Monday, October 1, 2007

Harus cari terobosan lagi nich...

Sabtu ahad bulan Ramadhan, biasanya Anugerah membukukan omset per hari sekitar 5 juta. Untuk Ramadhan kali ini, mengingat pelanggan loyal sudah cukup banyak, kami mengharapkan bisa melebihi tahun sebelumnya.

Hari Sabtu kemarin, kami menyempatkan melihat toko. Alhamdulillah, rame banget. Sempat terpikir, hmm... kayaknya tercapai nich, omset lebih dari 5 juta sehari.

Malemnya, kita lihat catatan toko... oalah... kenapa tetep di angka 5 juta ya... Sempet heran juga. Padahal asli, rame banget. Ahad malemnya, berulang lagi, menthok di angka 5 juta. Hmm... jadi discuss sama suami.

Hasil discuss, sangat memungkinkan kalau memang angka segitulah maksimal omset yang dapat dicapai Anugerah dalam sehari. Dengan semua keterbatasan yang ada.

Kalau coba dihitung kasar, Anugerah buka plus minus 11 jam. Anggaplah yang 1 jam untuk berbenah buka dan tutup toko. Jadi waktu efektif Anugerah untuk berjualan ada 10 jam. Kali 3 karyawan, jadi plus minus bisa diasumsikan ada 30 jam. Diperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk sholat, untuk berbuka, untuk antri wudhu, beli makanan berbuka, dll masing masing sekitar 1,5 jam, jadi total waktu efektif ada 25,5 jam. Buletinlah jadi 25 jam. Dari 25 jam itu, menghasilkan omset 5 juta. Jadi tiap jam tiap karyawan menghasilkan omset 200 ribu. Atau 1,7 nota per jam per karyawan. Atau 2 pcs baju per jam per karyawan.

Nah... kalau ngeliat hitungan kasar di atas, make sense khan kalau omset maksimal 5 juta per hari. Karena memang segitulah yang bisa terpegang oleh 3 karyawan saya dengan space yang cuman 5 m2.

Jadi gimana donk supaya omset naik ? Untuk menambah karyawan, sepertinya tidak mungkin kalau space tidak ikut bertambah. Yach... 5 m2, kalau dijaga 4 orang, bisa melimpah keluar ntar, penjaganya. Dengan 3 orang saja mereka sudah melimpah keluar kok.

Untuk menambah space... hm... masih berupa doa... :-)

Yang terpikir bisa dilakukan saat ini, adalah memaksimalkan omset di luar sabtu ahad. Yach, kalau memang sabtu ahad sudah menthok, ya yang perlu diupayakan me-menthok-kan juga omset di luar sabtu ahad. Jadi setiap hari omset maksimal tercapai. Gimana ya ??