Thursday, December 4, 2008

Pensieve

Suatu kali ada temen yang nanya, bikin sekali postingan butuh berapa jam ? Dan disambung lagi dengan, kemaren cuti besar buat bikin blog ya ? Ada temen lain lagi yang ngerasa gak sempet buat posting di blog. Hmm...

Kalo buat aku, blog ini selayaknya pensieve-nya Dumbledore. Tempat yang nampung segala macam memory. Pas memory ku berasa penuh, karena lagi emosi misalnya, atau ada hal yang memang kudu disimpen buat suatu saat nanti, atau mungkin juga karena ada hal yang menarik, itulah saat yang tepat buat nulis di blog. Dalam bayanganku seperti Dumbledore dengan tongkatnya ngeluarin memory dan disimpan di pensieve. Dan setelah itu, pikiran jadi berasa enteng lagi. Cause yang berat2 dan kudu diingat udah disimpan di pensieve. Dan suatu saat kita butuh, tinggal diambil lagi dari pensieve.

Juga identik dengan buku diary. Pas pusing, pas gak ada kerjaan, pas puyeng dengan kerjaan kantor tapi tambah dipikir tambah ruwet dan mbundhet, pas suntuk, nha... saatnya untuk menuangkannya di pensieve, atau buku diary, atau blog. Dan setelah nulis, cling... dunia cerah kembali. gak percaya ? Coba dech :-)

Dan gak butuh waktu lama kok, buat nulis. Pokoknya tulis aja apa yang terpikir. Tik tik tik, teruuuus... aja. Nha, paling kalo gak biasa, butuh waktu lamanya buat editing. Khan diedit dulu supaya enak dibaca. Dibaca lagi dulu beberapa kali, ada yang berasa aneh gak. Ada yang gak nyambung gak. Kadang2, kalo pas ide nulisnya gak bagus, butuh beberapa kali buat baca ulang. Tapi kalo pas lagi mood, dan idenya lagi banyak dan panjang, paling dibaca ulang sekali langsung diposting.

So, gak butuh waktu lama kok, buat posting di blog. Sementara sisi positifnya, jelas kita jadi terbiasa menulis. Itu satu. Kedua, yach... siapa tahu ada yang 'tercerahkan' setelah baca postingan kita. Kita ikutan dapet pahalanya khan. Ketiga, ya itu tadi, semacem pensieve buat kita. Melegakan pikiran. Supaya pikiran fresh lagi. Plong gitu lho. Keempat, tapi yang ini aku gak termasuk, kayaknya bisa buat jualan juga ya. Banyak khan, yang jualan online pake blog.

So, posting di blog, siapa takut...

No comments: