Tuesday, June 5, 2007

Nasinya Tung

Nasinya Tung ?? Apa tuch...

Masih ingat Tung Desem Waringin ? Nach, di satu satu mail yang muncul di TDA, aku sempet baca tentang percobaan nasi yang membuktikan LOA.

Masukkan sedikit nasi ke dua toples. Nasi di toples pertama, berikan pujian, terima kasih, sayang, dll. Sedangkan toples kedua, berikan cemoohan, cacian, hujatan, dll.

Tertarik dengan percobaannya yang mudah, kami mempraktekkannya di rumah. Kebetulan nasi di rice cooker tinggal sedikit. Kami pisahkan sedikit di toples pertama, dan diletakkan di atas kulkas. Kemudian sisanya kami masukkan ke toples yang lain, dan diletakkan di luar.

Toples yang di atas kulkas, kami pesankan ke anak anak dan semua yang di rumah. Pujilah nasi yang ada di toples ini. Terima kasih. Bilang sayang. Semuanya nyengir. Saya sendiri sebenarnya juga berasa rada aneh. Kayak orang gila yak, muji muji nasi. Terima kasih sama nasi. Tapi buat ngasih contoh ke anak anak, ya... apa boleh buat. Walopun sambil setengah gak percaya, kita puji juga tuch nasi di depan anak anak. Terima kasih nasi. Aku sayang kamu. Terima kasih kamu telah bikin aku kenyang. Kamu nasi yang baik. Nasi yang sehat. Nasi yang hebat. Dst.

Nah, toples yang di luar, untuk nasi yang dicemooh. Kita pesenin ke anak anak dan semua yang di rumah juga, untuk ngatain nasi di toples ini. Dan karena itulah toples ini jadi ditaruh di luar. Soalnya supaya yang berputar di dalam rumah tuch hawa yang baik, karena khan ada nasi yang harus dipuji. Nha, kalau pas pengen ngatain, atau lagi marah, kita bilang, silahkan marah ke nasi di toples yang diluar. Jadi yang denger cuman nasi yang di toples. Soalnya yang lainnya khan di dalem rumah. Bingung juga sich, mo ngatain apa ke nasi ini. Ya udah, kita katain aja : nasi jelek, nasi nakal, nasi bandel, nasi bau, dst.

Tiap hari kalau nggak sengaja lihat nasi yang di atas kulkas, tak angkat toplesnya. Kukasih ke suami, udah muji nasi ini belum ? Terus ke anak anak, udah belum ? Sambil nyengir, tapi tetep aja kita muji muji tuch nasi.

Belum seminggu, nasi normal khan udah basi tuch. Udah basi banget malah. Jadi aku pengen buktiin. Tak liat toples yang isinya nasi yang kita puji. Hmm... berair. Tapi kayaknya masih bagus. Pas tak buka.... Wah ! Buau.... Langsung ditutup lagi sambil sedikit kecewa. Ya... gak bisa buktiin donk ke anak anak. Tapi toples tak balikin ke tempat semula.

Besoknya, gak sengaja pas lagi di luar rumah. Iseng pengen lihat toples yang isinya nasi jelek dan nakal. Lho !! Ternyata nasinya udah jadi item. Asli ! Item tem. Kayak areng. Terbukti donk !!

Dengan gembira toplesnya diambil, terus ngambil toples nasi baik. Kupanggil suami sama anak anak. Lihat nich. Yang item ini nasi jelek. Yang putih nasi baik. Padahal dulu nasinya sama khan. Kak Iva sendiri yang nyendokin nasi ke toples. Ternyata nasi jelek jadi item. Padahal ini 'cuman' nasi. Gimana kalau dek Uthi sama dek Widad yang dimarahin. Ntar hatinya dek Uthi sama dek Widad jadi item. Kasihan khan. Makanya jangan suka ngatain. Jangan suka marahin...

Eh, Alya nyeletuk. Aku tahu 'mi, kenapa nasi baik nya agak item. Soalnya aku sama dek Iva sering juga bertengkar di deket nasi baik ini. Hmm...

Sampai sekarang, kalau mereka bertengkar, diingetin nasi baik sama nasi jelek ini langsung nyengir........

No comments: