Monday, December 15, 2008

Karyawan : dicari !

Katanya lagi krismon, banyak PHK, banyak pengangguran. Benarkah ?

Gak juga. Tergantung definisi pengangguran. Kalo definisinya adalah orang yang gak kerja, bisa jadi memang sangat banyak. Tapi kalo definisinya diubah dikit jadi orang yang mau kerja tapi gak dapet dapet, nah... bisa jadi angkanya susut drastis. Kata kuncinya adalah 'mau' kerja. Bersedia untuk kerja, dan berminat untuk bekerja. Bukan sekedar pengen punya penghasilan doank.

Kayak sekarang. Aku lagi butuh karyawan. Padahal hampir tanpa syarat apapun. Palingan harus dengan referensi. Itu aja. Tapi ampun... susahnya. Rata-rata mereka bilang, aduh... jauh... gak mau... Walah ! Padahal itu cuman dari Kelapa Dua ke ITC Kuningan. Dan ongkos perjalanan semua kita tanggung. Malah disediakan driver + motornya yang antar jemput kesana. Enak khan ? Tapi itulah... ternyata menurut mereka itu sudah 'entah di dunia bagian mana'.

Pas kita nyari karyawan sementara Ramadhan kemaren, juga aneh2 jawabannya. Ada yang : "Oh... sementara ya bu. Gak mau ah. Tapi ntar kalo ibu nyari yang tetap, saya aja yang diambil" Lho... ya gak mungkin lah. Pasti aku ngehubungin yang udah pernah kerja di aku dulu donk. Secara pasti sudah belajar banyak dan sudah saling mengenal.

Ada juga komunitas yang sering minta bantuan cause anggotanya sering gak bisa bayar sekolah anak2 nya. Pas nyari karyawan ke komunitas itu, susyahnya juga minta ampun. Jawaban mereka : aduh, maaf... belum mau terikat. Lho ??

Trus ada juga kenalan ojek yang sering ngeluh susahnya jadi pengojek. Persaingan lah, temen2nya keras lah, dll. Tapi pas ditawari jadi karyawan, jawabannya juga sejenis : Gak mau. Lho... trus selama ini, kenapa ngeluh terus jadi ojek ya ?

Kadang-kadang jadi mikir. Banyak pengangguran ? Gak juga kok. Banyak di antara mereka yang memang gak mau kerja. Jadi ? Yach... maybe data statistik perlu mencantumkan lebih detail, gak kerjanya kenapa. Kayak para ibu yang memilih untuk really at home dan berkarya dari rumah, apakah mereka juga termasuk yang didata sebagai pengangguran ?
Just my curiosity...
Gambar diambil dari sini

2 comments:

WURYANANO said...

Memang tidak mudah me-rekrut pegawai ya, Mbak Tutut.
Kebanyakan dari mereka (bakal calon pegawai) ini punya mental instan dan mental pengangguran.

Maunya dapat duit besar dengan menganggur kali..hehehe... emang duit dari Hongkong...kekekek...

Salam Prima dari Surabaya,
Wuryanano

Tutut Ve Ha said...

Hehehe... di Surabaya idem juga tho, pak...