Monday, August 13, 2007

Kreatifnya Al sama Iv

Hari Jumat kemaren, alhamdulillah, training yang kuikuti bisa selesai lebih cepat. Efek menyenangkannya, jadi bisa lebih cepat sampai di rumah. Bisa lihat matahari dari rumah pada hari kerja. Hmmm.... nikmatnya...

Nah, sore itu, Al sama Iv udah ribut pengen beli makanan di warung sebelah. Kubilang sama mereka, kita khan barusan beli rumah. Nah... ummi sama abi tuch lagi krisis ekonomi. Jadi sementara gak jajan jajan dulu ya. Insya Allah sampai lebaran aja dech. Semoga setelah lebaran normal lagi. Eee... terus Iv bilang, "Ooo... ummi lagi tanggal tua ya..." Hehehe...

Terus mereka minta ijin beli biskuat pake uang sendiri. Kubilang, silahkan kalo pake uang jajan mereka. Terus ditambah embel embel, uangnya jangan dipake buat jajan terus ya. Ditabung juga donk...

Udah mo maghrib, mereka ijin lagi, pengen beli susu indomilk kental manis. Tapi kali ini ijin pake uang ummi. Katanya pengen bikin bola bola coklat. Setelah itu kulihat bahan bahan buat bikin bola bola coklat sudah dikumpulin di satu piring. Iv udah sibuk ngancurin biskuat yang masih di bungkusnya. Karena udah mo maghrib -- juga karena khawatir mereka terlalu capek, jadi bikin bola bola coklatnya gak kita bolehin.

Besoknya, pagi kita jalan jalan sekitar rumah. Biasa, buat olah raga sekalian biar deket sama anak anak. Terus jam 9-an ke rumah adekku yang baru pindah ke kota kembang (Wuah... puanas tenan...). Pulang jam 1 -an. Lunch, sholat, terus aku langsung berangkat ngaji. Pulang ngaji, abinya anak anak masih tidur, kecapekan. Mut juga tidur. Al sama Iv ternyata lagi sibuk bikin bola bola coklat. Excited juga aku. Ternyata mereka bisa bikin bola bola coklat sendiri, tanpa bantuan orang dewasa. Dan lebih excited lagi, area yang dipake buat mereka bikin, gak berantakan. Gak berceceran rempah rempah biskuit.

Begitu aku dateng, belum sampai nyetandartin motor, Iv sudah dateng bawa bola bola coklatnya dan bilang, " Coba dech Mi, enak gak...". Kucoba satu, hmm... enak lho... Kekurangannya cuman satu, kelembekan dikit. Tapi rasanya udah uenak lho... Hebat juga anak2 ku, hehehe...

Dari sekian bola bola coklat yang udah dibikin, terus mereka bagi bagi. Ini sekian buat kak Al. Sekian buat kak Iv. Sekian buat dek Mut, buat ummi, sama buat abi.

Hari ahadnya, Mut lagi pengen camilan. Dia buka kulkas. Terus nemu bola bola coklat itu. Eee... dia ngambil cukup banyak. Pas abinya tahu ada bola bola coklat, malah mo diabisin semua. Untung aku sempet liat, kubilang, "bi, tanya dulu ke anak2, mereka yang bikin lho. Terus udah ada peruntukannya. Sekian buat abi. Tanya aja dulu, sisa 2 biji itu yang punya siapa." Ternyata jawaban Al sama Iv memang punya abi. Jadi dech, bola bolanya disikat habis sama abi.

Sorenya, aku udah heran lagi. Ngapain nich, Al sama Iv berdua anteng bener di kamar. Sibuk gitu. Teru bolak balik nanya. Lem dimana mi ? Boleh beli benang kasur gak mi ? dst. Pas kutanya, katanya mereka lagi bikin hiasan untuk rumah dalam rangka 17-an.

Al sama Iv urunan uang jajannya untuk beli kertas lipat. Terus kertas lipat yang merah dilipet lipet. Digabung dengan kertas lipet yang hitam, tapi dibalik, khan jadi putih tuch. Nah, jadilah hiasan merah putih. Sayangnya di warung sebelah gak jual benang kasur, jadinya hiasan mereka belum bisa digantung di rumah.

Sorenya, aku ngobrol sama abi. Kuceritakan tentang Al sama Iv yang Alhamdulillah, kreatif sekali. Sabtunya mereka bikin bola bola coklat, ahad bikin hiasan 17-an. Murni inisiatif mereka sendiri, dan murni hasil karya mereka sendiri, tanpa campur tangan orang dewasa. Bahkan uang yang digunakan juga urunan dari uang jajan mereka.

Kubilang, mungkin karena kita di rumah gak ada TV ya. Jadi mereka kreatif bikin kegiatan untuk ngisi waktu. Coba kalo ada TV, nonton TV aja terusssssssss........
Sejak menikah, kami memang gak pernah punya televisi. Sama sekali gak pernah kalo 'punya televisi' diartikan dengan pernah membeli televisi. Tapi kalo 'gak punya televisi' diartikan gak ada TV di rumah, ya... pernah juga sich. Waktu itu selama beberapa pekan, TV sempat ngendon di rumah. Soale dipaksa sama ibu mertua untuk nerima TV nya yang lama. Alhamdulillah, TV nya rusak gak lama setelah berada di rumah kami. Dan sejak itu, sampai sekarang, di rumah kami tidak ada TV (lagi).