outbound bukan merupakan karyawan kami tapi dari operator lain yang kita tunjuk hal ini akan kami tindak lanjuti supaya tidak terjadi lagi. Masalah yang kedua adalah kelebihan pembayaran pada satu item yang tidak ibu pesan, apabila ibu masih mengingat tanggal ibu berkunjung dan pembayaran menggunakan cash atau card kami akan coba telusuri dan meluruskannnya. Sekali lagi atas kejadian tersebut kami mohon maaf kepada ibu dan keluarga kami harap ibu bisa berkunjung kembali. Untuk informasi selanjutnya ibu bisa e-mail saya di desabumbu@indo.net.id. kami tunggu kabar dari ibu, sekali lagi kamo mohon maaf dan terima kasih.
Wassalam.

Didit