Friday, January 16, 2009

Perjalanan Anugrah (3)

Lanjut again...

Setelah suami ok, marketing ITC Depok kutelpon. Ternyata di Lt UG, lantai yang peruntukannya khusus buat busana, tinggal 2 kios. Trus survey sama suami. Lihat lokasi. Discuss lagi. Lihat lokasi lagi. Ngobrol sama yang udah padha buka toko di sekitar situ. Trus discuss lagi. Akhirnya deal, kita pilih salah satu, trus bayar tanda jadi. Ada waktu 5 hari buat berpikir, sebelum harus ngelunasin DP.
Pas saatnya bayar sisa DP, suami ragu2. Jadi kubilang ke marketingnya, suami masih ragu2. Bayar sisa DP-nya mundur lagi bisa gak. Katanya gak bisa. Ditunggu sampai siang. Kalo masih gak ngelunasin DP, mo di cancel. Trus si mbak marketing ngeyakinin kalo posisi itu bagus. Jadinya lobby lagi ke suami. Alhamdulillah, suami akhirnya ok.

Setelah DP dibayar, besoknya langsung ambil cuti 2 hari. Mo beres2 kios dan langsung buka. Untuk nekan biaya, rak buku anak2 diangkut jadi rak baju. Beli manekin juga langsung di ITC Depok aja. Beli gantungan. Kursi plastik. Dan dengan kondisi seadanya, kios Anugrah di ITC Depok Lt UG A28 mulai dibuka. Stock juga hanya memanfaatkan stock grosir yang ada di rumah.

Trus baru berapa minggu, suami check lagi planning keuangan yang pernah tak bikin. Oh my God… ternyata planning keuangan bikinanku ada yang salah. Pengeluaran untuk cicilan rumah yang lama belum tak masukkan. Padahal gedenya lumayan. Wuaduh. Segera aja suami jadi panik. Beberapa kali sebelum tidur bunyi : Hhh… haahhh… huhhhh. Aduh, jadi ikutan panik. Akhirnya kubilang ke suami, please dech. OK, kemaren aku salah bikin planning. Tapi trus gimana. Ya udah, kita jalanin aja. Dan please gak bunyi2 gitu lagi. Bikin stress. Sementara sebenarnya memang kita sudah tertekan. Jadi tolong, jangan nambah stress. Tapi ayo, kita hadapi bareng2. Alhamdulillah, habis itu suami gak hah heh lagi. Sebelumnya dikira suami aku gak stress dan tenang2 aja kali’ ya…

Namun alhamdulillah, karena bukanya beberapa hari menjelang Ramadhan, jadinya gak sempet sedih. Omset langsung kejar2 an sama stock. Kalo stock ada, omset naik. Stock kosong, omset ikutan turun. Pikiran terfokus pada pengadaan stock. Jadi gak sempet stress mikirin cicilan lagi. Alhamdulillah, penjualan tiap hari ada terus. Dan jumlahnya lumayan. Saat itu, kalau penjualan sehari mencapai satu juta, kita udah seneng… banget.

Trus lebaran 2005 berlalu. Mulai lah masa sepi. Karena udah gak dikejar2 buat nambah stock, jadi bisa berpikir strategi peningkatan penjualan. Rak pun ditambah. Patung anak setengah badan ditambah. Dianalisa lagi, banyaknya orang di area situ muncul dari mana. Dan bagian mana dari toko yang paling terlihat. Di bagian itu kita pasang patung ‘utama’. Tulisan ‘diskon 10%’ diperbanyak untuk digantung di baju2 yang memang kita diskon. Dianalisa lagi… hmm.. lumayan. Baru juga bernapas lega, masa nyetock buat ramadhan sudah datang lagi.

Dan tanpa kita duga, area di belakang toko dijadikan tempat parkir motor. Dan ternyata, motor yang datang ke ITC Depok itu boanyakk sekali. Jadi Alhamdulillah, area blok A ITC Depok yang tadinya sepiii… banget, berubah drastis menjadi jalur pulang para bikers. Didukung juga dengan kebijakan pengelola yang nge-set eskalator turun dari lantai UG ke ground hanya ada di blok A. Jadi ya gitu dech… as you see now.

Pekan kedua Ramadhan 2006, Iva kena cacar air. Trus menyusul Uthi. Berikutnya giliran aku. Pas cacar air hampir sembuh, Widad udah pengen keluar dari rahim. Jadinya 2 pekan terakhir ramadhan itu, toko sama sekali gak sempet ditengok.

Lalu ?? Postingan berikutnya ya, insya Allah...
Gambar diambil dari sini dan sini

3 comments:

Anonymous said...

Nice story....
Salut buat Mbak Tutut dan Mas Heru. Walau telat aku pengen ucapin selamat telah berhasil menempati dua kuadran sekaligus (employee dan bussinesmen).
Jadi pengin meguru nih...
( from Maryadi -- yang dulu pernah sekantor di Semarang)

Tutut Ve Ha said...

Mar, kamu nyangkut di blog ku juga tho ? Memangnya di blogku kesannya 'telah berhasil' ya ? Walah... ada yang musti diralat donk... Asline masih belajar juga kok. Jadi kalo meguru ke kita, gak pas. Kalo sharing bareng, nha... baru sesuai.

Wely said...

Kebetulan sy jg niat jualan di ITC Depok. Tapi mungkin makanan aja. Kira2 bagus ga ya bu kalo jual makanan fastfood atau minuman pake booth/gerobak/stand ?

O ya, satu lg yg penting, tolong dishare kontaknya marketing ITC Depok dong bu, sangat butuh nih :)

Mohon di email ke wely.h20@gmail.com