Wednesday, August 29, 2007

Siklus Omset

Omset di toko Anugerah, sepertinya punya siklus tersendiri. Kalau yang pernah aku amatin untuk siklus omset pekanan, pekan pertama itu cukup besar. Kalau range A sampai D, pekan pertama tiap bulan dapat nilai A. Pekan kedua dapat nilai B. Pekan ketiga dapat nilai C. Nah, pekan keempat balik lagi, dapat nilai A lagi. Ini siklus omset Anugerah Collection yang hampir berulang setiap bulan.

Nha, nilai D diperoleh pas pekan pekan pertama setelah lebaran. Maklum... khan beberapa hari libur, hehehe. Itu yang aku sudah amati untuk omset pekanan.

Pekan ini, baru terpikir untuk ngamatin siklus omset bulanan nya. Pemicunya, ada peningkatan omset yang signifikan di bulan Juni dan Juli. Kebetulan pada awal Juni, Anugerah memang melakukan renovasi pada interior toko. Maksudnya nambah lampu gitu lho. Gak tahu memang karena itu atau tidak, yang jelas bulan Juni dan Juli omset naik hampir 2x.

Trigger kedua, karena di awal Agustus, omset turun drastis. Dibilang turun kalau dibandingkan dengan peningkatan omset di bulan Juni dan Juli. Jadi sebenarnya kalo dibandingkan dengan bulan Mei, omset normal sich. Problemnya karena omset bulan Juni dan Juli khan naik 2x. Jadi standard omset harusnya udah yang naik 2x itu. Tapi ternyata awal bulan Agustus omsetnya mirip dengan Mei. Udah ketar ketir dech. Pertanyaan 'kenapa' padha bermunculan di kepala.

Trigger ketiga, karena ternyata di pekan ke-3 Agustus, omset normal lagi seperti kenaikan yang dialami di bulan Juni dan Juli. Jadi pertanyaan yang tersisa bertambah banyak. Walopun udah rada santai untuk mikirinnya. Tidak setegang saat awal Agustus kemaren.

Jadi terpikir. Pengennya kita udah tahu siklusnya gitu lho. Jadi misalnya nich, sudah biasa kalo Juni dan Juli itu omset 2x. Jadi pas tahun depan, kalo Juni dan Juli naik, kita udah biasa, dan udah siap tentunya. Nha, kalo memang siklusnya awal Agustus itu cuman x, kita juga gak terlalu kepikiran. Karena khan memang biasa, sudah siklusnya untuk turun. Jadi gak hanya siklus menjelang lebaran aja yang tertangkap. Hmm... means ada PR lagi yang harus dikerjakan nih...

Psst... penurunan di awal Agustus juga terjadi di beberapa toko fashion rekan TDA. Dan Alhamdulillah, saat Anugerah mulai mengalami kenaikan lagi, sepertinya toko mereka juga sama. Ini hasil pengamatan setelah visit bebebapa blog rekan TDA.