Thursday, January 15, 2009

Perjalanan Anugrah (2)

Lanjut ya...

Untuk nutup 2 juta-nya, jadi mulai berusaha nguras pikiran. Gimana nich caranya, supaya bisa balik modal. Akhirnya nelponin temen2 kuliah yang pada di luar Jakarta. Alhamdulillah, dapet beberapa orang yang tertarik dan menjadi reseller. Dan sejak ngeluarin 2 juta cash itu, suami rajin banget nanyain progress keuangan nya. Kalo aku seneng, cerita ada pesenan segini dan segini. Suami selalu ngejawab dengan… “itu ada uangnya beneran gak. Jangan2 ngerasanya doank..” Jadi gak pede kalo cerita doank. Disamping juga pengen tahu, 2 juta itu bakalan ketutup gak ya.

Jadinya rajin banget nyatet keuangan. Berapa omset, berapa laba, dan berapa biaya. Meskipun masih pake excell dan masih nebak2 pencatatan yang bagus, tapi minimal 3 item itu sudah bisa dilihat. Dan Alhamdulillah, ternyata 2 juta itu BEP dalam waktu beberapa bulan saja.

Saat2 itu, Sabtu Ahad, kalau anak2 tidur siang, aku langsung ngacir ke tetangga, milih. Biasanya belum selesai milih, udah ditelponin lagi dari rumah cause anak2 udah bangun. Jadi barang terpaksa ditinggal dulu buat dinota. Ntar diambil lagi sekalian bayar. Trus malemnya, setelah anak2 tidur, lembur lagi buat ngecek-in kalau2 ada yang reject. Kadang juga lembur buat ngepack pesenan dan bikin nota. Kalau gak, lembur buat ngurus pencatatan tadi, buat laporan ke suami. Saat2 itu udah biasa buatku tidur jam 12 atau jam 1 malem, karena mulainya tetap setelah anak2 tidur. Sementara Uthi masih ASI. Jadinya kadang lagi repot2 nya, terpaksa break dulu buat ngasih ASI ke Uthi, sambil nahan2 supaya gak ketiduran. Habis itu lanjut lagi ngurusin bisnisnya.

Karena masih bisa kepegang, saat itu gak ada karyawan. Paling mbak yang di rumah dikaryakan buat ngambil barang yang udah tak pilih. Dan ngirimnya bisa minta bantuan ojek langganan. Ntar akhir bulan kalo hasilnya lumayan, ada fee buat mereka.

Trus mbak yang biasa bantuin itu, nikah. Pamit, berhenti kerja di tempatku. Dan aktivitas tetap berjalan seperti biasa, karena buat ngambil barang khan sebenernya bisa siapa aja. Toch tempatnya deket. Dan barang juga udah aku yang milih. Jadi tinggal ambil doank.

Lalu lalu… tiba2… mbakku itu muncul lagi. Bilang pengen bantuin lagi cause dia lagi hamil dan gak ada dana buat lahiran. Walah. Kebayang gak. Lha wong lagi hamil, kok minta kerjaan yang kerjaannya angkat kresek gede2. Ntar kalo ada apa2 gimana. Belum lagi, laba dari penjualan saat itu, belum cukup buat nggaji satu orang pegawai. Cukupnya baru untuk ngasih insentif mbak yang di rumah. Nah, kalau aku ngambil karyawan, berarti musti nambah pengeluaran buat gaji khan ? Belum insentif buat mbak yang di rumah juga gak mungkin tak hilangin begitu saja.

Jadinya discuss lagi sama suami. Gimana nech. Musti ada peningkatan penjualan yang lumayan, supaya bisa meng-cover gajinya mantan mbakku itu. Saat itu gak kepikir sama sekali mo buka di mall. Malah temen2 waktu padha cerita pengen buka di mall, kita juga diem aja, gak kepikir samsek.

Tapi… mengingat mbakku itu yang butuh kerjaan. Dan adeknya BS ku yang juga lagi cari kerjaan. Dan dana yang ternyata pas buat DP kios. Dan ITC juga baru buka di Depok. Kok kayaknya pas banget kalo semuanya dibilang kebetulan ya… Jadinya suami tak lobby. Kubilang, kali’ aja memang disuruh beli sama Allah. Soale kok semuanya ndilalah kayak pas gitu. Perkiraan kondisi keuangan 2 tahun pun dibuat, cause cicilan kios ITC Depok itu 2 tahun. Kulaporkan lagi ke suami, as proposal. Deal.

Setelah suami ok, marketing ITC Depok kutelpon. Ternyata di Lt UG, lantai yang peruntukannya khusus buat busana, tinggal 2 kios.

Jadi ? What next ? tunggu posting selanjutnya ya...
Gambar diambil dari sini dan dari sini

No comments: