Wednesday, August 1, 2007

My Beloved Husband

Kali ini aku ingin cerita tentang suamiku, mas Hen. Gak tahu kenapa, tahu tahu aja habis sholat ashar pengen nulis dengan topik itu.

10,5 tahun yang lalu, di awal pernikahan kami, boanyak sekali yang mengomentari tentang saya dan suami. Yang gak klop lah. Yang nikahnya nekat lah. Yang gak akan cocok lah. Yang gak sesuai lah. Dst. Bahkan komentar komentar itu juga muncul dari orang orang terdekat kami -- baik dari sisi saya maupun dari sisi suami. Alhamdulillah, kami cukup cuek untuk mengabaikan semua komentar. Pedoman kami cuman satu, kami menikah karena Allah. Dan karena Allah yang mempertemukan kami, maka kami yakin, Allah juga yang akan memberikan jalan untuk kami, insya Allah. Amien.

Dan setelah sholat tadi, aku cukup bersyukur, bahkan sangat bersyukur dikasih Allah suami beliau.

Kalo pas aku sakit, berasa mual, pusing, puyeng, nyut nyut, panas dingin, mas Hen dengan suka rela nawarin mijit. Suakit sich, mijitnya. Tapi alhamdulillah, setelah itu biasanya cepet sembuh. Jadi sangat membantu buat aku. Apalagi aku khan memang rada anti sama obat. Males gitu lho. Kayak dipaksa sembuh, tapi sebenernya badan masih pengen istirahat. Jadi dipijit ini sangat aku preciate. Tapi repotnya, karena biasa dipijitin suami dengan kuat, jadinya mbah mbah pijit lewat dech. Jadi gak brasa lagi gitu lho....

Terus kalo tahu aku lagi sibuk, biasanya suami otomatis turun tangan. Kayak kalo lagi gak ada servant tuch, suami biasa bantuin cuci piring kek, operating mesin cuci kek, atau bantuin nyuapin anak anak. Kalo kita lagi jalan, mas Hen juga santai aja gendong babyku. Jadi lumayan, urusan tetek bengek rumah tangga gak tumplek bleg ke aku. Yang suami anti dalam urusan rumah tangga cuman satu, kalo babyku BAB. Nha... baru dech mas Hen njerit... bener bener gak mau bantuin.

Kalo urusan masak, mas Hen malah lebih jago dari aku. Dan ternyata kemampuan ini nurun ke Al. Ini diakui lah, baik oleh mas Hen sendiri, oleh aku, ataupun oleh anak anak. Jadi mas Hen gak bakalan maksa nyuruh aku masak. Lha wong kalo aku yang masak, mereka mau makan tuch udah bagus. Tapi kalo mas Hen yang masak, wah... udah ngantri tuch. Pas masih di dapur aja anak anak udah padha ribut nungguin hasilnya. Susahnya, selain hobby masak yang diturunkan, mas Hen juga nurunin hobby makannya ke anak anak. Hasilnya, padha gembul dech, anakku. Untungnya setelah masuk SD mereka membatasi sendiri makannya. Tapi sampai sekarang, masih pemandangan yang biasa kalo suami, sama Al, sekarang ditambah Mut, rebutan makanan. Hehehehe....

Terus suamiku juga tahu banget kalo aku pas lagi bete. Biasanya langsung ngambil alih urusan anak anak. Terus juga berusaha ngalihin perhatianku dari urusan yang bikin bete itu. Terus jadi perhatian banget sama urusanku. Dan aku bersyukur banget untuk hal yang satu ini. Gak tahu gimana, krasa aja kalo suami tuch lagi berusaha supaya aku gak bete bete amat. Supaya gak pusing, gak puyeng. Jadinya aku berasa ada temen. Berasa gak sendirian mengarungi 'rimba dunia'. Berasa ada temen buat bersandar, buat berbagi....

Dulu pas sebelum nikah sampai di awal nikah, mas Hen tuch gualak nya bukan main. Ini info pertama yang kudapat tentang suami, hehehe... Tapi kesininya, kondisi sekarang, ternyata suami bisa jauh lebih bersabar dari aku. Kadang berasa lucu dech. Gak tahu gimana, kita marahnya kompak banget. Suami tuch kadang hal hal kecil jadi problem. Tapi sikonnya jarang banget. Jadi kayak pas pengen aja gitu lho. Eh, emang ada ya, sikon pengen bikin problem. Lha gimana, soale di waktu lain, dengan kondisi yang sama, mas Hen bisa santai tuch... Jadi kadang kadang banget aja, tahu tahu anak anak padha kena semprot. Alhamdulillahnya, udah jarang banget, biasanya diingetin sekali aja mas Hen udah stop. Gak marah lagi.

Nha, giliran pas aku lagi kesel, lagi gampang marah, tahu tahu aja suami jadi suabar banget. Yang biasanya aku yang sibuk ngeladenin obrolan anak anak, kalo aku lagi angot gitu, mas Hen bisa aja langsung nggantiin posisiku. Sibuk ngobrol sama anak anak. Ngecek tugas mereka, sholat , makan, etc. Herannya, kadang kadang mas Hen duluan yang angot gitu, tapi begitu aku ikutan panas, e... suami bisa langsung banting stir. Tinggal aku nich, yang masih butuh waktu buat ngilangin angot. Masih harus semedi dulu supaya angotnya hangus, hehehehe....

Hmm... masih boanyak sekali bagian bagian yang membuat aku bersyukur dikasih suami mas Hen, dan sekaligus membuat aku yakin banget, memang mas Hen yang terbaik untuk menjadi suamiku. Lha, gimana enggak, khan Allah yang milihin, dan Allah Maha Tahu khan... Cuman the rest... sayangnya gak bisa disharing euy... khawatir padha ngiri, hehehehehe......

Ditulis di sore hari dengan kepala nyut nyut, makanya jadi inget sama yang jagoan mijit
:-)