Thursday, June 14, 2007

Anugerah 5 Ways in June

Udah cukup lama sebenarnya terpikir. Setelah baca buku Brad, plus 'bakaran' dari TDA, tentang 5 ways, apa ya yang bisa kulakukan di toko...

Untuk ningkatin average sales, aku rada gak nyaman. Gimana ya. Berarti khan mendorong orang untuk konsumtif. Membeli yang tidak mereka butuhkan. Membeli karena iming iming diskon, hadiah, dst. Wah ! Selain nuraniku kayaknya berontak, juga jadi khawatir aja. Kalo kalo pembeli malah jadi kapok. Karena saking takutnya mereka kebujuk sama 'rayuan maut', jadinya malah gak berani ke tokoku. Repot khan...

Untuk meningkatkan profit margin... aduh... gak tega juga ya. Selama ini memang aku ngasih diskon ke pembeli retail 10% untuk produk yang pake bandrol. Emang gak match banget sama Action sich. Tapi gimana ya. Tak pikir aku khan dapet diskon yang lumayan. Kalo terus semua diskonnya untuk aku... kasihan juga ya pembeli. Belinya jadi mahal banget. Apalagi aku relatif gak ada ongkos kirim. Bayangin kalo yang di luar Jawa. Mereka khan dapet diskon yang sama dengan aku. Jadi wajar aja kalo mereka jual tanpa diskon. Soale ada ongkos kirim yang lumayan. Ya udah... jadinya tetep aja diskon 10%, anggap aja itu ongkos kirim yang kudu tak keluarkan.

Terus convertion rate... hmm... kata pegawaiku sich rata rata yang dateng memang beli.

Jadi tinggal dua nich. Ningkatin leads sama ningkatkan number of transactions. Nyesuaikan agenda dengan suami. Akhirnya deal sabtu ahad survey toko untuk nambah lampu plus hunting lampunya.

Sampai di toko, kita lihat dari jauh... hmm... nambah 3 atau 4 ya... Mengingat biaya admin renovasi yang cukup gede, akhirnya diputuskan, nambahnya 4 aja sekalian. Kalo ternyata pengennya cuman 3, khan yang satu tinggal dimatikan.

Terus kita cek stock lampu di ruko ITC. Kita milih yang lampu sorot warna kuning. Supaya tampilan warna di patung lebih jreng gitu lho. Sinarnya juga jadi fokus. Ternyata gak mahal juga ya. Jadi kepikir, kalo yang pada pake desain interior itu, mahalnya dimana ya... Di feeling desainnya kali' ya...

Kita hubungi 'tukang lampu' yang biasa pasang lampu di ITC. Per titik 30 ribu. Nha... pas masang seru nich... Soalnya kita pasang lampunya pas toko tetep buka. Gimana lagi. Kita sempet nungguinnya cuman pas saat itu.

Udah nungguin pembeli lamaa... banget. Pas pembelinya keluar, baru aja tukangnya masukin tangga. Eee... pembeli datang lagi. Padahal toko kita khan luasnya cuman 5 m2. Jadi kalo ada tangga, penuh dech toko. Tapi gak tahu kenapa, pembeli malah datang lagi. Dan datang lagi. Sampai akhirnya tak tinggal sholat ashar di masjid ITC, pembeli masih datang dan tukang terpaksa masih nunggu. Alhamdulillah, selesai sholat ashar, gak berapa lama, ternyata sudah selesai pasang lampunya. Kita lihat lihat dari jauh... yang ini nyorotnya kurang belok ke kanan... yang itu kurang ke atas... Akhirnya hmm... puas dech.

Terus dinding samping kelihatan sudah sobek sobek pelapisnya... ih... bikin jelek. Untungnya ada poster dari Annida. Kita tempel. Tapi tinggi banget nich. Akhirnya suami turun tangan. Udah nangkring di kursi, masih dibantu tongkat panjang buat nempelin poster. Alhamdulillah, 3 poster Annida sudah terpasang. Pas mo masang yang ke-4, eh... di belakang patung ternyata ada poster Keke yang gak keliatan. Itu aja dech. Mosok Keke-nya gak ditampilin. Akhirnya kita pasang 1 poster Keke.

Lho... ada lagi jam ITC belum dapat tempat. Suami punya ide. Posternya dilobangin dikit, pas untuk nempelin gantungan jam. Alhamdulillah. Pas pulang, kita tengok dulu hasil karya sesore ini... Puazzz.... Ada 4 poster ceria, plus di tengahnya jam ITC yang juga warna warni. Dan patung yang lebih menyala karena diterangin 4 lampu sorot.

Malemnya, pegawaiku pulang kutanya. Berapa transaksi hari ini. Alhamdulillah, transaksi mencapai 1 juta lebih. Hare genee...

Alhamdulillah lagi, di hari berikutnya -- sampai kemaren, ternyata jumlah nota keluar di tokoku meningkat. Kemaren, hari rabu tengah bulan, omset di toko sekitar 400 ribu.

Jadi kepikir lagi nich... gimana supaya number of transactions juga naik ya... Sharingnya kapan kapan ach. Udah panjang nech.....

No comments: